PERAN KEPALA SEKOLAH SEBAGAI SUPERVISOR DALAM MENINGKATKAN DISIPLIN KERJA GURU DI MTSN 1 ACEH BARAT TAHUN AJARAN 2019-2020

Penulis

  • Asmanidar Asmanidar MTsN 1 Aceh Barat /Aceh Barat, Meulaboh, Indonesia
  • Cut Anina MTsN 5 Aceh Barat /Aceh Barat, Meulaboh, Indonesia
  • Rosmininur Rosmininur MAN 2 Aceh Barat /Aceh Barat, Meulaboh, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.47662/pedagogi.v5i2.600

Kata Kunci:

Kepala Sekolah sebagai Supervisor dan Disiplin Guru

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran kepala sekolah sebagai supervisor dalam meningkatkan disiplin guru. Masalah penelitian ini adalah bagaimana peran kepala sekolah sebagai supervisor dalam meningkatkan disiplin guru di MTsN 1 Aceh Barat tahun pelajaran 2019-2020. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif, karena data yang dikumpulkan adalah berupa kata-kata, gambar dan bukan angka-angka. Dengan metode ini konsekuensinya bagi penulis adalah harus mampu menganalisis data yang terhimpun sehingga pada kesimpulan logis dan realistis. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik observasi, dokumentasi, wawancara dan angket. Hasil peneliti menunujukan bahwa peran kepala sekolah sebagai supervisor dalam meningkatkan disiplin guru di MTsN 1 Aceh Barat tahun pelajaran 2019-2020 mendapatkan kategori cukup dan disiplin kerja guru mendapatkan kategori masih kurang karena dilihat dari hasil observasi dan data daftar hadir di MTsN 1 Aceh Barat. Berdasarkan hasil penelitian tersebut disarankan kepala sekolah hendaknya terus berusaha menjalankan tugas dan tanggung jawabnya dalam kegiatan supervisi yang telah dilaksanakan dengan terus melakukan pembinaan dan bimbingan secara lebih efektif dan efesien, kepala sekolah dan para guru hendaknya selalu berusaha meningkatkan kemampuan diri dengan harapan semoga pendidikan generasi penerus bangsa akan semakin berkualitas pada masa yang akan datang.

Referensi

Burhanuddin, Analisa Administrasi Manajemen dan Kepemimpinan Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara, Cet. I, 1994

Burhanuddin, Yusak, Administrasi Pendidikan, Pustaka Setia.

Direktorat Tenaga Kependidikan Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik Dan Tenaga Kependidikan Departemen Pendidikan Nasional, Metode dan Teknik Supervisi, 2008,

Gunawan, Ary H, Administrasi Sekolah (Administrasi Pendidikan Mikro), Jakarta: Rineka Cipta, Cet. I, 1996.

Handoko, T. Hani, Manajemen Personalia dan Sumberdaya Manusia, Yogyakarta, BPFE, Cet. XV, 2001.

Hasan, M. Iqbal, Pokok-pokok Materi Metodologi Penelitian dan Aplikasinya, Jakarta: Ghalia Indonesia, 2002.

Imron, Ali, Pembinaan Guru di Indonesia, Jakarta: Dunia Pustaka Jaya, 1995.

Mulyasa, E, Menjadi Kepala Sekolah Profesional, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, Cet. IX, 2007.

Nawawi, Hadari, Adsministrasi Pendidikan, Jakarta: Gunung Agung, Cet. VII, 1989.

Purwanto, M. Ngalim, Administrasi dan Supervisi Pendidikan, Bandung: Remaja Rosdakarya, Cet. XIII, 2004.

Rifai, M. Moh, Administrasi Pendidikan, Bandung, Jemmars, 1986.

Rohani, Ahmad dan Abu Ahmadi, Pedoman Penyelenggaraan Administrasi Pendidikan di Sekolah, Jakarta: Bumi Aksara, Cet. I, 1991.

Sahertian, Piet A, Dimensi-Dimensi Administrasi Pendidikan di Sekolah, Surabaya: Usaha Nasional, Cet. I, 1994., Konsep Dasar dan Teknik Supervisi Pendidikan (Dalam Rangka Pengembangan Sumber Daya Manusia), Jakarta: Rineka Cipta, 2000.

Sahertian, Piet A dan Ida Aleida Sahertian, Supervisi Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta, 1990.

Siagian, Sondang P, Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta: Bumi Aksara, Cet. XV, 2008.

Soemarmo, D, Pedoman Pelaksanaan Disiplin Nasional dan Tata Tertib Sekolah 1998, PT. Sekala Jalmakarya, 1997.

Subari, Supervisi Pendidikan (Dalam Rangka Perbaiakan Situasi Mengajar), Jakarta: Bumi Aksara, 1994.

Sudijono, Anas, Pengantar Statistik Pendidikan, Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada, Cet. XV, 2005.

Team Pembina Mata Kuliah Didaktik Metodik/Kurikulum IKP Surabaya, Pengantar Didaktik Metdik Kurikulum PBM, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, Cet. V, 1993.

Uno, Hamzah B, Profesi Kependidikan, Jakarta: Bumi Aksara, 2007.

Uzer Usman, Moch, Menjadi Guru Profesional, Bandung: PT. Remaja RosdaKarya, Cet. XXIII, 2009.

Wijono, Administrasi dan Supervisi Pendidikan, Jakarta: Departemen Pendidikan dan kebudayaan, 1989.

Unduhan

Diterbitkan

2019-03-20

Cara Mengutip

Asmanidar, A., Anina, C. ., & Rosmininur, R. (2019). PERAN KEPALA SEKOLAH SEBAGAI SUPERVISOR DALAM MENINGKATKAN DISIPLIN KERJA GURU DI MTSN 1 ACEH BARAT TAHUN AJARAN 2019-2020. Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 5(2), 22–35. https://doi.org/10.47662/pedagogi.v5i2.600

Terbitan

Bagian

Artikel