PENGGUNAAN METODE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATAN HASIL BELAJAR FIQIH MATERI TAHARAH (NAJIS DAN HADAS) PADA SISWA KELAS VII-B MTSN 3 ACEH BARAT TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Penulis

  • Kasman Kasman MTsN 3 Aceh Barat /Aceh Barat, Meulaboh, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.47662/pedagogi.v8i2.462

Kata Kunci:

Hasil Belajar, Fiqih

Abstrak

Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengetahui penerapan metode Student Team Achievement Division (STAD) dalam meningkatkan hasil belajar Fiqih materi materi thaharah (hadas dan najis) pada siswa kelas VII-B di MTsN 3 Aceh Barat tahun pelajaran 2022/2023. Penelitian ini mengunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan metode observasi, pengumpulan data, tes. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode Student Team Achievement Division (STAD) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII-B di MTsN 3 Aceh Barat. Adapun hasilnya, dapat dilihat hasil belajar pada pra siklus siswa yang tuntas hasil belajar sebanyak siswa dari 9 siswa dengan persentase ketuntasan sebanyak 42,85%, kemudian siklus I siswa yang tuntas hasil belajar sebanyak 15 siswa dari 21 siswa dikelas VII-B dengan persentase ketuntasan sebanyak 71,42% dan siklus II siswa yang tuntas hasil belajar sebanyak 21 siswa dikelas VII-B dengan persentase ketuntasan hasil belajar sudah melampui batas pencapaian secara klasikal yaitu 80,71%.

Referensi

Abdul Majid dan Dian Andayani, Pendidikan Agama Islam Berbasis Kompetensi: Konsep dan Implementasi Kurikulum 2004 (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2004)

Abu Ahmadi dan Nur Uhbiyati, Ilmu Pendidikan, (Jakarta : PT Rineka Cipta, 2007)

Annisatul Mufarrokah, Strategi Belajar Mengajar, (Yogyakarta: Teras, 2009)

Chabib Thoha dan Abdul Mu’thi, PBM-PAI di Sekolah, (Yogyakarta: pustaka Pelajar, 1998)

Clifford T Morgan, Introduction to Psychology (New York: Megraw Hill Book Company,1971)

Charles E. Skinner, Essentials Of Educational Psychology, (New York: Prentice Hall, inc, 1958),

Daryanto, Penelitian Tindakan Kelas dan Penelitian Tindakan Sekolah (Beserta Contoh Contohnya), (Yogyakarta: Gava Media, 2014)

Deddy Mulyana. 2002. Metodologi Penelitian Kualitataif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Dimyati dan Mujiono, Belajar Dan Pembelajaran , (Bandung: Alfabeta, 2008)

E. Mulyasa, kurikulum Berbasis Kompetensi, (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2005)

Mashudi, dkk., Desain Model Pembelajaran Inovatif Berbasis Konstruktivisme (Kajian Teori dan Praktis, (Tulungagung: STAIN Tulungagung Press, 2013)

M. Miftahussiroyudin (eds.), Strategi Pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) Pada Materi Esensial Rukun Iman (INOVASI), (Surabaya, Balai Diklat Keagamaan, 2013),

Moh. Arif, Konsep Dasar Pembelajaran Sains Di sekolah Dasar /MI, (Yogyakarta: IAIN Tulungagung Press, 2014) cet. I,

Muhaimin dkk, Paradigma Pendidikan Agam Islam: Upaya Mengefektifkan Pendidikan Agam Islam di Sekolah, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2004) Cet IV

Ramayulis, Metodologi Pendidikan Agama Islam, (Jakarta: Kalamulya, 2005) cet IV

S. Nasution, “Teknologi Pendidikan”(Jakarta: BumiAksara, 2011)

Shaleh Abdul Azis dan Abdul Aziz Abdul Majid, at-Tarbiyah wa Thuruqut at-Tadris, (Mesir: Darul Ma’arif, 1979)

Suharsimi Arikunto. 1989. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan.Jakarta:Reneka BINA AKSARA.

Sarwiji Suwandi. 2011. Penelitian Tindakan kelas (PTK) & Penulisan Karya Ilmiah. Surakarta: Yuma Pustaka.

Trianto, Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif, (Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2009)

Undang-undang RI N0. 20 Th. 2003 tentang SISDIKNAS, (Semarang: CV Aneka Ilmu, 2003

Yayasan Penyelenggara Penterjemah Al-Quran, Al-Quran Dan Terjemahannya, (Bandung: sinar baru algasindo, 2007) cet. II

Zuhairi dkk, Metodologi Pendidikan Islami, (Solo: Ramadani, 1993)

Unduhan

Diterbitkan

2022-07-23

Cara Mengutip

Kasman, K. (2022). PENGGUNAAN METODE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATAN HASIL BELAJAR FIQIH MATERI TAHARAH (NAJIS DAN HADAS) PADA SISWA KELAS VII-B MTSN 3 ACEH BARAT TAHUN PELAJARAN 2022/2023 . Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 8(2), 150–157. https://doi.org/10.47662/pedagogi.v8i2.462

Terbitan

Bagian

Artikel