ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI SISWA/I KELAS X MAS AL WASHLIYAH 12 PERBAUNGAN DITINJAU DARI GAYA BELAJAR
DOI:
https://doi.org/10.47662/pedagogi.v9i1.539Kata Kunci:
Analisis Literasi Numerasi, Gaya Belajar, MAS Al Washliyah 12 PerbaunganAbstrak
Kemampuan adalah kemampuan bahasa yang didorong oleh seseorang dalam menyampaikan membaca, berbicara, mendengarkan dan menulis dengan cara yang berbeda sesuai dengan tujuan mereka. Batas pendidikan provinsi umumnya sangat rendah. Pada kompetisi TIMS, Indonesia menempati posisi ke-38 dari 42 negara peserta. 2011. Sebaliknya, Indonesia menempati peringkat ke-44 dari 49 negara peserta pada tahun 2015. Secara khusus, pandangan tersebut berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan siswa dalam mengatasi hambatan dan tantangan dalam contoh matematika. Dengan pola pikir tetap, mudah menyerah saat Anda mengalami masalah dan tahu jawabannya salah. Sebaliknya, mentalitas pembangunan akan terasa diuji dan mulai berpikir serta mengarahkan percobaan untuk melacak pengaturan jika Anda mengalami kesulitan selama pengalaman yang berkembang. baca dan berhitung siswa X MAS Al Washliyah Perbaungan masih kurang memadai. Kemampuan menghafal dapat dilihat pada gaya belajar dan model pembelajaran sebagaimana yang dapat disimpulkan dari hasil penelitian dan pembahasan. yang diterapkan secara konsisten di sekolah. Oleh karena itu, penulis menyarankan untuk memperbaiki gaya belajar yang selama ini digunakan pendidik untuk menyampaikan informasi dan mengatasi masalah literasi dan numerasi. Setelah menganalisis kemampuan literasi berhitung siswa ditinjau dari gaya belajarnya, penelitian ini menemukan bahwa siswa menjadi lebih terlibat dalam mengerjakan soal literasi berhitung dan menjadi lebih mahir dalam mencerna materi.
Referensi
Fitriani, S. N. (2022). Analisis Peningkatan Kemampuan Literasi Siswa Dengan Metode ADABTA Melalui Pendekatan TARL. BADA'A: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar. Vol. 4 No. (1), 180-189.
Maulidina, A. P., Hartatik, S. (2019). Profil Kemampuan Numerasi Peserta didik Sekolah Dasar Berkemampuan Tinggi Dalam Memecahkan Masalah Matematika. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar. Vol. 3 No. (2), hlm 61-66.
Manguni, D. W. (2022). Teknik Membaca Scanning dalam Pengembangan Literasi Numerasi pada Pembelajaran Matematika Anak di Sekolah Dasar. Seminar Nasional Pendidikan Matematika, hlm 59–70.
M. R. Mahmud and I. M. Pratiwi. Literasi Numerasi Siswa dalam Pemecahan Masalah Tidak Terstruktur. KALAMATIKA Jurnal Pendidikan Matematika. Vol. 4 No. 1, pp. 69–88, 2019. doi: 10.22236/kalamatika.vol4no1.2019pp69- 88.
Rambe, M. S., & Yarni, N. (2019). Pengaruh gaya belajar visual, auditorial, dan kinestetik terhadap prestasi belajar siswa SMA Dian Andalas Padang. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), Vol. 2 No. (2), hlm 291-296.
Salvia, N. Z., Sabrina, F. P., & Maula, I. (2022). Analisis kemampuan literasi numerasi peserta didik ditinjau dari kecemasan matematika. In ProSANDIKA UNIKAL (Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Universitas Pekalongan). Vol. 3 No. (1), pp. 351-360.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pendidikan

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.