ANALISIS KEMAMPUAN MENULIS DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS X SMK ALWASHLIYAH PASAR SENEN MEDAN
DOI:
https://doi.org/10.47662/pedagogi.v9i1.537Kata Kunci:
Keterampilan Menulis, Teks Anekdot, Teks Eksposisi, Teks HikayatAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Kemampuan Menulis Siswa dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas X di Sekolah SMK Al-Washliyah Pasar Senen 2 Medan. Objek penelitian yaitu siswa-siswi kelas X TKRO dan X TBSM. Pengumpulan data menggunakan observasi, dan penyebaran angket. Teknik analisis data bersifat deskriptif kualitatif. Temuan penelitian yaitu, Hasil perhitungan di peroleh nilai rata-rata kemampuan menulis pada teks laporan hasil obsevasi, teks eksposisi, teks anekdot, dan teks hikayat siswa kelas X SMK Al Washliyah Pasar Senen 2 Medan dikategorikan “Cukup”. Dari hasil penelitian, peneliti melihat kemampuan menulis di kelas X TKR dan X TBSM masih minim atau kurangnya siswa dalam mengungkapkan ide-ide dan karya mereka. Namun ada kemajuan cukup baik dari kemampuan menulis siswa pada teks laporan hasil observasi yaitu peneliti mengubah model pembelajaran yang dilakukan sebelumnya pada guru tersebut.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Kemampuan Menulis Siswa dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas X di Sekolah SMK Al-Washliyah Pasar Senen 2 Medan. Objek penelitian yaitu siswa-siswi kelas X TKRO dan X TBSM. Pengumpulan data menggunakan observasi, dan penyebaran angket. Teknik analisis data bersifat deskriptif kualitatif. Temuan penelitian yaitu, Hasil perhitungan di peroleh nilai rata-rata kemampuan menulis pada teks laporan hasil obsevasi, teks eksposisi, teks anekdot, dan teks hikayat siswa kelas X SMK Al Washliyah Pasar Senen 2 Medan dikategorikan “Cukup”. Dari hasil penelitian, peneliti melihat kemampuan menulis di kelas X TKR dan X TBSM masih minim atau kurangnya siswa dalam mengungkapkan ide-ide dan karya mereka. Namun ada kemajuan cukup baik dari kemampuan menulis siswa pada teks laporan hasil observasi yaitu peneliti mengubah model pembelajaran yang dilakukan sebelumnya pada guru tersebut.
Referensi
Abidin, Z. (2021) Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Eksposisi Dengan Metode Mind Mapping. Jurnal Ilmiah Sarasvati. Vol. 3. Hlm 33-45.
Hayati, M. dkk. (2018) Analisis Kemampuan Menulis Kalimat Majemuk Siswa Kelas VI SD Negeri 105 Pekanbaru. Jurnal Pajar. Vol 2. hlm. 856-862.
Jamhar, R. dkk (2020) Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Eksposisi Menggunakan Metode Collaborative Writing. Jurnal Ilmiah Iqra’. Vol 14. hlm. 1-14.
Lebu, H. dkk. (2020) Analisis Kemampuan Menulis Pantun Siswa Kelas V SD. Jurnal of Elementary Education. Vol 2. hlm.86-96.
Nurhikmah, A. (2018) Kemampuan Menulis Teks Laporan Hasil Observasi Siswa Kelas X SMK Negeri 4 Makassar. Skripsi. Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Sastra, Universitas Negeri Makassar.
Nopriani, H. dan Pebrianti, I., T. (2019) Kemampuan Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas X SMA Pagaralam. Prociding Sembadra Universitas Sriwijaya. Vol 2. hlm. 97-103.
Putri, A., L. dkk. (2021) Kemampuan Menulis Teks Laporan Hasil Observasi Pada Siswa Kelas X SMK Negeri 3 Seluma. Jurnal Ilmiah Korpus. Vol 5. Hlm. 45-51.
Putri, D., E. dkk. (2022) Kemampuan Menuliskan Kembali Isi Hikayat Dengan Bantuan Media Audiovisual Siswa Kelas X SMA Negeri 5 Padang. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Ekasakti. Vol 1.
Sudrajat, R., T. dan Firmansyah, D. (2020) Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Laporan Hasil Observasi Dengan Menggunakan Pendekatan Discovery Di Kelas X Sma Xix Kartika 1 Bandung. Jurnal Semantik. Vol 2. hlm. 157-162.
Tenriola, B. dkk. (2021) Keefektifan Teknik Analisis Contoh Berbasis Struktur Teks Terhadap Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Cerita Anekdot Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Majauleng Kabupaten Wajo. Jurnal Riset dan Inovasi Pembelajaran. Vol 1. hlm. 134 – 143.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pendidikan

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.