KONSEP SUBSTANSI RENE DESCARTES ASAS PEMAHAMAN TENTANG RUANG DAN WAKTU

Penulis

  • Irenius Pita Raja Boko Universitas Katolik Widya Mandira Kupang, NTT, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.47662/pedagogi.v9i2.570

Kata Kunci:

Ruang, Waktu, A Priori, Kategori Akal, Immanuel Kant.

Abstrak

Pemahaman yang berbasis filosofis tentang ruang dan waktu tetap belum dimiliki oleh orang-orang yang bukan bagian dari masyarakat ilmiah (intelektual). Pemahaman mereka masih sebatas pada basis empirik dan apa yang telah dikonstruksikan serta menjadi konsensus kolektif. Oleh sebab itu, dengan menggunakan studi Pustaka, artikel ini berusaha menyuguhkan pemahaman yang rasional (metafisis) berbasis pada filsafat Rene Descartes. Konsep Substansi Rene Descartes, sebenarnya menjadi asas pemahaman tentang ruang dan waktu. Pengklasifikasian tentang substansi menjadi dasar tentang kebendaan yang tidak terlepas dengan ruang dan waktu. Ruang dan waktu senantiasa terkait dengan kebendaan.

Referensi

Arifin, M. (2018). Epistemologi Rasionalisme Rene Descartes Dan Relevansinya Terhadap Penafsiran AL-Qur’an. Didaktika Religia, 17(2), 147–157. https://doi.org/10.30762/didaktika.v2i2.148

Butar-Butar, N. (2021). Epistemologi perspektif barat dan islam. Humantech: Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 1(2), 240–246.

CHOIRIYAH, N. (2014). RASIONALISME RENE DESCARTES. Jurnal Anterior, 13(2), 237–243.

Chonyta, D. (2022). Sumber ilmu pengetahuan studi komperatif islam dan barat. Maslahah: Journal of Islamic Studies, 1(1), 1–20.

Copleston, F. (2021). A History Of Phylosophy (E. A. Astanto (ed.)). BASABASI.

Efendy, R. (2015). Hegemoni Epistemologi Rasional Barat dalam Konstruksi Kurikulum PAI di Indonesia. Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan Islam, 13(2), 87–97.

H.Muhammad Bahar Akkase Teng. (2016). RASIONALIS DAN RASIONALISME DALAM PERSPEKTIF SEJARAH. JURNAL ILMU BUDAYA, 4(2), 14–27.

Harefa, A. R. (2019). Peran ilmu fisika dalam kehidupan sehari-hari. Jurnal Warta, 60, 1–10.

Hartini, S. (2019). Revolusi Ilmiah: Global Positioning System (GPS) Sebagai Bukti Empiris Teori Relativitas. Jurnal Filsafat Indonesia, 2(1), 27. https://doi.org/10.23887/jfi.v2i1.17548

Joko Siswanto. (2005). OrientasiKosmologi. Gadja Mada University Press.

Kabir, S. F. (2019). Kejahatan Dan Hukuman: Tantangan Filosofis Determinisme-Kausal Terhadap Pertanggungjawaban Pidana. Jurnal Hukum & Pembangunan, 49(2), 279. https://doi.org/10.21143/jhp.vol49.no2.2003

Kurnia, A. (2021). KONSEP PEMAHAMAN TEORI RELATIVITAS KHUSUS EINSTEIN TENTANG PEMUAIAN WAKTU. TEDC Jurnal Ilmiah Berkala, 15(2), 173–179.

Luh Putu Cita Ardiyani, K. S. dan K. S. Y. (2021). Tubuh Dan Jiwa Manusia Dalam Perspektif Filsafat Rene Descartes. VIDYA DARŚAN Jurnal Mahasiswa Filsafat Hindu, 2(2), 136–142.

Ma’ruf (penerjemah), A. F. (2020). Diskursus dan Metode. IRCiSoD.

Musdalifah, M. (2019). Peserta Didik Dalam Pandangan Nativisme, Empirisme, Dan Konvergensi. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 2(2), 243. https://doi.org/10.24252/idaarah.v2i2.7014

Njuma, H. K. (2021). Tendensi Natural Manusia ke arah Kebaikan dalam Perspektif Tomas Aquinas. Melintas, 37(2), 222–239. https://doi.org/10.26593/mel.v37i2.6298

Puspitasari, R. (2012). Kontribusi Empirisme terhadap Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial. Jurnal Edueksos, 1(1), 21–49.

Riyadi, A., & Sukma, H. V. (2019). Konsep Rasionalisme Rene Descartes Dan Relevasinya Dalam Pengembangan Ilmu Dakwah. An-Nida : Jurnal Komunikasi Islam, 11(2), 111–124. https://doi.org/10.34001/an.v11i2.1026

Russell, B. (2007). History of Western Philosophy and its Connection with Political and social Circumstances from the Earliest Times to the Present Day. Pustaka Pelajar.

Sairah, A. R. (2021). Modernisasi Sains Menuju Psikologi: Studi Atas Pengaruh Pemikiran Rene Descartes (1596-1650) Terhadap Perkembangan Psikologi. Jurnal Filsafat Indonesia, 4(1), 44. https://doi.org/10.23887/jfi.v4i1.30356

Siddiq, M., & Salama, H. (2018). Paradigma dan Metode Pendidikan Anak dalam Perspektif Aliran Filsafat Rasionalisme, Empirisme, dan Islam. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 3(2), 43–60. https://doi.org/10.25299/althariqah.2018.vol3(2).2308

Vera, S., & Hambali, R. Y. A. (2021). Aliran Rasionalisme dan Empirisme dalam Kerangka Ilmu Pengetahuan. Jurnal Penelitian Ilmu Ushuluddin, 1(2), 59–73. https://doi.org/10.15575/jpiu.12207

Yudisha, N. (2021). Perhitungan waktu baku menggunakan metode Jam Henti pada proses Bottling. Jurnal VORTEKS, 2(2), 85–90. https://doi.org/10.54123/vorteks.v2i2.73

Unduhan

Diterbitkan

2023-06-19

Cara Mengutip

Boko, I. P. R. . (2023). KONSEP SUBSTANSI RENE DESCARTES ASAS PEMAHAMAN TENTANG RUANG DAN WAKTU. Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 9(2), 62–70. https://doi.org/10.47662/pedagogi.v9i2.570

Terbitan

Bagian

Artikel