ANTARA HARAPAN DAN KENYATAAN: KONDISI PEMBELAJARAN IDEAL DAN FAKTUAL PADA ANAK USIA DINI

Penulis

  • Nuritsa Istiqomah Abdillah Universitas Pendidikan Indonesia
  • Laura Sayidina Universitas Pendidikan Indonesia
  • Nuraly Ma'sum Aprily Universitas Pendidikan Indonesia
  • Mita Maulida Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.47662/pedagogi.v10i1.642

Kata Kunci:

Pembelajaran, Ideal, Faktual, Anak Usia Dini

Abstrak

Artikel ini membahas peran penting Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dalam membentuk fondasi perkembangan manusia. Tujuan PAUD mencakup aspek spiritual, fisik, dan kognitif anak. Meskipun memiliki peran sentral, realitas PAUD seringkali tidak sesuai dengan harapan ideal, dipengaruhi oleh faktor seperti keterbatasan sumber daya, kurangnya pelatihan pendidik, dan disparitas sosial ekonomi. Artikel ini mengidentifikasi permasalahan utama, seperti kondisi pembelajaran ideal, faktor-faktor yang memengaruhi pembelajaran, perbedaan antara realitas dan harapan ideal, serta peran pendidik dalam mengatasi tantangan. Melalui studi literatur dengan pendekatan kualitatif, artikel ini menyoroti bahwa pembelajaran ideal untuk anak usia dini seharusnya berfokus pada pendekatan bermain. Bermain dianggap sebagai metode efektif dalam memfasilitasi perkembangan anak. Namun, realitas pembelajaran sering kali tidak mencerminkan hal ini, dengan kurangnya pemanfaatan media pembelajaran dan kreativitas guru. Selain itu, faktor-faktor seperti kualifikasi pendidik, kurikulum, sumber daya, dan dukungan orang tua juga memengaruhi pembelajaran ideal. Kesenjangan antara harapan dan realitas memerlukan upaya serius, termasuk pelatihan pendidik, perbaikan manajemen pendidikan, dan keterlibatan orang tua. Dalam mengatasi perbedaan ini, peran pendidik menjadi krusial. Mereka perlu terus meningkatkan pengetahuan dan keterampilan, menjadi pendukung perbaikan sistem pendidikan, dan berkolaborasi dengan orang tua dan masyarakat. Kesimpulannya, artikel ini menyoroti perlunya perbaikan sistem PAUD untuk menciptakan lingkungan pembelajaran yang ideal, memberikan kontribusi positif terhadap perkembangan anak usia dini, dan memastikan akses pendidikan yang setara untuk semua anak.

Referensi

Abdussamad, Z. (2021). Metode Penelitian Kualitatif.

Angginia, I. T., Riana, A. C., Suryanic, D., & Wulandari, R. (2022). PENGELOLAAN KURIKULUM DAN PEMBELAJARAN. Jurnal Multidisipliner KAPALAMADA, 1(3).

Atika, A. N., & Rasyid, H. (2018). Dampak Status Sosial Ekonomi Orang Tua Terhadap Keterampilan Sosial Anak. Pedagogia : Jurnal Pendidikan, 7(2), 111–120. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v7i2.1601

B.Hamzah, Umar, M. K., & Panjaitan, Keysar, U. (2014). Variabel penelitian dalam pendidikan dan pembelajaran (Vol. 12, Issue June, p. 151). http://repository.ung.ac.id/get/karyailmiah/1037/BUKU-VARIABEL-PENELITIAN-DALAM-PENDIDIKAN-DAN-PEMBELAJARAN.pdf

Dilena, H. (2022). Penerapan Metode Belajar Sambil Bermain Guna Memenuhi Kebutuhan Pengembangan Diri Anak. ABDISOSHUM: Jurnal Pengabdian Masyarakat Bidang Sosial Dan Humaniora, 1(1), 30–35. https://doi.org/10.55123/abdisoshum.v1i1.487

Elan, E., & Sianturi, R. (2022). Pengelolaan Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Fitri, S. F. N. (2021). Problematika Kualitas Pendidikan di Indonesia. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1).

Hayati, S. N., & Putro, K. Z. (2017). Bermain dan Permainan Anak Usia Dini. Itqan, 7(1), 1–187.

Hidayatulloh, M. A. (2014). Lingkungan Menyenangkan dalam Pendidikan Anak Usia Dini: Pemikiran Montessori. Nadwa: Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 139–154. https://doi.org/10.21580/nw.2014.8.1.574

Indiarto, T. B. (n.d.). Peran dan Tantangan Tenaga Pendidik dalam Pembelajaran di Era Digital. Proceedings Series of Educational Studies.

Iskandar, B. (2021). Bermain Sambil Belajar: Konsepsi Guru dalam Mengelola Permainan Anak Usia Dini di PAUD. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 6(3), 461–466. https://doi.org/10.29303/jipp.v6i3.242

Khotimah, S. ., & Risan, R. (2019). Pengaruh Penggunaan Alat Peraga Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Materi Bangun Ruang. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 3(1), 48. https://doi.org/10.23887/jppp.v3i1.17108

Kurniawati, F. N. A. (2022). MENINJAU PERMASALAHAN RENDAHNYA KUALITAS PENDIDIKAN DI INDONESIA DAN SOLUSI. Academy of Education Journal, 13(1).

Marzuki, & Khanifah, S. (2016). PENDIDIKAN IDEAL PERSPEKTIF TAGORE DAN KI HAJAR DEWANTARA DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER PESERTA DIDIK. Jurnal Civics, 13(2).

Nurhuda, H. (n.d.). Faktor Dan Solusi Yang Ditawarkan National Education Problems ; Factors and Solutions. 127–137.

Priyanto, A. (2014). Pengembangan Kreativitas Pada Anak Usia Dini Melalui Aktivitas Bermain. Jurnal Ilmiah Guru Caraka Olah Pikir Edukatif, 0(2), 41–47.

Saipudin, A. (2013). PROBLEMATIKA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DI INDONESIA Asep Saepudin (Mahasiswa S 3 PAUD UNJ-Angkatan 2010). Cakrawala Dini - Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 1–15. http://ejournal.upi.edu/index.php/cakrawaladini/article/view/10371/6425

Sum, T. A., & Taran, E. G. M. (2020). Kompetensi Pedagogik Guru PAUD dalam Perencanaan dan Pelaksanaan Pembelajaran. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 543. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.287

Suripatty, P. J. P., Nadiroh, N., & Nurani, Y. (2019). Peningkatan Kecerdasan Logika Matematika melalui Permainan Bingo. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 100. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.282

Suryani, L., Handayani, D. H., Yuliana, N., Susanti, A., Utami, R., Naif, M. M., Fatchurrohmah, L. M., Purwanti, E.,

Tanjung, D. P., Bekasi, K., Masyarakat, P. K., & Dini, A. U. (2023). Pelatihan dan Pendampingan Pembelajaran yang Bermakna Melalui Bermain Bagi Anak Usia Dini di Kecamatan Cikarang Timur Kabupaten Bekasi. Community Development Journal, 4(2), 1614–1624.

Suyono, A. (2016). Pengaruh Latar Belakang Sosial Ekonomi Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Yang Dimediasi Oleh Fasilitas Belajar. Journal of Accounting and Business Education, 1(2). https://doi.org/10.26675/jabe.v1i2.6014

Takunas, M. (2019). 済無No Title No Title No Title. 01, 1–23.

Wiwik, P. (2017). Konsep Bermain Pada Anak Usia Dini. Manajemen Pendidikan Islam, 5, 106–117.

Zaini, H., & Dewi, K. (2017). Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 81–96. https://doi.org/10.19109/ra.v1i1.1489

ZUBAEDI, E., & KARTIKOWATI. (2017). POLA 9 PILAR KARAKTER PADA ANAK USIA DINI. In Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952. (Vol. 6, Issue November).

Unduhan

Diterbitkan

2023-01-05

Cara Mengutip

Abdillah, N. I. ., Sayidina, L. ., Aprily, N. M. ., & Maulida, M. . (2023). ANTARA HARAPAN DAN KENYATAAN: KONDISI PEMBELAJARAN IDEAL DAN FAKTUAL PADA ANAK USIA DINI. Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 10(1), 12–18. https://doi.org/10.47662/pedagogi.v10i1.642

Terbitan

Bagian

Artikel