PENGGUNAAN BAHAN AJAR BERBASIS KEARIFAN LOKAL ACEH BARAT PADA MATERI TEKS DESKRIPSI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII-A MTSN 1 ACEH BARAT TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Penulis

  • Ahmad Drani MTsN 1 Aceh Barat /Aceh Barat, Meulaboh, Indonesia
  • Nova Susanti MTsN 1 Aceh Barat /Aceh Barat, Meulaboh, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.47662/pedagogi.v8i2.466

Kata Kunci:

Bahan Ajar, Kearifan Lokal, Teks Deskripsi

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar teks deskripsi dengan menggunakana bahan ajar berbasis kearifan lokal Aceh Barat pada siswa Kelas VII-A MTsN 1 Aceh Barat Tahun Pelajaran 2021/2022. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang mengadaptasi model Kemmis & Mc. Taggart dengan dua siklus, yang pada setiap siklusnya dilakukan dua tindakan. Subjek penelitian ini adalah siswa VII-A MTsN 1 Aceh Barat yang berjumlah 22 siswa. Hasil pembelajaran teks deskripsi dengan menggunakana bahan ajar berbasis kearifan lokal Aceh Barat terbukti mampu meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal tersebut dibuktikan dengan adanya peningkatan aktivitas siswa dari sebelum perbaikan hanya hanya 6 siswa atau 27,27%, naik menjadi 16 siswa atau 72,72% pada siklus pertama, dan 90,90% atau 22 siswa pada siklus kedua, dan peningkatan hasil belajar siswa dari rata-rata pada sebelum perbaikan hanya 58,33, naik menjadi 67,50 pada siklus pertama, dan 76,94 pada siklus kedua, dengan tingkat ketuntasan belajar sebanyak 6 siswa (27,27%) pada prasiklus,  63,36% atau 14 siswa pada siklus pertama,  21 siswa atau 95,45% pada siklus kedua, dan masih ada satu orang siswa (4,54%) yang belum tuntas, Kesimpulannya adalah penerapan bahan ajar berbasis kearifan lokal Aceh Barat terbukti dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar teks deskripsi pada siswa Kelas VII-A MTsN 1 Aceh Barat Tahun Pelajaran 2021/2022.

Referensi

Ambarita, Biner. (2016). Manajemen Pendidikan dan Peningkatan Mutu. Bandung: Alfabeta

Andraiani, Ria. (2020). Kearifan Lokal Masyarakat Kecamatan Susoh dalam Pemanfaatan Tumbuhan pada Upacara Adat Di Kabupaten Aceh Barat Daya. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Biologi.

Arianto. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Menulis Teks Eksposisi Berbasis Literasi Pada Siswa Kelas X SMA. Tesis tidak diterbitkan. Medan: Program Pascasarjana Unimed.

Depdiknas. (2008). Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Depdiknas.

Kemendikbud. (2012). Program Pendidikan Keaksaraan Berbasis Seni Budaya

Lokal Tahun 2012. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan

Kurniasari, Anna Nurlaila. (2014). Sarikata Bahasa dan Sastra Indonesia Super komplit. Yogyakarta: CV Solusi Distribusi.

Lubis dkk (2014:17) dalam penelitiannya yang berjudul “Pengembangan Modul Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbantuan Peta Pikiran Pada Materi Menulis Makalah Siswa Kelas XI SMA/MA” Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pembelajaran

Marzuki. (2011). Tradisi Peusijuek Dalam Masyarakat Aceh: Integritas Nilai-Nilai Agama Dan Budaya. Elharakah Jurnal Budaya Islam.

Muliadi kurdi. (2012). Filsafat Peusijuek Masyarakat Aceh,Banda Aceh : LKAS.

Noviana, Nana. (2018) Integritas Kearifan Lokal Budaya Masyarakat Aceh dalam Tradisi Peusijuk. DESKOVI: Art and Design Journal.

Opera, J.A &Oguzor, N.S (2011). Instructional Technologies and School Curriculum in Nigeria: Innovations and Challenges. Perspectives of Innovations, Economics & Business, 7, Issue 1.

Prastowo, Andi. (2014). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.

Rusjdi Ali Muhammad. (2011). Kearifan Tradisional Lokal Penyerapan Syariat Islam Dalam Hukum Adat Aceh, Banda Aceh: Dinas Syariat Islam Aceh

Salim, M. 2016. Adat Sebagai Budaya Kearifan Lokal Untuk Memperkuat Eksistensi Adat Ke Depan. Jurnal Al-Daulah, Vol.5(2): 244-255.

Shinigami, Zida. (2013). “Pengertian dan Contoh Paragraf Deskripsi”. https://wikipedia/2013/02/pengertian-dan-contoh-paragraf-deskripsi/.

Tomlinson. Brian. 2014. Materials Development in Language Teaching. Cambridge. University Press

Unduhan

Diterbitkan

2022-11-26

Cara Mengutip

Drani, A. ., & Susanti, N. . (2022). PENGGUNAAN BAHAN AJAR BERBASIS KEARIFAN LOKAL ACEH BARAT PADA MATERI TEKS DESKRIPSI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII-A MTSN 1 ACEH BARAT TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 8(2), 170–179. https://doi.org/10.47662/pedagogi.v8i2.466

Terbitan

Bagian

Artikel