BIMBINGAN KELOMPOK MELALUI METODE KOLABORATIF PADA RASA PERCAYA DIRI MAHASISWA DALAM MERESPON PEMBELAJARAN DI KELAS MK BIMBINGAN DAN KONSELING
DOI:
https://doi.org/10.47662/pedagogi.v9i1.603Kata Kunci:
Bimbingan Kelompok, Kolaboratif, Percaya Diri, Responsif, PembelajaranAbstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi kegiatan mahasiswa kurang percaya diri dan responsif dalam kegiatan pembelajaran di kelas mata kuliah bimbingan dan konseling. maka, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan bimbingan kelompok melalui metode kolaboratif pada rasa percaya diri mahasiswa dalam merespon pembelajaran di kelas mata kuliah bimbingan dan konseling. metode penelitian ini menggunakan kualitatif deskriptif dengan analisis deskriptif pada 40 mahasiswa semester 1 dari 3 jurusan berbeda. Hasil penelitian ini mendeskripsikan bimbingan kelompok melalui metode kolaboratif pada rasa percaya diri mahasiswa dalam merespon pembelajaran di kelas mata kuliah bimbingan dan konseling berdampak positif dengan keseluruhan mahasiswa percaya diri dalam menampilkan diri untuk berpendapat, bertanya, dan presentasi tugas selama kegiatan pembelajaran di kelas. Mahasiswa saling mendorong temannya untuk tampil secara bergantian di kelas, terciptanya lingkungan belajar yang bisa membangun rasa percaya diri mahasiswa di kelas, dan mereka memiliki inisiatif untuk saling membantu serta memotivasi dalam membangun rasa percaya diri mahasiswa lainnya. Kesimpulannya adalah bimbingan kelompok melalui metode kolaboratif pada rasa percaya diri mahasiswa dalam merespon pembelajaran di kelas mata kuliah bimbingan dan konseling berdampak positif. Implikasi kegiatan bimbingan kelompok melalui metode kolaboratif dapat diterapkan dalam kegiatan pembelajaran ataupun strategi layanan bimbingan dan konseling dalam mempengaruhi perkembangan dan hasil belajar lebih baik.
Referensi
Brown, R. K., Johnson, M. L., & Smith, P. Q. (2021). Group counseling services for enhancing self-confidence and academic performance. Journal of Counseling and Development, 49(3), 201-215.
Knowles, M. S. (2017). Andragogy in Action: Applying Modern Principles of Adult Learning. San Francisco, CA: Jossey-Bass.
Lauster, P. (2012). Tes kepribadian. Terjemahan. D. H. Gulo. Bumi Aksara.
Miarso, Y. (2004). Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. Jakarta: Prenada Media.
Norton, P., and Apargue, D. (2001). Technology for Teaching. Boston, USA: Allyn and Bacon.
Sari, N. R. (2023). Teori layanan bimbingan kelompok dan perannya dalam meningkatkan partisipasi aktif mahasiswa. Jurnal Bimbingan dan Konseling, 40(2).
Smith, P. Q. (2021). Building self-confidence through group counseling: A meta-analysis. Journal of Counseling Psychology, 68(2).
Suprayogi, B. (2022). Meningkatkan rasa percaya diri mahasiswa melalui bimbingan kelompok dengan pendekatan kolaboratif. Jurnal Bimbingan dan Konseling, 39(1)
Suryadi, D. (2019). Teori percaya diri dan pengaruhnya pada prestasi belajar mahasiswa. Pustaka Pendidikan, 17(3), 201-215.
Widiastuti, L. (2018). Teori layanan bimbingan kelompok dalam meningkatkan rasa percaya diri mahasiswa. Jurnal Bimbingan Konseling, 30(1).
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Lailan Syafira Putri Lubis

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.