THE APPLICATION OF THE TGT TYPE COOPERATIVE MODEL IN IMPROVING STUDENTS' ACHIEVEMENT IN LEARNING SCIENCE IN CLASS VIIB OF MTSN 4 WEST ACEH ACADEMIC YEAR 2019-2020

Penulis

  • Misna Misna MTsN 4 Aceh Barat /Aceh Barat, Meulaboh, Indonesia
  • Dasniar Dasniar MTsN 4 Aceh Barat /Aceh Barat, Meulaboh, Indonesia
  • Rosdiani Rosdiani MTsN 4 Aceh Barat /Aceh Barat, Meulaboh, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.47662/pedagogi.v6i2.525

Kata Kunci:

Model kooperatif TGT, Hasil Belajar

Abstrak

Tujuan Penelitian ini adalah untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Klasifikasi Makhluk Hidup Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT Siswa Kelas VII B MTsN 4 Aceh Barat Tahun pelajaran 2019-2020. Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil belajar siswa Kelas VII B MTsN 4 Aceh Barat pada siklus 1 untuk Materi Klasifikasi Makhluk Hidup dengan model Pembelajaran Aktif Tipe TGT diperoleh nilai rata – rata siklus 1 sebesar 73 dengan nilai tertinggi adalah 90 terdapat 1 orang dan nilai terendah adalah 55 terdapat 2 orang dengan ketentusan belajar 80% dan yang tidak tuntas 20%. Sedangkan pada siklus II untuk materi Materi Klasifikasi Makhluk Hidup diperoleh nilai rata – rata siklus II sebesar 78,8 dengan nilai tertinggi adalah 100 terdapat 1 orang dan nilai terendah adalah 60 terdapat 2 orang dengan ketuntasan belajar 92% dan yang tidak tuntas 8%.

Referensi

Ahmadi, Abu. 1997.Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia

Arikunto, Suharsimi. 2012. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara Jakarta: Depdiknas

Depdiknas. 2003.UU RI No.20 Tahun 2003 tentang system Pendidikan Nasional.

Mulyasa, E. Kurikulum Berbasis Kompetensi: KOnsep Karakteristik dan Implementasi. (Bandung: Remaja Rosdakarya, ).

Mulyono. Belajar dan Pembelajaran. (Jakarta: Rajawali Press, ).

Rosdiana A, Bakar, ( ), Pendidikan Suatu Pengantar, Bandung: Cita Pustaka Media, ).

Sudjana, Nana. 2012. Tujuan Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta

Suharsimi Arikunto, 2010, Penelitian Tindakan, Yogjakarta: Aditya Media

Suyatno. 2009. Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT. Surakarta: Tiga Serangkai

Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional No. Tahun Pasal ayat 1

Unduhan

Diterbitkan

2020-07-10

Cara Mengutip

Misna, M., Dasniar, D., & Rosdiani, R. (2020). THE APPLICATION OF THE TGT TYPE COOPERATIVE MODEL IN IMPROVING STUDENTS’ ACHIEVEMENT IN LEARNING SCIENCE IN CLASS VIIB OF MTSN 4 WEST ACEH ACADEMIC YEAR 2019-2020. Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 6(2), 30–41. https://doi.org/10.47662/pedagogi.v6i2.525

Terbitan

Bagian

Artikel