PENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR BAHASA INGGRIS MATERI DESCRIPTIVE TEXT MELALUI PENERAPAN MODEL COOPERATIVE SCRIPT PADA SISWA KELAS IX.A MTsN 1 ACEH BARAT

Penulis

  • Jamal Nasir MTsN 1 Aceh Barat /Aceh Barat, Meulaboh, Indonesia
  • Nova Susanti MTsN 1 Aceh Barat /Aceh Barat, Meulaboh, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.47662/pedagogi.v8i2.465

Kata Kunci:

Hasil belajar, aktivitas, cooperative script, descriptive text, bahasa Inggris

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar bahasa Inggris pada materi descriptive text siswa kelas IX.A MTsN 1 Aceh Barat Tahun Pelajaran 2022/2023. Model yang digunakan dalam penelitian tindakan kelas ini adalah cooperative script. Subyek penelitian tindakan kelas ini adalah siswa Kelas IX. A MTsN 1 Aceh Barat. Jumlah siswa adalah 20 siswa. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan pada tahun ajaran 2022/2023. Metodologi penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas terdiri dari dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Pada setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Prosedur penelitian terdiri dari pra penelitian, perencanaan siklus satu, pelaksanaan tindakan siklus satu, pengamatan siklus satu, refleksi siklus satu, perencanaan siklus dua, pelaksanaan tindakan siklus dua, pengamatan siklus dua dan refleksi siklus dua. Teknik pengumpulan data yaitu mengumpulkan nilai tes yang dilaksanakan pada setiap akhir pembelajaran pada setiap siklus dengan menggunakan instrument soal (tes tertulis). Data observasi dilakukan dengan melihat keaktifan siswa dalam proses pembelajaran. Data dianalisis dengan cara statistik persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan ketuntasan hasil belajar siswa dari 30.% pada pra penelitian meningkat menjadi 70.00% pada siklus I dan meningkat menjadi 85.00% pada siklus II. Aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan dari kategori cukup menjadi baik dan kategori baik meningkat menjadi sangat baik. Penerapan model cooperative script dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar bahasa Inggris pada materi descriptive text pada siswa kelas IX.A MTsN 1 Aceh Barat Tahun Pelajaran 2022/2023.

Referensi

Anita, L. 2002. Pembelajaran Kooperatif. Jakarta: Gramedia Widya Prasarana Indonesia.

Depdiknas. 2003. Undang-undang Republik Indonesia No. 14 Tahun 2003 Tentang Guru dan Dosen. Jakarta: Cemerlang.

Depdiknas. 2004. Kurikulum 2004 Standar Kompetensi Mata Pelajaran Bahasa Inggris SMP/ MTs. Jakarta: Depdiknas.

Hamalik, O. 2002. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Hamalik, O. 2005. Kurikulum Dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Mukarto, Sujatmiko, Josephine, Widya. 2007. English on Sky Book 3. Jakarta: Erlangga.

Mulyasa, E. 2006. Imlementasi Kurikulum 2004 Panduan Pembelajaran KBK. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sardiman, A. M. 2004. Interaksi dan motivasi belajar-mengajar. Jakarta: Rajawali.

Soekamto, T. 1997. Teori Belajar dan Model Pembelajaran. Jakarta: PAU-PPAI, Universitas Terbuka.

Suduiman. 1990. Ilmu Pendidikan. Bandung: Remaja Karya.

Suharsimi Arikunto, 2010, Penelitian Tindakan, Yogjakarta: Aditya Media Himpunan Pembina Bahasa Indonesia (Hpbi) Wilayah Jawa Tengah,2013.

Syafaruddin. 2005. Manajemen Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Unduhan

Diterbitkan

2022-07-26

Cara Mengutip

Nasir, J. ., & Susanti, N. . (2022). PENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR BAHASA INGGRIS MATERI DESCRIPTIVE TEXT MELALUI PENERAPAN MODEL COOPERATIVE SCRIPT PADA SISWA KELAS IX.A MTsN 1 ACEH BARAT . Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 8(2), 165–169. https://doi.org/10.47662/pedagogi.v8i2.465

Terbitan

Bagian

Artikel