PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA SMP KELAS VII MELALUI MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER

Penulis

  • Israq Maharani Universitas Alwashliyah Medan, Indonesia
  • Mhd. Ilyas Lubis Universitas Alwashliyah Medan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.47662/pedagogi.v9i1.554

Kata Kunci:

kemampuan pemecahan masalah, number heads together

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Apakah ada Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Numbered Head Together (NHT). Jenis penelitian ini adalah penelitia Quasi Eksperimen Design. Desain yang digunakan adalah Postest Only Control Design. Hasil penelitian menunjukkan perbedaan rata – rata menggunakan uji t lebih baik di kelas eksperimen. Sehingga dapat di simpulkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep antara siswa yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran Number Heads Together (NHT) dengan siswa yang belajar dengan menggunakan metode konvensional.

Referensi

Ahmad, R. (2022). Efektivitas Conceptual Understanding Procedures Menggunakan Live Workhseets terhadap Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) di Sekolah Dasar. In JKPD) Jurnal Kajian Pendidikan Dasar (Vol. 7).

Amelia, S., & Yadrika, G. (2019). Analisis Kesalahan Siswa SMA dalam Menyelesaikan Soal Integral. In Jurnal Ilmiah Dikdaya (Vol. 9, Issue 1). Online.

Arifin, M. (2020). Strategi Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Materi Statistika. Didactical Mathematics, 2(2), 10. https://doi.org/10.31949/dmj.v2i2.2074

Dwi Cahyanovianty, A. (2021). Analisis Kemampan Numerasi Peserta Didik Kelas VIII dalam Menyelesaikan Soal Asesmen Kompetensi Minimum. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 05(02), 1439–1448.

Fauzan, F., & Mukminan. (2019). Tryout Ujian Nasional Berbasis Computer-Based Test untuk Persiapan Menghadapi Ujian Nasional Berbasis Komputer. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 6(1), 56–68.

Gede Indra Widiada, I., Putu Parmiti, D., & Putu Putrini Mahadewi Jurusan Teknologi Pendidikan, L. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Sederhana “Kotak Hitung” pada Tema Lingkunganku Bidang Matematika ii Kelas II SD Negeri 2 Liligundi. In Jurnal EDUTECH Universitas Pedidikan Ganesha (Vol. 6, Issue 1).

Hudiria, I., Haji, S., & Supratman, J. W. (2022). Mathematical Disposition dan Self-concept terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Mahasiswa pada Masa Pandemi COVID-19. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(3), 435–446. http://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/mosharafa

Indah, P., & Reni Nuraeni, dan. (2021). Perbandingan Kemampuan Penalaran Deduktif Matematis Melalui Model PBL dan IBL Berdasarkan KAM. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 165–176. http://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/mosharafa

Kesumayanti, N., Wahyu Yunian Putra, R., Raden Intan Lampung, U., & Letkol Endro Suratmin Sukarame -Bandar Lampung, J. H. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Materi Persamaan Kuadrat Berbantuan Rumus Cepat. JES-MAT, 3(2).

Khotimah, S. H., & As’ad, M. (2020). Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. JIPP, 4(3), 491–498.

Kistian, A. (2018). Genta Mulia Pengaruh Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa di Kelas IV SDN 4 Banda Aceh. GENTA MULIA, IX(2), 71–82.

Lahinda, Y., & Jailani. (2015). Analisis Proses Pemecahan Masalah Matematika Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 2(1), 148–161.

Listiawati, E. (2018). Pemahaman Siswa SMP Perempuan Berkemampuan Rendah pada Masalah Kalimat Matematika. In Jurnal Riset Pendidikan dan Inovasi Pembelajaran Matematika (Vol. 1, Issue 2).

Megawati, M., Wardani, A. K., & Hartatiana, H. (2019). Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Matematika Model PISA. Jurnal Pendidikan Matematika, 14(1), 15–24. https://doi.org/10.22342/jpm.14.1.6815.15-24

Nourhasanah, F. Y., & Aslam, A. (2022). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 5124–5129. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.3050

Nurhikmah, S., & Febrian. (2016). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Permasalahan Integral Tak Tentu. JURNAL TATSQIF Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan, 14(2), 218–237.

Nursyahidah, F., & Albab, I. U. (2017). Investigating student difficulties on integral calculus based on critical thinking aspects. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 4(2), 211. https://doi.org/10.21831/jrpm.v4i2.15507

Prajono, R., Gunarti, Y., Anggo, M., Matematika, J. P., Halu, U., Jalan, O., Mokodompit, H. E. A., Kendari, S., Tenggara, I., & Id, R. A. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Peserta Didik SMP Ditinjau dari Self Efficacy. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 143–154. http://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/mosharafa

Rizta, A., & Antari, L. (2019). Tingkat Mathematics Anxiety pada Mahasiswa Calon Guru Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 13(1), 9–20.

Saragih, R. M. B., Matondang, K., & Wati, N. (2021). Respon Siswa MTs Swasta Al-UMM terhadap Pembelajaran Daring Selama Pandemi Corona. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 05(02), 1729–1738.

Setyowati, N., Susilo, B. E., & Masrukan, M. (2016). Penggunaan Alat Peraga untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Keaktifan Siswa Mata Diklat Matematika Materi Peluang Di Kelas X AP B Semester 2 SMK N 1 Bawen. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 7(1), 24–30. https://doi.org/10.15294/kreano.v7i1.4831

Sirojuddin, A. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Mind Mapping Berbasis ICT. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam (Nidhomul Haq), 1(01), 13–20. http://simpon1.wordpress.com/2008/08/31/komputer-atau-ict-sebagai-media-pembelajaran/

Suryani, M., Heriyanti Jufri, L., Tika Artia Putri, dan, Studi Pendidikan Matematika, P., PGRI Sumatera Barat Jalan Gn Pangilun, S., Utara, P., & Barat, S. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Berdasarkan Kemampuan Awal Matematika. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 119–130. http://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/mosharafa

Susilo, B. E., Darhim, D., & Prabawanto, S. (2019). Kesulitan Belajar Mahasiswa pada Materi Aplikasi Integral untuk Luas Daerah dalam Perspektif Disposisi Matematis. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 10(1), 86–93. https://doi.org/10.15294/kreano.v10i1.19373

Tia Vivi Muliandari LOGO Jurnal, P., & Tia Vivi Muliandari, P. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT (Numbered Head Together) Terhadap Hasil Belajar Matematika A R T I C L E I N F O. International Journal of Elementary Education, 3(2), 132–140. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/IJEE

Unduhan

Diterbitkan

2023-01-17

Cara Mengutip

Maharani, I. ., & Lubis, M. I. . (2023). PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA SMP KELAS VII MELALUI MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER. Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 9(1), 31–39. https://doi.org/10.47662/pedagogi.v9i1.554

Terbitan

Bagian

Artikel