PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN EXPERIENTIAL LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN MENELAAH POLA PENYAJIAN DAN KEBAHASAAN TEKS IKLAN OLEH SISWA KELAS VII SMP MIFTAHUSSALAM MEDAN

Penulis

  • Arianto Arianto Universitas Alwashliyah Medan, Indonesia
  • Siti Fatimah Zahara Universitas Alwashliyah Medan, Indonesia
  • Wina Wulandari Universitas Alwashliyah Medan, Indonesia
  • Sri Muliatik Universitas Alwashliyah Medan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.47662/pedagogi.v10i1.677

Kata Kunci:

Model pembelajaran experiential learning, Kebahasaan Teks Iklan

Abstrak

Penenlitian ini adalah bertujuan untuk mengetahui kemampuan menelaah pola penyajian dan kebahasaan teks iklan melalui model pembelajaran experiential learning. Populasi siswa kelas VIII SMP Miftahussalam secara keseluruhan berjumlah 108 siswa tersebar 3 kelas.  Untuk menentukan sampel, peneliti menggunakan teknik sampling random yaitu kelas yang terpilih VIII-A yang berjumlah 36 siswa sebagai kelas eksperimen dan VIII-C yang berjumlah 36 siswa sebagai kelas kontrol. Metode penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan instrument penelitian berupa tes essai. Berdasakan analisis data diperoleh kemampuan menelaah pola penyajian dan kebahasaan teks iklan kelompok eksperimen memperoleh nilai akhir di kategori baik sekali karena 15 siswa mendapatkan nilai antara 80-100 (41,67%), dan kelompok kontrol memperoleh nilai akhir di kategori baik sekali karena 14 siswa mendapatkan nilai antara 80-100 (38,89). Dari hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa hipotesis terbukti, melalui uji t diperoleh thitung> ttabel atau 7,2>1,99.

Referensi

Dp, F. (2021). Model Experiential Learning Pada Pembelajaran IPS Di Sekolah Dasar. Journal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, 13(2), Article 2.

Hosnan. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21 Kurikulum 2013. Bogor: Ghalia Indonesia

Kosasih.Engkos.(2017).Jenis-jenis Teks. Bandung:YramaWidia.

Rivai, Mien, A. 2018. Gaya Penulisan Penyuntingan & Penerbitan Karya Ilmiah Indonesia. Jakarta: PT Grasindo.

Sita, P. I., & Saliman, S. (2019). PENERAPAN TEKNIK Diet BOS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYIMAK SISWA KELAS IX A2 SMP NEGERI 1 SINGARAJA. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar, 3(1), 57–74

Tarigan, Henry Guntur. (2008). Menyimak Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Unduhan

Diterbitkan

2024-01-29

Cara Mengutip

Arianto, A., Zahara, S. F. ., Wulandari, W. ., & Muliatik, S. . (2024). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN EXPERIENTIAL LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN MENELAAH POLA PENYAJIAN DAN KEBAHASAAN TEKS IKLAN OLEH SISWA KELAS VII SMP MIFTAHUSSALAM MEDAN. Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 10(1), 111–118. https://doi.org/10.47662/pedagogi.v10i1.677

Terbitan

Bagian

Artikel