MOTIVASI PEMBELAJARAN SEBAGAI PENGUATAN KARAKTER PELAJAR PANCASILA

Penulis

  • Lailan Syafira Putri Lubis Universitas Alwashliyah Medan
  • Dewi Saragih Universitas Al Washliyah, Medan
  • Reza Surya Maulana Universitas Alwashliyah Medan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.47662/pedagogi.v10i1.654

Kata Kunci:

Motivasi_Pembelajaran, Penguatan_Karakter_Pancasila

Abstrak

Penelitian ini menyelidiki peran motivasi pembelajaran dalam memperkuat karakter siswa Pancasila. Penelitian ini menggunakan metode studi pustaka, yang melibatkan pengumpulan dan analisis literatur yang berkaitan dengan topik penelitian. Data dikumpulkan melalui pencarian literatur dari berbagai sumber, termasuk buku referensi, artikel jurnal ilmiah, tesis, dan sumber lain yang berkaitan dengan pendidikan. Hasil analisis literatur menunjukkan bahwa, terutama dalam hal perkembangan pribadi dan sosial siswa, motivasi pembelajaran yang tepat menjadi pendorong diri untuk membentuk karakter mereka. Berbagai teori dan konsep psikologi, seperti teori motivasi, perkembangan moral, dan psikologi pendidikan, digunakan sebagai landasan teoritis untuk menjelaskan hubungan antara motivasi pembelajaran dan karakter siswa Pancasila. Hasil penelitian ini memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang cara motivasi pembelajaran dapat digunakan untuk memperkuat karakter siswa Pancasila sebagai upaya guru dalam meningkatkan dan mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila dalam Pendidikan formal.

Referensi

Aiman, G., Arifi, A., & Maryono, M. (2022). Perspektif Humanistik Abraham Maslow untuk Menumbuhkan Karakter Siswa di Sekolah Menengah Atas. Scaffolding: Jurnal Pendidikan Islam dan Multikulturalisme, 4(3), 349-358.

Amalia, A. (2019). Aplikasi Teori Kebutuhan Maslow dalam Pembelajaran Bahasa Arab (Implementasi Pendekatan Humanistik). Edulab: Majalah Ilmiah Laboratorium Pendidikan, 4(2).

Ardiansyah, A., Sarinah, S., Susilawati, S., & Juanda, J. (2022). Kajian Psikoanalisis Sigmund Freud. Jurnal Kependidikan, 7(1), 25-31.

Dinata, F. R. (2020). Pembelajaran Humanistik Dalam Mendorong Pengembangan Afeksi. Al-I'tibar: Jurnal Pendidikan Islam, 7(1), 48-57.

Faqih, M., & Mujiburrahman, M. (2018). Model Kepribadian Berkarakter dalam Quran dan Implikasinya Bagi Pendidikan Karakter Anak di Sekolah. Jurnal Paedagogy, 5(1).

Irawati, D., Iqbal, A. M., Hasanah, A., & Arifin, B. S. (2022). Profil pelajar Pancasila sebagai upaya mewujudkan karakter bangsa. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 1224-1238.

Indriyani, N. (2022). Konsep Pendidikan Merdeka Belajar Dalam Pandangan Filsafat Humanisme. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(2), 668-682.

Istati, D. (2019). Membentuk karakter bangsa sejak usia dini. JKKP (Jurnal Kesejahteraan Keluarga dan Pendidikan), 6(01), 66-76.

Kriswati, M., Patmisari, P., & Hidayat, S. (2023). Pengaruh Motivasi Belajar dan Parent Involvement terhadap Sikap Mandiri Siswa sebagai Profil Pelajar Pancasila. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(3), 1271-1280.

Kurdi, M. S. (2018). Evaluasi Implementasi Desain Pendidikan Karakter Berbasis Pendekatan Humanistik. Elementary: Jurnal Iilmiah Pendidikan Dasar, 4(2), 125-138.

Latif, N. S. (2020). Teori Belajar Behaviorisme. Jurnal Psikologi, March, 57.

Martanti, F., Widodo, J., Rusdarti, R., & Priyanto, A. S. (2022, September). Penguatan Profil Pelajar Pancasila Melalui Pembelajaran Diferensiasi Pada Mata Pelajaran IPS di Sekolah Penggerak. In Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (PROSNAMPAS) (Vol. 5, No. 1, pp. 412-417).

Mokalu, V. R., Panjaitan, J. K., Boiliu, N. I., & Rantung, D. A. (2022). Hubungan Teori Belajar dengan Teknologi Pendidikan. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 1475-1486.

Nurliana, N., & Ulya, M. (2021). Pendidikan anak perspektif psikologi. Al-Liqo: Jurnal Pendidikan Islam, 6(1), 56-67.

Nurlina, N., & Bahri, A. (2021). Teori belajar dan pembelajaran. Makassar: CV. Berkah Utami.

Pratiwi, I. (2021). Teori Behaviorisme Ivan Petrovich Pavlov Dan Implikasinya Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (Doctoral dissertation, IAIN Ponorogo).

Rachmawati, N., Marini, A., Nafiah, M., & Nurasiah, I. (2022). Projek penguatan profil pelajar pancasila dalam impelementasi kurikulum prototipe di sekolah penggerak jenjang sekolah dasar. Jurnal basicedu, 6(3), 3613-3625.

Rahman, A., Hayati, M., Rusmani, M. A., & Ilmi, D. (2023). Teori Belajar Humanistik dan Implikasinya Dalam Pembelajaran. ANTHOR: Education and Learning Journal, 2(3), 402-409.

Sauqy, A. (2019). Inovasi Belajar & Pembelajaran PAI (Inovatif dan Aplikatif). Surabaya. UM Surabaya Publishing.

Solichin, M. M. (2018). Teori belajar humanistik dan aplikasinya dalam pendidikan agama islam. Jurnal Islamuna, 5(1).

Soebagio, R. H. (2020, September). Analisis terhadap teori pembelajaran behaviorisme pada program pendidikan seksualitas komprehensif (CSE) dalam pandangan Islam. In Annual Conference on Islamic Education and Thought (ACIET) (Vol. 1, No. 1, pp. 26-47).

Sudrajat, A. (2011). Mengapa pendidikan karakter?. Jurnal Pendidikan Karakter, 1(1).

Sulaiman, S., & Neviyarni, S. (2021). Teori Belajar Menurut Aliran Psikologi Humanistik Serta Implikasinya Dalam Proses Belajar dan Pembelajaran. Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pembelajaran, 2(3), 220-234.

Sumadi, E. (2018). Anomali pendidikan karakter. Tarbawi: Jurnal Pendidikan Islam, 15(2).

Surawan, S. (2020). Dinamika Dalam Belajar (Sebuah Kajian Psikologi Pendidikan).

Syarifuddin, S. (2022). Teori Humanistik dan Aplikasinya Dalam Pembelajaran di Sekolah. Tajdid: Jurnal Pemikiran Keislaman dan Kemanusiaan, 6(1), 106-122.

Syawal, H., & Helaluddin, H. (2018). Psikoanalisis Sigmund Freud Dan Implikasinya Dalam Pendidikan. Banten. Uin Sultan Maulana Hasanuddin.

Tahmidaten, L., & Krismanto, W. (2020). Permasalahan budaya membaca di Indonesia (Studi pustaka tentang problematika & solusinya). Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 10(1), 22-33.

Tanti, H. S. D. (2023). Implementasi Program Pembiasaan Baik (PBB) Untuk Peningkatan Motivasi Belajar Melalui Supervisi Kolegial Di Sdn Sumberejo 03 Batu. Jurnal Pendidikan Taman Widya Humaniora, 2(2), 969-990.

Trisliana, N. (2023). Pendidikan Karakter. Jawa Timur. CV Selembar Karya Pustaka.

Zega, H. (2018). Konsep dan Teori Belajar Dalam Perspektif Psikologi Pendidikan. An-Nahdhah: Jurnal Pendidikan, Komunikasi dan Keagamaan, 1(2), 37-47.

Unduhan

Diterbitkan

2024-01-02

Cara Mengutip

Lubis, L. S. P. ., Saragih, D., & Maulana, R. S. (2024). MOTIVASI PEMBELAJARAN SEBAGAI PENGUATAN KARAKTER PELAJAR PANCASILA. Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 10(1), 1–11. https://doi.org/10.47662/pedagogi.v10i1.654

Terbitan

Bagian

Artikel