PENTINGNYA KETERAMPILAN DASAR MENGAJAR BAGI MAHASISWA MAGANG FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
DOI:
https://doi.org/10.47662/pedagogi.v10i1.659Kata Kunci:
Keterampilan dasar mengajar, magang, mahasiswa FKIPAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan signifikansi keterampilan dasar dalam mengajar bagi mahasiswa Magang Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP). Penelitian ini disusun berdasarkan hasil observasi di lokasi magang mengajar mahasiswa, wawancara dengan seorang guru, dan tinjauan pustaka mengenai konsep keterampilan dasar dalam pengajaran di tingkat sekolah menengah atas atau sederajat. Dari hasil analisis yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa keterampilan dasar mengajar mahasiswa magang dapat terimplementasikan dengan baik, apabila mayoritas dari keterampilan tersebut dapat dilaksanakan secara efektif, mulai dari inisiasi dan terminasi pelajaran hingga kemampuan mengajar kelompok kecil atau perorangan. Oleh karena itu, peneliti menyarankan agar sebelum memulai kegiatan magang mahasiswa perlu meningkatkan kemampuan keterampilan dasar mengajar melalui persiapan fisik dan mental yang matang serta berlatih aktif untuk berinteraksi secara efektif.
Referensi
Andina Halimsyah Rambe, Silvi Tri Karina, Izedin Al Hafidz, Ghariza Annisa, & Tsuibatul Asmaliyah NST. (2022).
Pentingnya Keterampilan Dasar Mengajar bagi Mahasiswa Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) Prodi Tadris Biologi. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4 (6) (9178–9185).
Barnawi, & M. Arifin. (2015). Micro Teaching (Teori & Praktik Pengajaran yang Efektif & Kreatif) (Cet. I). Ar-Ruzz Media.
Halimah leli. (2017). Keterampilan Mengajar sebagai Inspirasi untuk Menjadi Guru yang Excellent di Abad Ke-21: Vol. Cet. I. PT Refika Aditama.
Hary Supriyanto, & Evy Luailik. (2022). Peningkatan Kompetensi Melalui Program Magang (Studi Kasus di Perpustakaan UIN Sunan Ampel Surabaya). Jurnal Kajian Ilmu Dan Perpustakaan, 7, No 1, 1–17.
Kristiana D., & Muhibbin A. (2019). Keterampilan Dasar Mengajar Dalam Pembelajaran matematika di SMP. Manajemen Pendidikan, 13 (2), 204–209.
Moh. Nazir. (2014). Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia.
Moh. Uzer Usman. (2017). Menjadi Guru Professional (Cet. XXIII). Remaja Rosdakarya.
Mulyasa E. (2015). Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan: Vol. Cet. VIII. PT Remaja Rosdakarya.
Munirah, M. (2018). Peranan Guru dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa. TARBAWI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3 (02), 111–127.
N. Mansur. (2017). Penerapan Keterampilan Mengajar Dalam Upaya Pencapaian Hasil Belajar Mahasiswa. Lantanida Journal, 4(2), 118.
Padmadewi, Ni Nyoman, & dkk. (2017). Pengantar Micro Teaching (Cet. I). PT Raja Grafindo Persada.
Qulub, L. (2019). Profesionalisme Pendidik Dalam Proses Pembelajaran. Dirasat: Jurnal Studi Islam & Peradaban, 14 (01), 29–44.
Samson V. R., & Vyjayanthi, S. (2013). Pre-University Teachers Teaching Skills. Journal of Education and Practice, 5, 90–96.
Wijarini, F., & Ilma, S. (2017). The analysis of teacher candidates’ teaching skill in department of biology education, University of Borneo Tarakan, through pre-service teaching activities. JPBI (Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia), 3 (2), 149–159.
Zainal Asril. (2015). Micro Teaching Disertai dengan Pedoman Pengalaman Lapangan. Rajawali Pers.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Adelia Septia Damanik, Linda Astuti Rangkuti, Iskandar Zulkarnain, Widia Fransiska, Sakinah Mawaddah
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.