PENGARUH MANAJEMEN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU MATEMATIKA
DOI:
https://doi.org/10.47662/pedagogi.v9i2.609Kata Kunci:
Kepemimpinan kepala sekolah, Guru matematikaAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh manajemen kepala sekolah terhadap kinerja instruktur matematika. Penelitian ini menggunakan metodologi kualitatif deskriptif. Kepala Sekolah Unggulan Al-Azhar Medan dan instruktur matematika menjadi fokus penelitian ini. Pengamatan, wawancara, dan dokumentasi adalah contoh metode pengumpulan data. (1) Manajemen kepemimpinan kepala sekolah dalam membina profesionalisme guru matematika telah efektif dalam hal perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, evaluasi, dan tindak lanjut; (2) kendala yang dihadapi adalah kurangnya informasi, ketergantungan pada guru tertentu saja, kendala keuangan, dan kurangnya pengetahuan dalam pengembangan profesionalisme guru; dan (3) pembinaan, pengawasan, dan pengembangan profesi menjadi solusi atas kendala yang dihadapi.
Referensi
Aprida, Y., Fitria, H., & Nurkhalis. (2020). Pengaruh Supervisi Kepala Sekolah dan Motivasi Kerja Guru Terhadap Kinerja Guru. Journal of Education Reasearch, 1(2), 160–164.
Arafat, Y., Puspita, Y., & Negeri, S. (2020). Manajemen Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Pembinaan Profesionalisme Guru. In Journal of Innovation in Teaching and Instructional Media (Vol. 1, Issue 1).
Ardana, P., & Hendra Divayana, D. G. (2020). Kontribusi Sertifikasi Guru, Motivasi Kerja dan Supervisi Akademik Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru. Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia, 11(1), 44–55. https://doi.org/10.23887/japi.v11i1.3349
Bafadal, I. (2016). Penilaian Kinerja Kepala Sekolah sebagai Pemimpin Pembelajaran dalam Rangka Peningkatan Akuntabilitas Sekolah. Manajemen Pendidikan, 1(1), 1–9.
Denny Pratama, L., & Lestari, W. (2018). Implementasi Pendekatan Saintifik melalui Problem Based Learning terhadap Minat dan Prestasi Belajar Matematika (Implementation of Scientific Approach with PBL on Interest and Achievement in Mathematics). Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 3(1).
Dwi Nur’aini, K., Fransina, M., & Ruslau, V. (2023). Persepsi Siswa terhadap Kinerja Guru Matematika pada Kompetensi Profesional. MATHEMA : Jurnal Pendidikan Matematika , 5(1), 30–41.
Fauzi, I., & Arisetyawan, A. (2020). Analisis Kesulitan Belajar Siswa pada Materi Geometri Di Sekolah Dasar. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 11(1), 27–35. https://doi.org/10.15294/kreano.v11i1.20726
Fitriani, C., Ar, M., & Usman, N. (2017). Kompetensi Profesional Guru dalam Pengelolaan Pembelajaran di Mts Muhammadiyah Banda Aceh. Pascasarjana Universitas Syiah Kuala, 8(2), 88–95.
Gunawan, Murtalib, & Sowanto. (2022). EFEKTIFITAS MODEL BLENDED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMP. SUPERMAT Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 173–186.
Husadaningsih, Pangestuti Prima Darajat, T. (2019). Analisis Kesulitan Guru Matematika SMP dan MTS di Kabupaten Malang Menggunakan Pendekatan Saintifik. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 8(3). https://doi.org/10.24127/ajpm.v8i3.2465
Jaliah, Fitria, H., & Martha, A. (2020). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Manajemen Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru. In Journal of Education Research (Vol. 1, Issue 2).
Jamzarizal. (2022). Pengaruh Perencanaan, Pengorganisasian dan Pengawasan terhadap Kepemimpinan Kepala Sekolah (Literature Review Manajemen Pendidikan). JPMIS Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(1), 479–458.
Lubis, Z. (2022). Upaya Pengawas Sekolah untuk Meningkatkan Kinerja Kepala Sekolah dalam Pengelolaan Administrasi Sekolah Melalui Supervisi Manajerial di 3 SMA Binaan Kota Medan Tahun Pelajaran 2021/2022. Jurnal Edukasi Nonformal, 3(2), 154–166.
Marce, S., Ahmad, S., Eddy, S., Negeri, S., & PGRI Palembang, U. (2020). Manajemen Kepemimpinan Kepala Sekolah Sebagai Administrator Dalam Peningkatan Kompetensi Guru. DAWUH Islamic Education Jurnal , 1(2), 76–81.
Mulawarman, W. G., & Srihandari, A. P. (2021). Manajemen Kepemimpinan Kepala Sekolah Perempuan: Analisis Model CIPP. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 7(1), 1. https://doi.org/10.37905/aksara.7.1.1-14.2021
Nurhayati, N., Mukti, A., Wesnedi, C., Munawar, S., & Maisah, M. (2022). Kinerja Kepala Sekolah, Disiplin Kerja Guru dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Jurnall Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(2). https://doi.org/10.38035/jmpis.v3i2
Putri, N. H., & Wibowo, U. B. (2018). The Influence of The Principals’ Performances on The Success of School-Based Management Through Community Performance at Junior Secondary Schools. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 6(1), 45–59. http://journal.uny.ac.id/index.php/jamp
Rahman, A. A., & Yunita, A. (2018). Penerapan Model Pembelajaran PACE untuk Meningkatkan Kemampuan Pembuktian Matematika Siswa di Kelas Vii Smp Materi Geometri. MAJU, 5(1), 2579–4647.
Sanglah, N. (2021). Peningkatan Kinerja Guru Melalui Supervisi Kepala Sekolah pada Sekolah Dasar. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 4(3), 528–534. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JP2/index
Sobarningsih, N., Sugilar, H., & Nurdiansyah, R. (2019). Analisis Implementasi Standar Proses Pembelajaran Guru Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 67–84.
Tambunan, H. (2020). Kinerja guru matematika SMP dalam membangun minat dan motivasi belajar siswa. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 7(1), 108–117. https://doi.org/10.21831/jrpm.v7i1.19384
Taufik B.K, M. (2019). Pengaruh Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru. Jurnal Wahana KaryaIlmiah_Pascasarjana (S2) PAI Unsika, 3(2), 465–479.
Yonata, H., Wijoyo, H., & Sunarsi, D. (2020). Pengaruh Disiplin dan Iklim Kerja terhadap Kinerja Kepala Sekolah pada Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah Cipulir, Jakarta Selatan. Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS), 3(2), 594–600. https://doi.org/10.34007/jehss.v3i2.368
Zahriani Jf, N., Ainun Mukhrimah, N., Ayu Lestari, P., & Utami, K. (2022). Supervisi dalam Pendidikan (Kajian Kinerja Kepala Sekolah dan Pengawas Sekolah). Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 1–9.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Nurhayati Nurhayati, Khoiruddin Matondang
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.