PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN ROLE PLAYING TERHADAP KEMAMPUAN SISWA MENULIS NASKAH DRAMA DARI SEBUAH CERPEN OLEH SISWA KELAS VIII MTS EX-PGA PROYEK UNIVA MEDAN TP. 2019-2020
DOI:
https://doi.org/10.47662/pedagogi.v6i2.410Kata Kunci:
Metode pembelajaran Role Playing, Menulis naskah dramaAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh metode pembelajaran Role Playing terhadap kemampuan menulis naskah drama dari sebuah cerpen oleh siswa kelas VIII MTs EX-PGA Proyek UNIVA Medan Tahun Pembelajaran 2019-2020. Sampel adalah kelas VIII yang berjumlah 32 orang yaitu kelas eksperimen. Teknik menentukan sampel yaitu cluster sampling. Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah model eksperimen yaitu model one group pre test and post test design. Instrumen yang digunakan untuk menjaring data penugasan yakni menulis naskah drama dari sebuah cerpen. Dari hasil pengolahan data diperoleh rata-rata eksperimen pre test group adalah 68,5 sedangkan rata-rata post test group adalah 80,25. Dengan demikian nilai post test lebih tinggi daripada nilai pre test Setelah dilakukan pengujian hipotesis diperoleh thitung = 6,283 pada taraf signifikan α = 5% dari daftar distribusi t dk = n-1 = 32-1=31, maka diperoleh ttabel = 1,696. Jika Harga thitung dibandingkan dengan harga ttabel ternyata thitung>ttabel (6,283 >1,696), dapat dinyatakan hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Hα) diterima. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode pembelajaran Role Playing dalam menulis naskah drama dari sebuah cerpen sangat berpengaruh.
Referensi
Anwar, Chairul. 2005. Drama Bentuk gaya dan aliran, Yogyakarta : Eltkaphi
Ardial & tanjung, B.N. 2005. Pedoman Penulisan Karya Ilmiah (proposal, skripsi,thesis) dan Mempersiapkan diri menjadi penulis artikel alamiah. Medan: kencana
Arikunto,s. 2006 . Prosedur Penelitian (suatu pendekatan praletis). Jakarta: Rineka Cipta
Depdiknas. 1997. Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi kedua. Jakarta : Balai pustaka
Depdiknas.2005. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta : Balai Pustaka
Hamzah B.uno. 2007. Modal Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. jakarta: Bumi Aksara
Harymawan,RMA.1993. Dramaturgi. Bandung: Remaja Rosda karya.
Noor, Hasanuddin. 2009. Psikometri Aplikasi Penyusunan Instrumen Pengukuran Perilaku. Bandung: Fakultas Psikologi UNISBA.
Nurhamidah, Didah . 2011. Skripsi . Peningkatan Keterampilan Menulis Naskah Drama dengan Media Cerpen. Jakarta: Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.
Ramayulis. 2008. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: kalam media
Sari, malinda .2014. skripsi. Pengaruh Model Student Teams Achievement Devisions terhadap Keterampilan Menulis Cerpen oleh Siswa Kelas Xl SMA PAB 9 Patumbak Deli Serdang. Medan : Universitas Islam Sumatera Utara
Sari Novita, Sesilia paradita. 2017. Skripsi. Penggunaan Metode Bermain Peran (role playing) untuk Meningkatkan Keterampilan dan Sikap Bekerja Sama dalam Bermain Drama pada Siswa Kelas VIII B SMP Institut Indonesia Yogyakarta. Yogyakarta : Universitas Sanata Drama
Shaftel Gorge.1967. Role Playing for social values decision making in the social studies. New lersey.prentice hall,inc.
Sudijono. 2004. Pengantar Statistik Pendidikan .Jakarta : Raja Grasindo persada
Sudjana. 2002. Metode Statistika. Bandung. Tarsito
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Supriyadi. 2006. Pembelajaran Sastra yang Apresiatif dan Integrative di Sekolah dasar. Jakarta : Direktorat jenderal pendidikan tinggi.
Waluyo, Herman J.2007. Drama Teori dan Pengajarannya. Yogyakarta : Haninditra Graha Widya.
Yamin martinis. 2009. Taktik Mengembangkan Kemampuan Pendidikan Siswa. Jakarta: Gaung persada pres
Zaini, dkk : 2008 . Strategi Pembelajaran Aktif. Insan Madani .Yogyakarta.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2020 Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pendidikan

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.