MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA MENGGUNAKAN MODEL Lc 7e SISWA MTsN 1 ACEH BARAT
DOI:
https://doi.org/10.47662/pedagogi.v6i2.526Kata Kunci:
Hasil Belajar, model pembelajaran Lc 7eAbstrak
Tujuan Penelitian ini adalah untuk untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas VIII A MTsN 1 Aceh Barat setelah menggunakan model pembelajaran Lc 7e. Pada siklus I dan siklus II hasil belajar yang diperoleh siswa belum mencapai indikator keberhasilan yang ditetapkan. Hasil belajar siswa dapat mencapai indikator keberhasilan pada siklus III. Berdasarkan analisis uji gain diperoleh gain ternormalisasi aspek kognitif siklus I ke siklus II sebesar 0,095, siklus II ke siklus III sebesar 0,238, dan siklus I ke siklus III sebesar 0,310. Aspek afektif siklus I ke siklus II sebesar 0,126, siklus II ke siklus III sebesar 0,251, dan siklus I ke siklus III sebesar 0,346. Aspek psikomotorik siklus I ke siklus II sebesar 0,132, siklus II ke siklus III sebesar 0,152, dan siklus I ke siklus III sebesar 0,264. Hasil uji gain menunjukan bahwa peningkatan hasil belajar siswa adalah rendah. Hasil uji-t siklus I ke siklus II diperoleh thitung 1,611 untuk aspek kognitif, 3,453 untuk afektif, dan 6,491 untuk psikomotorik. Dari siklus II ke siklus III diperoleh thitung 4,712 untuk aspek kognitif, 4,974 untuk afektif, dan 4,420 untuk psikomotorik. Dari siklus I ke siklus III diperoleh thitung 4,097 untuk aspek kognitif, 8,204 untuk afektif, dan 6,072 untuk psikomotorik. Pada taraf signifikansi 5% diperoleh nilai ttabel sebesar 1,703. Hasil uji-t menunjukan bahwa peningkatan hasil belajar siswa adalah signifikan. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh hasil bahwa penggunaan model learning cycle 7E dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII A MTsN 1 Aceh Barat pada pokok bahasan Usaha dan Energi secara signifikan. Hasil analisis tersebut menunjukan bahwa penggunaan model learning cycle 7E dapat meningkatkan hasil belajar siswa secara signifikan walaupun masih rendah
Referensi
Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Arikunto, S. (2008). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Bybee, R.W., J.A. Taylor, A. Gardner, P.V. Scotter, J.C. Powell, A. Wesbrook, & N. Landes. (2006). “The BSCS 5E Instructional model: Origin, Effectivenes,and Application”.
Demirdag, B., B. Feyzioglu, A.A.I. Cobanoglu, & E. Altun. (2011). “Developing Instructional Activities Based On constructivist 7E Model: Chemistry Teachers’ Perspective”. Journal of Turkish Science Education. 8 (1), 19- 26
Depdiknas. (2003). Kegiatan Belajar Mengajar Yang Efektif. Jakarta: Depdiknas.
Depdiknas. (2003). Kurikulum 2004 Standar Kompetensi Mapel Sains. Jakarta:
Depdiknas.
Depdiknas. (2007). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia No.22 Tahun 2007 Tentang Standar Isi Untuk Satuan Pendidikan Dasar Dan Menengah. Jakarta: Depdiknas.
Dorlince. (2008). “Pembelajaran Model Siklus Belajar (Learning Cycle)”.Jurnal Kewarganegaraan 10(01): 62-70.
Eisenkraft, A. (2003). Expanding the 5E model. The Sciences Teacher 70 (6). 56-
Fajaroh & Dasna (2009). Pembelajaran Dengan Model Siklus Belajar (Learning Cycle).
Hake, R. (1998). Interactive-Engagement Vs Traditional Methods: A Six- Thousand Student Survey Of Mechanics Test Data For Introductory Physics Courses. Tersedia di http://physics.indiana.edu/sdi/ajpv3i.pdf
Hardiansyah, D. (2010). Penerapan Model Pembelajaran Lc 7euntuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan penguasaan konsep siswa SMA. Skripsi. Bandung: FPMIPA Universitas Pendidikan Indonesia.
Huang. (2008). Embedding mobile technology to outdoor natural science learning based on the 7E learning cycle. Institute of Graduate Institute of Learning & Instruction, National Central University. Tersedia: http://www.coe.ilstu. edu/scienceed/lorsbach/257/ircy.
Kanli & Yagbasan. (2007). The Effects of a Laboratory Based on the 7E Learning Cycle Model and Verification Laboratory Approach on the Development of Students’ Science Process Skills and Conceptual Achievement. Tersedia: www.usca.edu/essays/specialedition/UKanlìandRYagbasan.pdf
Karplus & Thier. (1967). A New Look at Elementary School Science. Chicago: Rand McNally.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2020 Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pendidikan

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.