RUANG DAN WAKTU SEBAGAI BENTUK PRESENTASI DARI INTUISI A PRIORI PERSPEKTIF IMMANUEL KANT
DOI:
https://doi.org/10.47662/pedagogi.v9i2.564Kata Kunci:
Intuisi, Ruang dan waktu, a priori, Immanuel KantAbstrak
Tujuan penulisan filsafat kritisime oleh Immanuel Kant adalah berusaha untuk menjelaskan tentang objek pengenalan yang berpusat pada subjek dan menegaskan batasan- batasan kemampuan atau ratio sebagai sumber pengetahauan manusia. Kant menjelaskan bahwa kemampuan manusia dalam mengetahui realitas terbatas karena ratio hanya mampu menjangkau gejala- gejala atau fenomena- fenomenanya saja, kemudian ia juga menjelaskan bahwa pengenalan manusia atas segala sesuatu diperoleh dari perpaduan antara unsur- unsur apriori dan aposteriori. Maka dengan menggunakan penelusuran pustaka yang dilakukan oleh penulis tujuan dari penulisan artikel ini adalah untuk membantu para pembaca agar menghindari diri dari sifat berpihak sebelah seperti sepihak dengan kaum rasionalisme atau pun sepihak dengan kaum emperisisme. Kehadiran kedua aliran ini sangat berpengaruh dalam pemikiran dunia modern saat ini terutama dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang pesat yang membawa kebanyakan orang pada sifat individualisme yang tinggi. Immanuel Kant dengan caranya atau metodenya tersendiri tidak memihak pada salah satu aliran namun menggunakan keduanya sebagai satu pemikiran baru.
Referensi
Al Munir, M. I. (2004). Tinjauan terhadap Metode Empirisme dan Rasionalisme. In Jurnal Filsafat (Vol. 38, Issue 3, pp. 234–245). https://jurnal.ugm.ac.id/wisdom/article/view/31413
Atang Abdul Hakim & Beni Ahmad. (2008). Filsafat Umum. Pustaka Setia.
Compasiana. Com. (2021). Apa Itu Isi 12 Tabel Kategori Penilaian Kant? Konten ini telah tayang di Kompasiana.com dengan judul “Apa Itu Isi 12 Tabel Kategori Penilaian Kant?”, Klik untuk baca: https://www.kompasiana.com/balawadayu/5ff059558ede4844675bd2e3/apa-itu-isi-12-tabel-kate. https://www.kompasiana.com/balawadayu/5ff059558ede4844675bd2e3/apa-itu-isi-12-tabel-kategori-penilaian-kant
El-taro, E., & Aryani, M. L. (2022). Intuisi Matematis Immanuel Kant dan Implementasinya dalam Pembelajaran Matematika Abad 21. PRISMA, Prosding Seminar Nasional Matematika, 5, 21–27.
Ensiklopedia Dunia- Imanuel Kant. (n.d.). https://p2k.stekom.ac.id/ensiklopedia/Immanuel_Kant
Guanabara, E., Ltda, K., Guanabara, E., & Ltda, K. (n.d.). Kritisisme Imanuel Kant. 1–17.
Joko Siswanto. (2005). OrientasiKosmologi. Gadja Mada University Press.
Lubis, A. Y. (2020). Filsafat Ilmu- Klasik hingga Kontemporer (Tujuh). Rajagrafindo Persada.
Noor, I. (2010). Teori Pengetahuan Immanuel Kant Dan Implikasinya Terhadap Batas Ilmu. Jurnal Ilmiah Ilmu Ushuluddin, 9(1), 43. https://doi.org/10.18592/jiiu.v9i1.1409
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Maria Roswita Boe
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.