IMPROVING STUDENTS’ ACHIEVEMENT ON RECOGNIZING NORMS IN CLASS VII-B COMMUNITY OF MTSN 1 WEST ACEH THROUGH THE IMPLEMENTATION OF THE JIGSAW TYPE COOPERATIVE LEARNING MODEL IN ACADEMIC YEAR 2022-2023

Penulis

  • Yulidar Yulidar MTsN 1 Aceh Barat /Aceh Barat, Meulaboh, Indonesia
  • Zuraida Nazri Amda MTsN 1 Aceh Barat /Aceh Barat, Meulaboh, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.47662/pedagogi.v8i2.461

Kata Kunci:

Model Kooperatif Jigsaw dan PKn

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui “Peningkatan Hasil Belajar Siswa Materi Mengenal Norma Di Lingkungan Masyarakat Kelas VII-B Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw di MTsN 1 Aceh Barat Tahun Pelajaran 2022-2023” sampel penelitian kelas VII-B yang berjumlah 34 siswa. Penelitian ini mengunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan metode observasi, pengumpulan data, tes, dokumentasi dan analisis data. Penelitian ini mengunakan dua siklus untuk mengetahui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Sebagai Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa Materi Mengenal Norma di Lingkungan Masyarakat Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe jigsaw Jigsaw di MTsN 1 Aceh Barat Tahun Pelajaran 2022-2023. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Mengenal Norma di Lingkungan Masyarakat Kelas VII-B Pada MTsN 1 Aceh Barat Tahun Pelajaran 2022-2022. Adapun hasil penelitian pada siklus I dan II menunjukkan presentase peningkatan mencapai dengan rata-rata 67,79 menuju 81,76.

Referensi

Arends, R. 1997. Classroom Instructional and Management. New York: Mc. Graw Hill Companies

Abdul Gafur. (2003). Standar Operasional Prosedur (SOP) Pengembangan Silabus Berbasis Kemampuan Dasar Siswa Sekolah Menengah Umum SMU. Yogyakarta : Pasca Sarjana UNY.

Anas Sudijono. (2007). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Anita Lie. (2002). Kooperatif learning: Mempraktekan kooperatif learning di Luar kelas. Jakarta:Grassindo.

Cholisin. (2004). Pendidikan Kewarganegaraan (Civic Education). Yogyakarta: Fakultas Ilmu sosial dan Ekonomi UNY.

Dimyati & Mudjiono. (2002). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Depdikbud dan PT Renika Cipta.

Muktakim. (2001). Psikologi Pendidikan. Semarang: FTIW.

Nana Sudjana. (2002). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung :PT Remaja Rosdakarya.

Ngalim Purwanto. (1993). Psikologi Pendidikan. Bandung : PT Remaja Roskarya.

Rochiati Wiriaatmadja. (2006). Metode penelitian tindakan kelas. Bandung: Pascasarjan UPI dan PT Remaja Rosdakarya.

Robert E. Slavin. (2009). Cooperatif Learning teori, riset dan praktik. Bandung : Nusa Media.

_____________ (1995). Cooperatif Learning, Theory, Research, and practice. London : Ally and Bacon

Slameto. (1998). Belajar dan Fakto-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

unarso dkk. (2006). Pendidikan Kewarganegaraan pkn untuk perguruan tinggi.Yogyakarta : UNY Press.

Sotikno Sobry. (2004). Menuju Pendidikan Bermutu. Mataram: NTP Press

Sri Hartati. (1997). Strategi pembelajaran kooperatif dalam proses belajar mengajar biologi di SMU:Edukasi

Suharsimi Arikunto. (1997). Dasar-dasar evaluasi pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Unduhan

Diterbitkan

2022-07-21

Cara Mengutip

Yulidar, Y., & Amda, Z. N. . (2022). IMPROVING STUDENTS’ ACHIEVEMENT ON RECOGNIZING NORMS IN CLASS VII-B COMMUNITY OF MTSN 1 WEST ACEH THROUGH THE IMPLEMENTATION OF THE JIGSAW TYPE COOPERATIVE LEARNING MODEL IN ACADEMIC YEAR 2022-2023. Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 8(2), 143–149. https://doi.org/10.47662/pedagogi.v8i2.461

Terbitan

Bagian

Artikel