THE IMPROVEMENT OF STUDENTS’ ACAHIEVEMENT IN FIQH ON ZAKAT MATERIALS THROUGH THE TEAM GAME TOURNAMENT (TGT) METHOD IN CLASS VIII-B OF MTS NEGERI 3 WEST ACEH ACADEMIC YEAR 2021/2022

Penulis

  • Kasman Kasman MTsN 3 Aceh Barat, Meulaboh, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.47662/pedagogi.v7i2.420

Kata Kunci:

peningkatan hasil belajar, team game tournament

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Fiqih materi Zakat dapat diupayakan melalui metode Team Game Tournament (TGT) pada siswa kelas VIII-B MTs Negeri 3 Aceh Barat Tahun Pelajaran 2021/2022. Berdasarkan tujuan tersebut dibuatlah rumusan masalah yaitu, apakah metode Team Game Tournament (TGT) dapat meningkatkan hasil belajar Fiqih materi Zakat pada siswa kelas VIII-B MTs Negeri 3 Aceh Barat? Penelitian ini mengunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan metode observasi, pengumpulan data, tes, dokumentasi dan analisis data. Penelitian ini mengunakan dua siklus untuk mengetahui peningkatan hasil pembelajaran Fiqih Materi Zakat pada siswa kelas VIII-B MTs Negeri 3 Aceh Barat tahun Pelajaran 2021/2022. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode Team Game Tournament (TGT) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII-B MTs Negeri 3 Aceh Barat Adapun hasilnya, dapat dilihat hasil belajar pada pra siklus siswa yang tuntas hasil belajar sebanyak 18 siswa dari 38 siswa dengan persentase ketuntasan sebanyak 52,63%, kemudian siklus I siswa yang tuntas hasil belajar sebanyak 29 siswa dari 38 siswa dikelas VIII-B dengan persentase ketuntasan sebanyak 76,31% dan siklus II siswa yang tuntas hasil belajar sebanyak 38 siswa dikelas VIII-B dengan persentase ketuntasan hasil belajar sudah melampui batas pencapaian secara klasikal yaitu 100%.

Referensi

Afifudin, dan Beni Ahmad Saebeni. 2009. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Pustaka Setia.

Arikunto, Suharsimi. 1990. Manajemen Penelitian. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Arikunto, Suharsimi, dkk. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara

Arifin. 2009. Puasa Ramadhan Bagi Orang Sibuk. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Baharuddin. 2008. Teori Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Dimyati, Mudjiono. 2002. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2011. Psikologi Belajar. Jakarta: PT Rineka Cipt Djazuli, A. 2010. Ilmu Fiqih: Penggalian, Perkembangan, dan Penerapan Hukum Islam. Jakarta: Prenada Media

Edi Purwanto & siti safuroh. 2007. Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Piranti Darma Kalokatama.

Hamdani, 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia

Ibnu mas’ud, dan zainal abiding,2007. fiqih mazhab syafii, Bandung: pustaka setia.

Isjoni, 2009. Pembelajaran Kooperatif. Yogyakarta: Pustaka Belajar

Johnson, W. David dkk. 2004. Colaborative Learning. Terjemahan oleh Narulita Yusron. 2010. Bandung: Nusa Media

Koto, Alaiddin. 2004. Ilmu Fiqh dan Ushul Fiqh. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Lie, Anita. 2002. Cooperative Learning mempratikkan Cooperative Learning Di Ruang-Ruang Kelas. Jakarta: Grasindo

Nazir, Moh. 1983. Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia

Nilawati. 2007. Penerapan Model Pembelajaran Ctl (Contextual Teaching And Learning) Dalam Meningkatkah Hasil Belajar Siswa Kelas Viii Pada Mata Pelajaran Fiqih Materi Zakat Fitrah Di Mts Nurussalam, Reak, Tanak Awu, Pujut, Lombok Tengah. Tahun Ajaran 2016/2017. Skripsi

Poerwadarminta, W.J.S. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka

Purwanto, Ngalim. 1988. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remadja Karya CV.

Sadullah, Uyoh. 2014. Pedagogik (ilmu mendidik).Bandung: Alfabeta,cv

Sudarko,2009. fiqih untuk MTs .Semarang: aneka ilmu.

Silbermen, Nana. 2009. Active Learning. Yogyakarta: Pustaka Intan Madani

Sriyanti,Lilik dkk. 2009. Teori-teori Belajar. Salatiga: STAIN Salatiga Press.

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar Dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jakarta: PT Kharisma Putra Utama

Unduhan

Diterbitkan

2021-07-24

Cara Mengutip

Kasman, K. (2021). THE IMPROVEMENT OF STUDENTS’ ACAHIEVEMENT IN FIQH ON ZAKAT MATERIALS THROUGH THE TEAM GAME TOURNAMENT (TGT) METHOD IN CLASS VIII-B OF MTS NEGERI 3 WEST ACEH ACADEMIC YEAR 2021/2022. Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 7(2), 93–101. https://doi.org/10.47662/pedagogi.v7i2.420

Terbitan

Bagian

Artikel