PERBANDINGAN KEMAMPUAN MENGENAL BILANGAN PADA ANAK USIA DINI MENGGUNAKAN MEDIA SAKU BILANGAN DI KABUPATEN SERDANG BEDAGAI
DOI:
https://doi.org/10.47662/pedagogi.v8i2.620Kata Kunci:
Media pembelajaran saku bilanganAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi: 1) Kemampuan mengenal bilangan pada anak usia dini di TK Nurul Huda. Kabupaten Serdang Bedagai. 2) Kemampuan mengenal bilangan pada anak usia dini di Raudhatul Athfal Bina Anaprasa, Kabupaten Serdang Bedagai. 3) Perbandingan kemampuan mengenal bilangan pada anak usia dini di Kabupaten Serdang Bedagai. Metode yang digunakan dalam penelitian Eksperiment semu (Quasi Experimental). Desain penelitian menggunakan Solomon Two-Group yang digunakan untuk mengukur kemampuan siswa dalam mengenal bilangan. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Kemampuan mengenal bilangan pada anak usia dini di TK Nurul Huda. Kabupaten Serdang Bedagai berada pada kategori sedang dilihat dari nilai Gain kemampuan siswa sebesar 24,78, 2) Kemampuan mengenal bilangan pada anak usia dini di Raudhatul Athfal Bina Anaprasa, Kabupaten Serdang Bedagai berada pada kategori sedang dilihat dari nilai Gain kemampuan siswa sebesar 25,11. 3) Perbandingan kemampuan mengenal bilangan pada anak usia dini di Kabupaten Serdang Bedagai tidak terbukti berdasarkan hasil analisis diperoleh tabel > hitung atau 2,04 > 1,64 sehingga Ho ditolak artinya tidak terdapat perbedaan kemampuan kemampuan mengenal bilangan pada anak usia dini di Kabupaten Serdang Bedagai.
Referensi
Kemdikbud. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia. 3, 1–42.
Kementrian Pendidikan Nasional RI. (2007). PERATURAN MENTERI PENDIDIKAN NASIONAL. 41, 1–11.
Kementrian Pendidikan Nasional RI. (2014). Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini No 137 Tahun 2014. Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia, 1–76. https://portaldik.id/assets/upload/peraturan/PERMEN KEMENDIKBUD Nomor 137 Tahun 2014 STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN ANAK USIA DINI.pdf
Matondang, A. R., Nasution, F. S., & Setiawati, N. A. (2021). Asesmen Kompetensi Minimum Merdeka Belajar ditinjau dari Persfektif Guru Sekolah Dasar. Mahesa Research Center, 1(1), 159–165. https://doi.org/10.34007/ppd.v1i1.185
Supriati, T., & Ismiatun, A. N. (2021). Pengenalan Konsep Bilangan Pada Anak Usia Dini Usia 5-6 Tahun Melalui Pembelajaran Online Pada Masa Pandemi Covid-19. … Energik Responsif Inovatif …, 4(5), 601–605. https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/ceria/article/view/8664
Ulum, I. (2014). Peningkatan Pemahaman Konsep Bilangan Melalui Permainan Memancing Angka Pada Anak Kelompok A Di RA Masyithoh Kalisoka Triwidadi Pajangan Bantul.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Ade Rahman Matondang, Alfira Damayanti, Sintia Ayu Widiartika, Afnita Handayani, Hanifah Syahputri

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.