PENGGUNAAN METODE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATAN HASIL BELAJAR FIQIH MATERI TAHARAH (NAJIS DAN HADAS) PADA SISWA KELAS VII-B MTSN 3 ACEH BARAT TAHUN PELAJARAN 2022/2023
DOI:
https://doi.org/10.47662/pedagogi.v8i2.462Kata Kunci:
Hasil Belajar, FiqihAbstrak
Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengetahui penerapan metode Student Team Achievement Division (STAD) dalam meningkatkan hasil belajar Fiqih materi materi thaharah (hadas dan najis) pada siswa kelas VII-B di MTsN 3 Aceh Barat tahun pelajaran 2022/2023. Penelitian ini mengunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan metode observasi, pengumpulan data, tes. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode Student Team Achievement Division (STAD) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII-B di MTsN 3 Aceh Barat. Adapun hasilnya, dapat dilihat hasil belajar pada pra siklus siswa yang tuntas hasil belajar sebanyak siswa dari 9 siswa dengan persentase ketuntasan sebanyak 42,85%, kemudian siklus I siswa yang tuntas hasil belajar sebanyak 15 siswa dari 21 siswa dikelas VII-B dengan persentase ketuntasan sebanyak 71,42% dan siklus II siswa yang tuntas hasil belajar sebanyak 21 siswa dikelas VII-B dengan persentase ketuntasan hasil belajar sudah melampui batas pencapaian secara klasikal yaitu 80,71%.
Referensi
Abdul Majid dan Dian Andayani, Pendidikan Agama Islam Berbasis Kompetensi: Konsep dan Implementasi Kurikulum 2004 (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2004)
Abu Ahmadi dan Nur Uhbiyati, Ilmu Pendidikan, (Jakarta : PT Rineka Cipta, 2007)
Annisatul Mufarrokah, Strategi Belajar Mengajar, (Yogyakarta: Teras, 2009)
Chabib Thoha dan Abdul Mu’thi, PBM-PAI di Sekolah, (Yogyakarta: pustaka Pelajar, 1998)
Clifford T Morgan, Introduction to Psychology (New York: Megraw Hill Book Company,1971)
Charles E. Skinner, Essentials Of Educational Psychology, (New York: Prentice Hall, inc, 1958),
Daryanto, Penelitian Tindakan Kelas dan Penelitian Tindakan Sekolah (Beserta Contoh Contohnya), (Yogyakarta: Gava Media, 2014)
Deddy Mulyana. 2002. Metodologi Penelitian Kualitataif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Dimyati dan Mujiono, Belajar Dan Pembelajaran , (Bandung: Alfabeta, 2008)
E. Mulyasa, kurikulum Berbasis Kompetensi, (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2005)
Mashudi, dkk., Desain Model Pembelajaran Inovatif Berbasis Konstruktivisme (Kajian Teori dan Praktis, (Tulungagung: STAIN Tulungagung Press, 2013)
M. Miftahussiroyudin (eds.), Strategi Pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) Pada Materi Esensial Rukun Iman (INOVASI), (Surabaya, Balai Diklat Keagamaan, 2013),
Moh. Arif, Konsep Dasar Pembelajaran Sains Di sekolah Dasar /MI, (Yogyakarta: IAIN Tulungagung Press, 2014) cet. I,
Muhaimin dkk, Paradigma Pendidikan Agam Islam: Upaya Mengefektifkan Pendidikan Agam Islam di Sekolah, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2004) Cet IV
Ramayulis, Metodologi Pendidikan Agama Islam, (Jakarta: Kalamulya, 2005) cet IV
S. Nasution, “Teknologi Pendidikan”(Jakarta: BumiAksara, 2011)
Shaleh Abdul Azis dan Abdul Aziz Abdul Majid, at-Tarbiyah wa Thuruqut at-Tadris, (Mesir: Darul Ma’arif, 1979)
Suharsimi Arikunto. 1989. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan.Jakarta:Reneka BINA AKSARA.
Sarwiji Suwandi. 2011. Penelitian Tindakan kelas (PTK) & Penulisan Karya Ilmiah. Surakarta: Yuma Pustaka.
Trianto, Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif, (Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2009)
Undang-undang RI N0. 20 Th. 2003 tentang SISDIKNAS, (Semarang: CV Aneka Ilmu, 2003
Yayasan Penyelenggara Penterjemah Al-Quran, Al-Quran Dan Terjemahannya, (Bandung: sinar baru algasindo, 2007) cet. II
Zuhairi dkk, Metodologi Pendidikan Islami, (Solo: Ramadani, 1993)
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pendidikan

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.