PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING PADA PEMBELAJARAN LITERASI DAN NUMERASI TERHADAP TEKS PROSEDUR KELAS VII SMP SWASTA PEMBANGUN

Penulis

  • Aldina Nurunnisa Universitas Al-Washliyah Medan
  • Mery Edmida Lubis Universitas Al Washliyah
  • Wina Wulandari Universitas Alwashliyah Medan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.47662/pedagogi.v9i2.560

Kata Kunci:

pembelajaran literasi dan numerasi, teks prosedur, discovery learning

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menentukan pengaruh model discovery learning pada pembelajaran literasi dan numerasi peserta didik kelas VII SMP Swasta Pembangun pada pembelajaran Bahasa Indonesia materi “Teks Prosedur”. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (Quasi Experimental Design). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Swasta Pembangun sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data melalui observasi dan tes untuk mengukur hasil belajar Bahasa Indonesia materi “Teks Prosedur”. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data, disimpulkan bahwa penggunaan model discovery learning berpengaruh pada hasil pembelajaran literasi dan numerasi terhadap teks prosedur siswa kelas VII SMP Swasta Pembangun. Hal ini ditunjukkan dengan hasil penilaian yang menunjukkan bahwa adanya pengaruh baik untuk model pembelajaran Discovery Learning pada Pembelajaran Literasi dan Numerasi terhadap Teks Prosedur Kelas VII SMP Swasta Pembangun.

Referensi

Dwi Lestari, Nova. (2014). Pentingnya Penggunaan Metode Dalam Proses Pembelajaran. Dalam https://www.academia.edu diakses tanggal 05 Januari 2023

Hambali, Ginanjar. (2017). Literasi Ekonomi di Sekolah. Jurnal Ilmiah Dewan Riset Daerah Banten 3 (5), 43-53. Dalam scholar.google.co.id diakses tanggal 05 Januari 2023

Hosnan, M. (2014). Pendekatan Saintifik Dan Konstekstual Dalam pembelajaran Abad 21: Kunci Sukses Implementasi Kurikulum 2013. Bogor: Ghalia Indonesia

Kemendikbud. (2013). Model Pembelajaran Penemuan (discovery). Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Sanjaya, Wina. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Prenada Media Group

Unduhan

Diterbitkan

2023-06-07

Cara Mengutip

Nurunnisa, A., Lubis, M. E. ., & Wulandari, W. . (2023). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING PADA PEMBELAJARAN LITERASI DAN NUMERASI TERHADAP TEKS PROSEDUR KELAS VII SMP SWASTA PEMBANGUN. Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 9(2), 50–53. https://doi.org/10.47662/pedagogi.v9i2.560

Terbitan

Bagian

Artikel