PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK (PMR) TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA KELAS X
DOI:
https://doi.org/10.47662/pedagogi.v10i1.658Kata Kunci:
Model Pembelajaran Matematika Realistik (PMR), kemampuan penalaran matematisAbstrak
Kemampuan penalaran siswa di Indonesia masih tergolong rendah, berdasarkan laporan hasil study TIMSS (Trends International Mathematics and Science Study) pada tahun 2007 yang dilakukan di 59 negara termasuk Indonesia, menunjukkan bahwa kemampuan penalaran siswa di Indonesia mendapat skor 405 dari 500 skor rata-rata TIMSS. Untuk itu maka diperlukan penerapan model Pembelajaran Matematika Realistik (PMR). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) terhadap kemampuan penalaran matematis siswa kelas X-A MAS Al-Washliyah Gedung Johor Medan. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan bentuk one group pretest-posttest design, yang dilakukan di sekolah MAS Al-Washliyah Gedung Johor Medan. Dengan sampel yaitu kelas X-A MAS Al-Washliyah Gedung Johor Medan, dengan anggota sampel yaitu 32 siswa dengan menggunakan tes tertulis. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas dan uji-t (Paired Sampel T-Test) dengan bantuan SPSS 22. Hasil analisis data diperoleh kesimpulan terdapat pengaruh penerapan model Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) terhadap kemampuan penalaran matematis siswa kelas X MAS Al-Washliyah Gedung Johor Medan.
Kata kunci: Model Pembelajaran Matematika Realistik (PMR), Kemampuan Penalaran Matematis
Referensi
Afsari, S., Harahap, S. K., & Munthe, L. S. (2021). SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW: EFEKTIVITAS PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW: THE EFFECTIVENESS OF REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION APPROACH IN MATHEMATICS LEARNING. 1(3), 189–197.
Aminah, S., Henra, N., Tanjung, S., Bina, S., Meulaboh, B., Nasional, J., Peunaga, M.-T., Ujong, C., Meureubo, K., & Aceh, K. (2020). GENTA MULIA PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA SMA NEGERI 4 WIRA BANGSA KABUPATEN ACEH BARAT. XI(2).
Dinda, (, Putri, K., Logo, ), Penalaran, J. K., Ditinjau, M., Pemecahan, K., Dinda, M., Sulianto, J., Azizah, M., Kunci, K., Matematika, P., Penalaran, K., & Masalah, P. (2019). A R T I C L E I N F O. International Journal of Elementary Education, 3(3), 351–357. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/IJEE
Fajeriana, N., & Abd Kadir, M. A. (2023). Sistem Akuaponik Ikan Lele Dan Kangkung Dalam Ember Sebagai Solusi Kemandirian Pangan Di Masa Pandemi. Panrita Abdi-Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 7(2), 238–248. https://doi.org/10.29408/jel.v7i2.3744
Fajriyah, L., Nugraha, Y., Akbar, P., Bernard, M., Siliwangi, I., Terusan, J., Sudirman, J., Tengah, C., Cimahi, K., & Barat, J. (2022). PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SMP TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 58–60.
Halawati, F. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Matematika Realistik Berbasis Media Terhadap Kesulitan Belajar Siswa. Jurnal Edukasi Matematika dan Sains, 6(1), 23. https://doi.org/10.25273/jems.v6i1.5318
Indriani, L. F., Yuliani, A., & Sugandi, A. I. (2020). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis dan Habits Of Mind Siswa SMP Dalam Materi Segiempat Dan Segitiga. Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah di Bidang Pendidikan Matematika, 4(2), 87. https://doi.org/10.29407/jmen.v4i2.11999
Irawan, A., & Kencanawaty, G. (2023). IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK BERBASIS ETNOMATEMATIKA. Journal of Medives Journal of Mathematics Education IKIP, 1(2), 74–81. http://e-journal.ikip-veteran.ac.id/index.php/matematika
Isnan, w., & N. (2021). RAGAM MANFAAT TANAMAN KELOR (Moringa oleifera Lamk). bagi masyarakat. Info Teknis EBONI, 14(1), 42–44. http://e-mosharafa.org/Jurnal%22
Konita, M., Asikin, M., & Noor Asih, T. S. (2019). Kemampuan Penalaran Matematis dalam Model Pembelajaran Connecting, Organizing, Reflecting, Extending (CORE). PRISMA,Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2.
Lestari, N., Hartono, Y., Jurusan, P., & Mipa, P. (n.d.). PENGARUH PENDEKATAN OPEN-ENDED TERHADAP PENALARAN MATEMATIKA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA PALEMBANG.
Riwayati, S., & Destania, Y. (2019). Efektifitas Desain Lembar Kerja Mahasiswa (LKM) Terintegrasi Internet untuk Mengembangkan Kemampuan Penalaran Matematis Mahasiswa. In AlphaMath Journal of Mathematics Education (Vol. 5, Nomor 2).
Santosa, F. H., Ratu, H., Negara, P., & Bahri, S. (2020). Efektivitas pembelajaran google classroom terhadap kemampuan penalaran matematis siswa. 3(1), 62–70.
Saputri, I., Susanti, E., & Aisyah, N. (2019). KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA MENGGUNAKAN PENDEKATAN METAPHORICAL THINKING PADA MATERI PERBANDINGAN KELAS VIII DI SMPN 1 INDRALAYA UTARA. In Jurnal Elemen (Vol. 3, Nomor 1).
Sary, R. F., Juandi, D., & Jupri, A. (2022). Model Pembelajaran Discovery Learning Dan Kemampuan Penalaran Matematis. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(2), 1028. https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i2.4765
Sumartini, T. S. (2023). PENINGKATAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH. Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1).
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Ulfa Annisa Lubis, Israq Maharani, Najwah Rokan
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.