PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN DESKIPSI DENGAN MENGGUNAKAN GAMBAR DAN IMAJINASI PADA SISWA KELAS XI MAS. AL WASHLIYAH 12 PERBAUNGAN KAB. SERDANG BEDAGAI

Penulis

  • Indah Septiana Universitas Alwashliyah Medan, Indonesia
  • Sri Muliatik Universitas Alwashliyah Medan, Indonesia
  • Andi Syahputra Harahap Universitas Alwashliyah Medan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.47662/pedagogi.v7i1.413

Kata Kunci:

Media gambar dan Imajinasi, Menulis karangan deskripsi

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada peningkatan Kemampuan Menulis Karangan Deskripsi Pada Kelas XI Mas. Al Washliyah 12 Perbaungan Tahun Pembelajaran 2020-2021 dengan menggunakan gambar dan imajinasi dapat berhasil meningkat. Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah model eksperimen yaitu menggunakan 2 kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol model one group pre test and post test design. Instrumen yang digunakan untuk menjaring data penugasan yakni menulis karangan deskripsi dengan menggunakan gambar dan imajinasi. Dari hasil pengolahan data diperoleh rata-rata kelas eksperimen rata-rata post test group adalah 89,6 atau 76% telah berhasil menulis karangan deskripsi. Sedangkan kelas kontrol mencapai nilai rata-rata 77,29 atau sebanyak 41,66% yang sangat baik menulis karangan deskripsi. Selanjutnya  (15.19) dikonsultasikan dengan pada taraf 4% dengan df = 66 diperoleh tabel pada taraf signifikan 5% = 0.67 karena  yang di peroleh lebih besar dari15.19 , maka hipotesis nihil () ditolak maka hipotesis alternatif () di terima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa menulis karangan deskripsi dengan menggunakan gambar  dan imajinasi dikatakan berhasil baik.

Referensi

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Prakmatik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Dalman. 2015. Keterampilan Menulis. Depok: Raja Grafindo Persada.

Miftahul, Huda. 2014. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Rumenang, Jemmy. 2013. Metodologi Penelitian. Bandung: Citapustaka Media Perintis.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Suparno dan Muhammad Yunus. 2008. Keterampilan Dasar Menulis. Jakarta: Universitas Terbuka.

Tarigan, Henry. 2008. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Unduhan

Diterbitkan

2021-07-28

Cara Mengutip

Septiana, I. ., Muliatik, S. ., & Harahap, A. S. . (2021). PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN DESKIPSI DENGAN MENGGUNAKAN GAMBAR DAN IMAJINASI PADA SISWA KELAS XI MAS. AL WASHLIYAH 12 PERBAUNGAN KAB. SERDANG BEDAGAI. Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 7(1), 63–67. https://doi.org/10.47662/pedagogi.v7i1.413

Terbitan

Bagian

Artikel