PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS CERITA DENGAN MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS IX MTsN DAIRI
DOI:
https://doi.org/10.47662/pedagogi.v6i2.569Kata Kunci:
Kemampuan menulis, media gambarAbstrak
Tujuan penelitian ini adalah mengetahui penerapan media gambar, peningkatan kemampuan menulis dan kelebihan serta kekurangan media gambar di Kelas IX-B MTsN Dairi. Subyek yang diteliti adalah siswa Kelas IX-B yang berjumlah 24 orang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan teknik pengumpulan data melalui tes, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data ini menggunakan analisis data dengan model interaktif, dan dalam kegiatan analisis serta kegiatan pengumpulan data menggunakan 2 siklus yaitu siklus I dan siklus II. Hasil penelitian menunjukkan pada siklus I kemampuan menulis siswa sebesar 75% (18 siswa). Hasil ini belum melampuai batas minimum yang diharapkan yaitu sebesar ≥ 80%. Selanjutnya dilakukan perbaikan pada gambar sehingga diperolah hasil kemampuan menulis siswa pada siklus II sebesar 83% (20 siswa). Hasil ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan siswa sebesar 8 poin, sehingga dapat dilihat kelebihan metode gambar adalah membuat siswa tertarik menulis, membuat pembelajaran lebih menyenangkan, dapat meningkatkan imaginasi siswa, dan menumbuhkan potensi siswa. Sedangkan kekurangannya adalah memerlukan waktu yang lama.
Referensi
Abidin, Y. (2012). Pembelajaran Bahasa Berbasis Pendidikan Karakter. PT Refika Aditama.
Arief S, S. (2011). Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. Rajawali pers.
Kurniawan, H. (2015). Pemebelajaran Kreatif Kurikulum 2013. Prenada Group.
Kusnadi, C. (2013). Media Pembelajaran Manual dan Digital. Ghalia Indonesia.
Pamungkas, S. (2012). Bahasa Indonesia dalam Berbagai Perspektif. Andi Offset.
Saefuddin A., dan B. (2014). Pembelajaran Efektif. Remaja Rosda Karya.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2020 Nurhayati Saloko

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.