RESPON SISWA TERHADAP E-MODUL PENGAYAAN BIOLOGI TERINTEGRASI NILAI-NILAI IMTAQ PADA MATERI SISTEM EKSKRESI

Penulis

  • Ghina Salsabila Fajri Universitas Islam Riau, Pekanbaru
  • Siti Robiah Universitas Islam Riau, Pekanbaru

DOI:

https://doi.org/10.47662/pedagogi.v9i1.612

Kata Kunci:

Respon Siswa, E-modul, Integrasi Nilai-nilai Imtaq

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui respon siswa terhadap E-modul Pengayaan Biologi Terintegrasi
Nilai-nilai Imtaq Pada Materi Sistem Ekskresi yang telah dikembangkan. Penelitian ini merupakan
penelitian dan pengembangan (R&D) dengan menggunakan model ADDIE, namun peneliti hanya sampai
pada tahap Development (pengembangan). Teknik pengambilan sampel dilakukan secara purposive
sampling dengan jumlah sampel 60 siswa dari tiga sekolah. Respon siswa diperoleh melalui uji coba
terbatas berupa angket yang disebar di SMA PGRI, SMA Al-Azhar Syifa Budi II, dan SMA IT Fadhilah
Pekanbaru. Data dikumpulkan melalui observasi, dokumentasi, dan angket. Hasil uji coba terbatas
mengenai respon siswa terhadap E-modul mendapatkan nilai persentase sebesar 93,04% dari tiga sekolah.
Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa E-modul Pengayaan Biologi Terintegrasi Nilai-nilai
Imtaq memiliki respon yang sangat baik dari siswa sehingga E-modul dapat digunakan didalam proses
pembelajaran. Dengan demikian E-modul yang telah dikembangkan dan telah mendapatkan tanggapan dari
siswa, dapat dilanjutkan ke tahap uji coba skala luas.

Referensi

Akbar, S. (2017). Instrumen Perangkat Pembelajaran ( anwar Holid (ed.)). PT Remaja Rosdakarya.

Arsal, M., Danial, M., & Hala, Y. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran E-Modul Materi Sistem Peredaran Darah pada Kelas XI MIPA SMAN 6 Barru. Prosiding Seminar Nasional Biologi VI Harmonisasi Pembelajaran Biologi Pada Era Revolusi 4.0, 434–442.

Asyrofi, M., & Junaedi, I. (2016). Kemampuan Representasi Matematis ditinjau dari Multiple Intellingence pada Pembelajaran Hybrid Learning Berbasis Konstruktivisme. Journal of Mathematics Education Research, 5(1), 32–39.

Dewi, A. M., Widyanto, A., & Ahadi, R. (2022). Respon Siswa Terhadap Media Pembelajaran lembar Kerja Peserta Didik Elektronik Pada Materi Sistem Pernapasan di SMA 7 Banda Aceh. Jurnal Ar-Raniry, 10(2), 89–95.

Karlina, D. M., Tenri Pada*, A. U., Khairil, K., Artika, W., & Abdullah, A. (2021). Efektivitas Modul Elektronik Berbasis Web Dipadu Problem Based Learning Terhadap Motivasi Belajar pada Materi Pencemaran Lingkungan. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 9(1), 139–150. https://doi.org/10.24815/jpsi.v9i1.18135

Kismiati, D. A. (2020). Pengembangan e-Modul Pengayaan Isolasi dan Karakterisasi Bakteri sebagai Sumber Belajar Biologi. Jurnal Bioeducation, 7(2), 29–36. http://openjurnal.unmuhpnk.ac.id/index.php/bioed/article/view/2054

Masoud-ul-hassan, S., Azhar, T., Hassan, T., & Lecturer, V. (2014). Using Social Media to Maximize Students ’ LearningOutcomes. Journal of Education and Practice, 5(23), 157–160.

Mellisa, M., Chairun Nissa, & Saputri, D. (2023). Developing a video-animated learning media of the human skeletal system using Powtoon. Research and Development in Education (RaDEn), 3(1), 1–15. https://doi.org/10.22219/raden.v3i1.23315

Nini, N. viktoria. (2019). RESPON SISWA TERHADAP MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS FLASH PADA MATERI SEL KELAS XI DI SMAN 1 SANDAI KABUPATEN KETAPANG. Universitas Muhammadiyah Pontianak.

Robiah s, et al. (2017). Pengembangan Media Power Point Terintegrasi Imtaq pada Materi Sistem Reproduksi. Prosiding Seminar Teknologi Informasi, Komukasi, Dan Industri (SNTIKI) 9 Fakultas Sains Dan Teknologi, UIN Sultan Syarif Kasim Riau, 6, 682–689.

Sisdiana, E. (2019). Evaluasi Pelaksanaan Pembelajaran Kurikulum 2013. Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan, 2013(Mi), 1–23.

Siti Nurjannah Iswandari, Jimmi Copriady*, Asmadi M Noer, S. W. A. (2020). Pengembangan E-Modul Berbasis Moodle Pada Materi Hidrokarbon Development of E-Modul Based on Moodle in Hydrocarbon Topic. Edusains, 12(1), 81–88.

Soesilo, A., & Munthe, A. P. (2020). Pengembangan Buku Teks Matematika Kelas 8 Dengan Model ADDIE. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(3), 231–243. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i3.p231-243

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta CV.

Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Pendidikan (A. Nuryanto (ed.); ke-3). Alfabeta.

Unduhan

Diterbitkan

2023-01-21

Cara Mengutip

Fajri, G. S., & Robiah, S. . (2023). RESPON SISWA TERHADAP E-MODUL PENGAYAAN BIOLOGI TERINTEGRASI NILAI-NILAI IMTAQ PADA MATERI SISTEM EKSKRESI. Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 9(1), 49–56. https://doi.org/10.47662/pedagogi.v9i1.612

Terbitan

Bagian

Artikel