PENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPS MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF GROUP INVESTIGATION PADA SISWA KELAS VII MTsN 1 ACEH BARAT

Penulis

  • Misran Misran MTsN 1 Aceh Barat /Aceh Barat, Meulaboh, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.47662/pedagogi.v8i2.463

Kata Kunci:

Partisipasi, Pembelajaran IPS, Model Group Investigation

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana meningkatkan hasil belajar dalam pembelajaran IPS model kooperatif group investigation kelas VII MTsN 1 Aceh Barat. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas, dengan model Kemmis dan Taggart yang dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus dua kali pertemuan dan setiap akhir siklus dilakukan penilaian untuk mengetahui ada tidaknya peningkatan partisipasi siswa dalam pembelajaran IPS dan penguasaan materi IPS. Tindakan yang diberikan berupa model Kajian Kelompok sebagai upaya memperbaiki pembelajaran IPS dan meningkatkan partisipasi dan hasil belajar IPS. Hasil analisis data menunjukkan bahwa pembelajaran model kooperatif group investigation dapat meningkatkan aktivitas siswa. Siswa memiliki keberanian untuk bertanya, berkomunikasi, menjawab pertanyaan guru, teman atau kelompok lain dan berani mempertahankan pendapat ketika berdiskusi. Meningkatnya partisipasi dan hasil belajar IPS dapat dilihat dari perolehan nilai siswa sebelum diberikan tindakan, yakni rata-rata 71,25, menjadi 74,84 pada siklus I. Pencapaian ketuntasan materi sebelum dilakukan tindakan sebanyak 21 siswa (58,33%), meningkat menjadi 25 siswa (64,44%) pada siklus I . Pada siklus II nilai rata-rata meningkat menjadi 80,66 dan siswa yang telah mencapai ketuntasan 31 siswa (86,11%) pada tes akhir siklus rata-rata nilai siswa menjadi 82,22 siswa yang telah mencapai ketuntasan 33 siswa (91,67%). Model pembelajaran kooperatif group investigation mampu meningkatkan partisipasi belajar siswa di kelas VII.A pada MTsN 1 Aceh Barat, karena pembelajaran dengan model kooperatif group investigation dapat menciptakan suasana pembelajaran yang aktif, inovatif, kreatif dan menyenangkan.

Referensi

Anita, L. 2002. Pembelajaran Kooperatif. Jakarta: Gramedia Widya Prasarana Indonesia.

Arikunto, Suharsini. 2006. . Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Aqib, Zainal, dkk. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: CV. Yrama Widya.

Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Jaim. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV. Alfa Beta.

Saliman. 2010. “Pendekatan Pakem Dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial”. Bahan Pendidikan Dan Latihan Profesi Guru. Yogyakarta: UNY

Sardiman. 2007. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sujana, Nana.1989. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Bau.

Siti Ngaisah, 2007. Peningkatan Minat Belajar Geografi pada Siswa Melalui Peneraapan Pendekatan Cooperative Tehnik Group Inveatigation di SMA 2 Cangkringan Sleman. Skripsi. Jurusan Pendidikan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial Dan Ekonomi Yogyakarta.

Slavin, Robert E. 2009. Cooperatif Learning Teori, Riset dan Praktek. Bandung: Nusa Media.

Sri Wisumi. Y. 2007. Upaya Peningkatan Partisipasi dan Hasil Pembelajaran IPS Siswa Klas VIII C Melalui Pembelajaran Kooperatif Learning di SMP N 3 Mertoyudan, Magelang Tahun 2007/2008. Skripsi. Jurusan Pendidikan Geografi. Fakultas Ilmu Sosial Dan Ekonomi Yogyakarta

Zingaro, Daniel. 2008. “Group Investagation: Theory and Practice”. Ontario.

Unduhan

Diterbitkan

2022-07-25

Cara Mengutip

Misran, M. (2022). PENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPS MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF GROUP INVESTIGATION PADA SISWA KELAS VII MTsN 1 ACEH BARAT. Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 8(2), 158–164. https://doi.org/10.47662/pedagogi.v8i2.463

Terbitan

Bagian

Artikel