PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN PECAHAN MELALUI PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK BERBANTUAN KERTAS ORIGAMI
DOI:
https://doi.org/10.47662/pedagogi.v9i2.556Kata Kunci:
Hasil Belajar, Pengaruh Media Origami, Peningkatan Hasil BelajarAbstrak
Peningkatan Kualitas Pembelajaran penjumlahan dan pengurangan pecahan Melalui Pendekatan Matematika Realistik Berbantuan Kertas Origami Pada siswa kelas IV SDN 101750 Klambir Lima. T.A 2022/2023. Skripsi Pendidikan Matematika, Sekolah Tinggi Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Amal Bakti. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Matematika penjumlahan dan pengurangan pecahan pada siswa kelas IV SDN 101750 Klambir Lima melalui penerapan pendekatan matematika realistik berbantuan kertas origami. Jenis Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas kolaboratif dengan guru kelas IV SDN 101750 Klambir Lima. Peneliti memilih siswa dengan rincian sebagai berikut: 7 Siswa berkemampuan akademik tinggi, 7 siswa berkemampuan akademik sedang, dan 7 siswa berkemampuan akademik rendah dan menggunakan siklus I dan siklus II. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan kualitas pembelajaran penjumlahan dan pengurangan pecahan melalui pendekatan Matematika Realistik berbantuan kertas Origami pada siswa kelas IV SDN 101750 Klambir Lima, adanya peningkatan Pembelajaran Matematika Realistik berbantuan kertas Origami bisa tingkatkan hasil belajar siswa yang ditunjukkan pada siklus I nilai rata-rata siswa 65% menjadi 73,66 pada siklus II dengan ketuntasan belajar siswa pada siklus I merupakan 66 % jadi 85 % pada siklus II
Referensi
Almahdali, A. (2020). Inovasi Rumah Cokelat: Studi Kasus Hilirisasi Industri Cokelat di Provinsi Sulawesi Tengah. Palu: Inteligensia Medi.
Antara, A. A. (2020). Penyetaraan Vertikal Dengan Pendekatan Klasik Dan Item Response Theory (Teori dan Aplikasi). Yogyakarta : Deeplublish.
Darmawan, C. K. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran: Konsep & Aplikasi Pengembangan Media Pembelajaran bagi Pendidik di Sekolah dan Masyrakat. Jakarta: Kencana.
Farida Anis (2020). Panduan Lengkap Kuasai Bahasa JepangTanpa Kursus, Jakarta: Anak Hebat Indonesia
Hartati, i. N. (2019). METODOLOGI PENELITIAN SOSIAL. Surabaya: Media Sahabat Cendekia.
Hartini, V. A. (2018). Buku Ajar Dasar Ilmu Gizi Kesehatan Masyarakat. Yogyakartax: Deepublish.
Ketut, S. D. (2017). Konsep Dan Pengembangan Kewirausahaan Di Indonesia. Yogyakarta: Deepublish.
Kustiawan, U. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Anak Usia Dini. Malang : Penerbit Gunung Samudera [Grup Penerbit PT Book Mart Indonesia].
M.Fadlillah. (2019). Bermain dan Permainan Anak Usia Dini. Jakarta : Prenadamedia Group.
Mas’ud, D. d. (2017). Kesehatan Masyarakat dalam Perspektif Sosioantropologi. Makasar : CV Sah Media: CV Sah Media.
Muslim, A. H. (2020). Media Pembelajaran PKn di SD. Purwokerto: Pena Persada.
Nofriansyah, D. d. (2020). Belajar dan Pembelajaran: Konsep dan Pengembangan. Tidak diterbitkan: Yayasan Kita Menulis.
Nurgiantoro, B. (2018). Sastra Anak Pengantar Pemahaman Dunia Anak. Yogyakarta : Gadjah Mada University Press: Gadjah Mada University Press.
Ovan (2022). Strategi Belajar Mengajar Matematika, Jakarta : Kencana
Prasetyo, Y. A. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran: PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS WEB. Semarang: Yogi Agung Prasetyo.
Prastiyo, F. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Dengan Model Kooperatif Jigsaw Pada Materi Pecahan Di Kelas V Sdn Sepanjang 2. Surakarta: CV Kekata Group.
Putrawangsa, s. (2018). Desain Pembelajaran : Design Research sebagai pendekatan Desain Pembelajaran. Mataram : Reka Karya Amerta.
Rahayu, E. M. (2018). Jurnal Pendidikan Empirisme: Jurnal Pendidikan Empirisme. Surakarta : Sang Surya Media.
Rukajat, A. (2018). Manajemen Pembelajaran. Yogyakarta: Deepublish.
Rusman, A. d. (2020). Classroom Action Research Pengembangan Kompetensi Guru. Purwokerto: CV. Pena Persada.
Team, Q. (2019). Jurnal Pendidikan Konvergensi. Surakarta: Sang Surya Media.
Tokan, P. I. (2016). Manajemen Penelitian Guru. Jakarta: PT Grasindo.
Trygu. (2020). Studi Literatur Problem Based Learning untuk masalah Motivasi bagi siswa dalam Belajar Matematika. Gunungsitoli: guepedia.
Umbara, U. (2017). Psikologi Pembelajaran Matematika (Melaksanakan Pembelajaran Matematika Berdasarkan Tinjauan Psikologi). Yogyakarta : Deepublish.
Utama, D. (2018). Jurnal Pendidikan Dwija Utama. Surakarta: Sang Surya Mediab.
Zulmiyetri, s. d. (2020). Penulisan Karya Ilmiah. Jakarta: Kencana.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pendidikan
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.