PENGARUH PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS SISWA KELAS V SD NEGERI 067097 MEDAN BARAT
DOI:
https://doi.org/10.47662/pedagogi.v10i1.669Kata Kunci:
Pendekatan Saintifik, Literasi Matematis, Sekolah DasarAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan saintifik terhadap kemampuan literasi matematis siswa kelas V SD Negeri 067097 Medan Barat. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan sampel penelitian sebanyak 54 siswa kelas V SD Negeri 067097 Medan Barat. Teknik pengumpulan datanya menggunakan angket pretes dan post test dengan UJi t Test sebagai teknik analisis datanya. Hasil analisis dan pengujian hipotesis penelitian maka dapat disimpulkan siswa yang kemampuan literasi matematis siswa yang diajarkan dengan pendekatan Saintifik lebih tinggi dibandingkan dengan pembelajaran biasa (Fhitung = 11.493 dan nilai sig. 0,001 < 0,05).
Referensi
Andriyani, M. (2018). Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPA Menggunakan Pendekatan Saintifik Siswa Kelas V SD Sabilina Tembung. Jurnal Tematik. Vol. 8 No. 3. Hal 284-292.
Arianto, A. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based learning Terhadap Kemampuan Literasi Budaya Pada Teks Laporan Hasil Observasi.. Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pendidikan. Vol. 9. No. 2. Hal 103–109.
Daryanto, (2014). Pendekatan Pembelajaran Saintifik kurikulum 2013. Yogyakarta: Gava Media.
Fazriah, R., S.,Toto., & Nuraida, I. (2021). Penerapan Model Group Investigation (GI) dengan Stategi Scaffolding Dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematis Siswa SMK. J-KIP (Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan). Vol. 2. No. 3. Hal 125-130.
Khoirudin, A., Setyawati, R. D., & Nursyahida, F. (2017). Profil kemampuan literasi matematika siswa berkemampuan matematis rendah dalam menyelesaikan soal berbentuk PISA. Aksioma. Vol. 8 No. 2 Hal 33-42.
Kirani, D., Putri, R. ., Farmila, W. ., & Dalimunthe, D. A. . (2023). Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Siswa/i Kelas X MAS AL Washliyah 12 Perbaungan Ditinjau Dari Gaya Belajar. Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pendidikan. Vol. 9. No. 1. Hal 12–15.
Kusumawardani, D. R., Wardono, & Kartono. (2018). Pentingnya Penalaran Matematika dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika. Vol. 1. No. 1. Hal 588–595.
Lubis, L. S. P. ., Saragih, D., & Maulana, R. S. (2024). Motivasi Pembelajaran Sebagai Penguatan Karakter Pelajar Pancasila. Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pendidikan. Vol. 10. No. 1. Hal 1–11.
Mahmud, R. ., & Nazaruddin, I. . (2023). Peningkatan Kualitas pembelajaran Penjumlahan dan Pengurangan Pecahan Melalui Pendekatan Matematika Realistik Berbantuan Kertas Origami. Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pendidikan. Vol. 9. No. 2 .Hal 40–49.
Matondang, A. R. ., Damayanti, A. ., Widiartika, S. A. ., Handayani, A. ., & Syahputri, H. . (2022). Perbandingan Kemampuan Mengenal Bilangan pada Anak Usia Dini Menggunakan Media Saku Bilangan Di Kabupaten Serdang Bedagai. Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pendidikan. Vol. 8. No. 2. Hal 180–185.
Puspitasari, A. (2015). Analisis Kemampuan Literasi Matematika Siswa Kelas XI MIPA 5 SMA Negeri 1 Ambulu berdasarkan kemampuan matematika. Skripsi. Universitas Jember.
Risnawati, C. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Tematik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa di MIN 1 Aceh Barat Tahun Pelajaran 2020/2021. Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pendidikan. Vol.7. No. 1. Hal 9–15.
Romiyati, E. (2017). Pengembangan LKS Berbasis Pendekatan Saintifik dan Strategi Pembelajaran PQ4R Pada Materi Himpunan Kelas VII SMPN 11 Kota Jambi, Jurnal Pendidikan Matematika FKIP Universitas Jambi. Vol. 7 . No. 1. Hal 37-43
Sari, E. (2021). Profil Kemampuan Literasi Matematis Siswa Berkemampuan Matematika Tinggi. Jurnal Gantang. Vol.VI. No. 1. Hal 83-92
Trihatun, S. (2016). Peningkatan Kemampuan Literasi dan Disposisi Matematis Siswa SMP Melalui Model Pembelajaran Generatif. Seminar Nasional Pendidikan Matematika Ahmad Dahlan. Hal 209-216.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Azizah Yusra Amaliyah Harahap, Ainul Marhamah Hasibuan, Ani Supriyani
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.