PERBANDINGAN KEMAMPUAN MENGENAL BILANGAN PADA ANAK USIA DINI MENGGUNAKAN MEDIA SAKU BILANGAN DI KABUPATEN SERDANG BEDAGAI

Penulis

  • Ade Rahman Matondang Dosen PIAUD, Fakultas Agama Islam, Universitas Al Washliyah Medan
  • Alfira Damayanti Fakultas Agama Islam, Universitas Al Washliyah Medan
  • Sintia Ayu Widiartika Fakultas Agama Islam, Universitas Al Washliyah Medan
  • Afnita Handayani Fakultas Agama Islam, Universitas Al Washliyah Medan
  • Hanifah Syahputri Fakultas Agama Islam, Universitas Al Washliyah Medan

DOI:

https://doi.org/10.47662/pedagogi.v8i2.620

Kata Kunci:

Media pembelajaran saku bilangan

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi: 1) Kemampuan mengenal bilangan pada anak usia dini di TK Nurul Huda. Kabupaten Serdang Bedagai. 2) Kemampuan mengenal bilangan pada anak usia dini di Raudhatul Athfal Bina Anaprasa, Kabupaten Serdang Bedagai. 3) Perbandingan kemampuan mengenal bilangan pada anak usia dini di Kabupaten Serdang Bedagai. Metode yang digunakan dalam penelitian Eksperiment semu (Quasi Experimental). Desain penelitian menggunakan Solomon Two-Group yang digunakan untuk mengukur kemampuan siswa dalam mengenal bilangan. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Kemampuan mengenal bilangan pada anak usia dini di TK Nurul Huda. Kabupaten Serdang Bedagai berada pada kategori sedang dilihat dari nilai Gain kemampuan siswa sebesar 24,78, 2) Kemampuan mengenal bilangan pada anak usia dini di Raudhatul Athfal Bina Anaprasa, Kabupaten Serdang Bedagai berada pada kategori sedang dilihat dari nilai Gain kemampuan siswa sebesar 25,11. 3) Perbandingan kemampuan mengenal bilangan pada anak usia dini di Kabupaten Serdang Bedagai tidak terbukti berdasarkan hasil analisis diperoleh tabel > hitung atau 2,04 > 1,64 sehingga Ho ditolak artinya tidak terdapat perbedaan kemampuan kemampuan mengenal bilangan pada anak usia dini di Kabupaten Serdang Bedagai.

Referensi

Kemdikbud. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia. 3, 1–42.

Kementrian Pendidikan Nasional RI. (2007). PERATURAN MENTERI PENDIDIKAN NASIONAL. 41, 1–11.

Kementrian Pendidikan Nasional RI. (2014). Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini No 137 Tahun 2014. Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia, 1–76. https://portaldik.id/assets/upload/peraturan/PERMEN KEMENDIKBUD Nomor 137 Tahun 2014 STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN ANAK USIA DINI.pdf

Matondang, A. R., Nasution, F. S., & Setiawati, N. A. (2021). Asesmen Kompetensi Minimum Merdeka Belajar ditinjau dari Persfektif Guru Sekolah Dasar. Mahesa Research Center, 1(1), 159–165. https://doi.org/10.34007/ppd.v1i1.185

Supriati, T., & Ismiatun, A. N. (2021). Pengenalan Konsep Bilangan Pada Anak Usia Dini Usia 5-6 Tahun Melalui Pembelajaran Online Pada Masa Pandemi Covid-19. … Energik Responsif Inovatif …, 4(5), 601–605. https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/ceria/article/view/8664

Ulum, I. (2014). Peningkatan Pemahaman Konsep Bilangan Melalui Permainan Memancing Angka Pada Anak Kelompok A Di RA Masyithoh Kalisoka Triwidadi Pajangan Bantul.

Unduhan

Diterbitkan

2022-07-27

Cara Mengutip

Matondang, A. R. ., Damayanti, A. ., Widiartika, S. A. ., Handayani, A. ., & Syahputri, H. . (2022). PERBANDINGAN KEMAMPUAN MENGENAL BILANGAN PADA ANAK USIA DINI MENGGUNAKAN MEDIA SAKU BILANGAN DI KABUPATEN SERDANG BEDAGAI. Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 8(2), 180–185. https://doi.org/10.47662/pedagogi.v8i2.620

Terbitan

Bagian

Artikel