HABITUASI PENDIDIKAN KARAKTER PROFIL PELAJAR PANCASILA MELALUI LITERASI CERIA PADA GENERASI STRAWBERRY

Penulis

  • Sukma Adelina Ray Universitas Alwashliyah Medan
  • Wina Wulandari Universitas Alwashliyah Medan, Indonesia
  • Diah Kusyani Universitas Alwashliyah Medan, Indonesia
  • Lailan Syafira Putri Lubis Universitas Alwashliyah Medan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.47662/pedagogi.v10i1.657

Kata Kunci:

karakter profil Pancasila, literasi ceria

Abstrak

Pelajar Pancasila adalah perwujudan pelajar Indonesia sebagai pelajar sepanjang hayat yang memiliki kompetensi global dan berperilaku sesuai dengan nilai-nilai Pancasila. Jika generasi muda mempunyai karakter-karakter tersebut, tidak menutup kemungkinan dapat tercapainya keinginan bangsa Indonesia menjadi negara maju. Akan tetapi pada kenyataannya, generasi muda saat ini belum sepenuhnya mampu memenuhi komponen dari karakter ideal yang dibutuhkan dalam menopang kemajuan dan keberhasilan suatu bangsa di masa mendatang. Generasi muda kita dipresentasikan sebagai buah strawberry yang indah namun mudah rapuh dan hancur apabila dipijak. Penguatan pendidikan karakter di era sekarang merupakan hal yang penting untuk dilakukan mengingat banyaknya peristiwa yang menunjukkan terjadinya krisis moral baik di kalangan anak-anak dan remaja. Hal ini dapat ditanggulangi yaitu dengan cara generasi strawberry perlu memperbaharui literasi meraka dan peran pendidik untuk menciptakan situasi yang menyenangkan dalam pelajaran. Jenis metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan studi kepustakaan. Penelitian ini dilakukan sekolah di MTs Miftahussalam Medan. Analisis data dalam penelitian ini terdiri atas tahapan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, serta simpulan/verifikasi. Penelitian ini menunjukkan bahwa penanaman karakter profil Pancasila melalui literasi ceria merupakan salah satu solusi yang efektif dalam menguatkan dan membentuk karakter siswa dalam menghadapi era globalisasi dan jauh dari generasi strawberry. Hal ini terbukti berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan bahwa ada 5 profil karakter Pancasila yang terwujud di sekolah ini yaitu 1) beriman, bertaqwa kepada Tuhan dan berakhlak mulia; 2) mandiri; 3) kreatif; 4) bergotong royong; 5) berkebinekaan global.

Kata kunci: karakter profil Pancasila, literasi ceria

ABSTRACT

Pancasila students are the embodiment of Indonesian students as lifelong students who have global competence and behave in accordance with Pancasila values. If the younger generation has these characteristics, it does not rule out the possibility of achieving the desire of the Indonesian nation to become a developed country. But in reality, the current young generation is not fully able to fulfill the components of the ideal character needed in sustaining the progress and success of a nation in the future. Our younger generation is presented as a strawberry fruit that is beautiful but easily brittle and crumbles when stepped on. Strengthening character education in the current era is an important thing to do considering the many events that show the occurrence of moral crisis among both children and adolescents. This can be overcome by the way the strawberry generation needs to update their literacy and the role of educators to create pleasant situations in lessons. The type of method used in this study is descriptive qualitative. The data collection method is carried out through observation, interviews, and literature studies. This research was conducted by a school at MTs Miftahussalam Medan. Data analysis in this study consists of the stages of data collection, data reduction, data presentation, and conclusion/verification. This research shows that Pancasila profile character growers through cheerful literacy are one of the effective solutions in strengthening and shaping student character in facing the era of globalization and away from the strawberry generation. This is proven based on the results of research conducted that there are 5 Pancasila character profiles that are manifested in this school, namely 1) faith, devotion to God and noble character; 2) independent; 3) creative; 4) mutual cooperation; 5) Global diversity.

Keywords: Pancasila profile character, cheerful literacy

Referensi

Apriando, Fhilippo. (2021). “Pemuda Sebagai ‘Agent Of Change’ Halaman 1- Kompasiana.Com.” Retrieved April 10, 2022 (https://www. kompasiana.com/fhilippogirsang/6127663101019005f15e5c33/pemuda-sebagai-agent-of-change)

Bloom, B.S. (1979) Taxonomy Of Education objectives, The Classification Of Education Goals, Hand Book 1 : Cignitive Domain. Longman Inc.1979:7)

Faiz, A. dkk. (2022). Tinjauan Studi Pustaka Tahapan Domain Afektif untuk Mengukur Karakter Siswa. Jurnal Basicedu, 6(4), 5508–5515.

Febrianti, Erlina. (2020). “Pemuda Generasi Penerus, Garda Depan Perubahan Indonesia.”Retrieved April 10, 2022 (http://formadiksi.um.ac.id/pemuda-generasi-penerus-garda-depan-perubahan-indonesia/

Hermawan, Ade. (2011). Dongeng Sebagi Media Belajar. Tersedia di https://awanadec.wordpress.com/2018/11/13/dongeng-sebagai mediabelajar/

Insani, Lembaga Pengembangan. (2006). “Mendongeng, Membangun Karakter Anak Tercinta”. Tersedia: http://www.lpidd.net/artikel/dongeng/.

Kern, Richard (2000). Literacy & Language Teaching. Oxford University Press.

Kesali, Ronald. (2018). Strawberry Generation, mengubah generasi rapuh menjadi generasi tangguh. Mizan.

Lickona Thomas. (2013) Pendidikan Karakter Panduan Lengkap Mendidik Siswa Menjadi Pintar Dan Baik. Nusa Media.

Rusyanti, Hetty. (2013). Definisi Dongeng Menurut Ahli. Tersedia http://www.kajianteori.com/2018/11/pengertian-dongeng-definisidongeng-menurut ahli.

Suryadi, A. (2012). Outlook 2025 PembangunanPendidikan Indonesia: Menuju KualitasYang Berdaya Saing Secara Global (TheIndonesian Education Outlook 2025:Toward A Sustainable World ClassQuality Level). Jakarta: Badan PenelitianDan Pengembangan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Tou, Ridwan, Ervanus. (2020). “Generasi Muda Harapan Bangsa.” Retrieved April 10, 2022 (https://mediaindonesia.com/opini/356459/generasi-muda harapan-bangsa.

Unduhan

Diterbitkan

2024-01-26

Cara Mengutip

Ray, S. A. ., Wulandari, W. ., Kusyani, D. ., & Lubis, L. S. P. . (2024). HABITUASI PENDIDIKAN KARAKTER PROFIL PELAJAR PANCASILA MELALUI LITERASI CERIA PADA GENERASI STRAWBERRY. Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 10(1), 37–43. https://doi.org/10.47662/pedagogi.v10i1.657

Terbitan

Bagian

Artikel