INTEGRASI KEARIFAN LOKAL “TRI HITA KARANA” DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS

Penulis

  • Sofia Idawati Lubis Universitas Alwashliyah Medan
  • I Made Sutajaya Universitas Pendidikan Ganesha, Bali
  • I Wayan Suja Universitas Pendidikan Ganesha, Bali

DOI:

https://doi.org/10.47662/pedagogi.v10i1.645

Kata Kunci:

pendidikan karakter, kearifan lokal, Tri Hita Karana

Abstrak

Tujuan artikel ini adalah untuk membahas Tri Hita Karana (THK), dan signifikansinya dalam konteks kelas bahasa Inggris sebagai bahasa asing. Penelitian mengenai topik ini sangat penting karena THK semakin dipertimbangkan untuk meningkatkan pendidikan, khususnya di kelas Bahasa Inggris. Data primer diperoleh melalui artikel jurnal. Artikel berasal dari artikel penelitian yang dapat diunduh secara gratis di jurnal ilmiah yang membahas THK dan prinsip-prinsipnya dalam konteks kelas Bahasa Inggris. Google Scholar, Connected Papers dan Publish or Perish (PoP) digunakan dalam mencari artikel jurnal tersebut. Kata kunci artikelnya adalah Tri Hita Karana, nilai, materi pembelajaran, dan EFL, Artikel yang diakses adalah artikel yang diterbitkan tahun 2019 sampai 2023. Istilah karakter, kearifan local. dan THK didefinisikan, membahas nilai-nilai pendidikannya dalam lingkungan pendidikan, meninjau penelitian sebelumnya tentang nilai-nilai pendidikan THK, dan menawarkan saran untuk meningkatkan integrasi berbagai disiplin ilmu THK dalam lingkungan pendidikan, khususnya untuk bahasa Inggris sebagai Bahasa Asing (EFL). Berdasarkan studi literatur, THK merupakan indikator penting dalam dunia pendidikan khususnya dalam kelas bahasa Inggris untuk menumbuhkan nilai-nilai karakter, menimgkatkan kemampuan berbicara siswa, dan meningkatkan motivasi siswa. Hal tersebut dapat dilakukan dengan mengintegrasikan nilai-nilai THK dengan pengembangan media pembelajaran berbasis THK dan memasukkannya ke dalam pengajaran di kelas. .

Referensi

Agboola, A., & Chen, K. (2012). Bring Character Education into Classroom. European Journal of Educational Research, 1(2), 163–170. https://doi.org/10.12973/eu-jer.1.2.163

Borualogo, I. S., & Casas, F. (2021). The relationship between frequent bullying and subjective well-being in indonesian children. Population Review, 60(1), 26–50. https://doi.org/10.1353/prv.2021.0002

Curren, R. (2017). Why character education? Impact, 2017(24), 1–44. https://doi.org/10.1111/2048-416x.2017.12004.x

Dwiputra, D. F. K., & Sundawa, D. (2023). Analysis of Potentials and Challenges of Culture-based Learning in Indonesia : A Systematic Literature Review. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 9(1), 213. https://doi.org/10.33394/jk.v9i1.6556

Gusti Ayu Purnamawati, I., Utama, M. S., Wayan Suartana, I., & Ngurah Marhaeni, A. A. I. (2020). Women’s entrepreneurship and local wisdom: The role of sustainable subjective wellbeing. Management Science Letters, 10(16), 3879–3890. https://doi.org/10.5267/j.msl.2020.7.023

Handayani, N, D., & Padmadewi, N, N. (2020). Enhancing Speaking Skill and Character Education through Tri Hita Karana-Based Balinese Folkslore (Issue December 2020).

Ma’rufah, N., Rahmat, H. K., & Widana, I. D. K. K. (2020). Degradasi Moral Sebagai Dampak Kejahatan Siber Pada Generasi Millenial di Indonesia. Nusantara: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 7(1), 191–201.

Muhamad Jawir Ripa’i, Yogi Nugraha, & Aris Riswandi Sanusi. (2020). Upaya yang dilakukan oleh guru PPKn dalam menanggulangi tawuran pelajar di SMK Bina Karya 1 Kabupaten Karawang. CIVICS: Jurnal Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 5(1), 77–81. https://doi.org/10.36805/civics.v5i1.1330

Noboru, T., Amalia, E., Hernandez, P. M. R., Nurbaiti, L., Affarah, W. S., Nonaka, D., Takeuchi, R., Kadriyan, H., & Kobayashi, J. (2021). School-based education to prevent bullying in high schools in Indonesia. Pediatrics International, 63(4), 459–468. https://doi.org/10.1111/ped.14475

Rachmadtullah, R., Yustitia, V., Setiawan, B., Fanny, A. M., Pramulia, P., Susiloningsih, W., Rosidah, C. T., Prastyo, D., & Ardhian, T. (2020). The challenge of elementary school teachers to encounter superior generation in the 4.0 industrial revolution: Study literature. International Journal of Scientific and Technology Research, 9(4), 1879–1882.

Ratminingsih, N. M., Budasi, I. G., & Kurnia, W. D. A. (2020). Local culture-based storybook and its effect on reading competence. International Journal of Instruction, 13(2), 253–268. https://doi.org/10.29333/iji.2020.13218a

Romadhon, Y. S., Istiyanti, S., & Daryanto, J. (2015). Peningkatan keterampilan menulis narasi melalui media buku cerita bergambar. Jurnal Didaktika Dwija Indria, 3(3), 36–40.

Rukmana, G. W., Putrayasa, I. B., & Sanjaya, D. B. (2023). Buku Cerita Anak Dwibahasa Bermuatan Tri Hita Karana Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Bahasa Inggris Pada Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 7(2), 316–325. https://doi.org/10.23887/jipp.v7i2.61595

Solihin, S., & Sumawidari, I. A. K. (2021). Tri Hita Karana Implementation in Accommodation Management (The Case of Traditional Balinese Homestays in Ubud). International Journal of Glocal Tourism, 2(3), 146–159. https://doi.org/10.58982/injogt.v2i3.70

Sumiati, N. K., & Tirtayani, L. A. (2021). Pemanfaatan Buku Cerita Bergambar Digital Berbasis Audio Visual terhadap Stimulasi Kemampuan Empati Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(2), 220. https://doi.org/10.23887/paud.v9i2.35514

Susilo, M. J., Dewantoro, M. H., & Yuningsih, Y. (2022). Character education trend in Indonesia. Journal of Education and Learning (EduLearn), 16(2), 180–188. https://doi.org/10.11591/edulearn.v16i2.20411

Syafitri, R., & Tursina, P. (2019). Investigating Efl Learners’ Morals Toward Character Education At Stkip Muhammadiyah Aceh Barat Daya. Englisia Journal, 7(1), 69–81. https://doi.org/10.22373/ej.v7i1.5201

Yeni et al. (2020). Pengaruh Buku Cerita Bergambar terhadap Pengetahuan Manajemen Bencana Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 772. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.705

Unduhan

Diterbitkan

2024-01-26

Cara Mengutip

Lubis, S. I., Sutajaya, I. M. ., & Suja, I. W. . (2024). INTEGRASI KEARIFAN LOKAL “TRI HITA KARANA” DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS. Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 10(1), 44–49. https://doi.org/10.47662/pedagogi.v10i1.645

Terbitan

Bagian

Artikel