MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS EKSPOSISI MELALUI MODEL MULTILITERASI PADA SISWA KELAS X MADRASAH ALIYAH
DOI:
https://doi.org/10.47662/pedagogi.v9i1.729Kata Kunci:
Model Pembelajaran Multiliterasi, Teks EksposisiAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui meningkatkan keterampilan menulis teks eksposisi melalui model multiliterasi pada siswa kelas X madrasah Aliyah dengan sampel 30 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Instrumen yang digunakan adalah tes essai. Dari pengolahan data menunjukkan bahwa kemampuan menulis teks eksposisi siswa kelas X MAS Miftahussalam Medan sebelum menggunakan model pembelajaran multiliterasi masuk dalam kategori cukup dengan nilai rata-rata = 63,63 standar deviasi = 4,94 sedangkan keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas X MAS Miftahussalam Medan sesudah menggunakan model pembelajaran multiliterasi masuk ke dalam kategori baik dengan rata-rata = 74,33, standar devisasi 5,96. Dari uji data hasil kelas pretest dan posttest didapat kedua hasil berdistribusi normal. Dari uji homogenitas di dapat bahwa sampel penelitian ini berasal dari populasi yang homogen. Setelah uji normalitas dan homogenitas, di dapatlah to sebesar 7,53. Selanjutnya to diketahui, kemudian dikonsultasikan dengan tabel t pada taraf signifikasi 5% dengan df=N-1=30-1=29 dari df =30 diperoleh taraf signifikasi 5%=2,04. Karena T hitung yang diperoleh lebih besar dari tabel yaitu 7,53 > 2,04, hipotesis diterima. Dengan demikian, diperoleh kesimpulan bahwa adanya Peningkatan yang signifikan atas penggunaan model pembelajaran multiliterasi terhadap kemampuan menulis teks eksposisi siswa kelas X Mas Miftahussalam Medan.
Referensi
Ari Metalin, Ika Puspita. Efektivitas Model Pembelajaran Berbasis Multiliterasiuntuk Meningkatkanketerampilan Menulis Kreatif Siswa Sekolah Dasar. Madrosatuna : Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. (2019) Vol.2(2) 31-37. Tersedia dari view Of A Efektivitas Model Pembelajaran Berbasis Multiliterasi Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Kreatif Siswa Sekolah Dasar (iailm.ac.id)
Aristia Fatmawati. 2021. Keefefktifan Model Pembelajaran Multiliterasi dalam MateriTeks Prosedur Bermuatan Budaya padaSiswa SMP. Aliterasi.2021. Vol. 2(1):31-42. Tersedia dari View of Keefefktifan Model Pembelajaran Multiliterasi dalam Materi Teks Prosedur Bermuatan Budaya pada Siswa SMP (umuslim.ac.id)
Badan Pusat Statistik. Proporsi Penduduk Berumur 5 Tahun ke Atas yang Menonton Acara Televisi Selama Seminggu Terakhir menurut Provinsi, Tipe Daerah dan Jenis Kelamin. 2018. tersedia dari: https://www.bps.go.id/statictable/2019/10/17/2079/proporsi-penduduk-berumur-5-tahun-ke-atas-yang-menonton-acara-televisi-selama-seminggu-terakhir-menurut-provinsi-tipe-daerah-dan-jenis-kelamin-2018.html
Dede Margo Irianto, Hana Yunansah, Yusuf Tri Herlambang, Tita Mulyati. 2020. Meningkatkan Kecerdasan Ekologis Melalui Model Multiliterasi Berbasis Ecopedagogy Approach. Edu Humaniora: Jurnal Pendidikan Dasar. [dikutip 31 Maret 2023] 12 (1): 81-90. Tersedia dari https://ejournal.upi.edu/index.php/eduhumaniora/article/view/18820
Heryanto Gunawan. 2019. Implementasi Model Pembelajaran Multiliterasi Pada Perkuliahan Pembelajaran Berbicara. Metabasa. [Dikutip 31 Maret 2023]. 1 (1): 38-50. Tersedia dari: implementasi Model Pembelajaran Multiliterasi Pada Perkuliahan Pembelajaran Berbicara | Gunawan | Metabasa: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pembelajaran (unsil.ac.id)
Mitha Sintiani. 2022. Peningkatan Model Multiliterasi Berbasis Genre Dengan Model Multiliterasi Transformasi Terhadap Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi. Penelitian Kuasi Eksperimen di Kelas V SDN 2 Kota Kulon dan SDN 7 Kota Kulon Kecamatan Garut Kota Kabupaten Garut. Thesis. Universitas Pendidikan Indonesia Universitas Pendidikan Indonesia. http://repository.upi.edu/76421/
Niken Kumala Dewi, Muhroji, Wahyu Ratnawati. 2022. Penerapan Pembelajaran Multiliterasi Terhadap Peningkatan Keterampilan Menulis Teks NarasiSiswa Kelas IV di SDNegeri 1 Barenglor. Educatif :Journal of Education Research Vol.4(3): 240-247. Tersedia dari View of Penerapan Pembelajaran Multiliterasi Terhadap Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Narasi Siswa Kelas IV di SD Negeri 1 Barenglor (mykreatif.com)
Nova Mira Rizky Wulandari, Neneng Sri Wulan, D Wahyudin. 2021. Analisis Kemampuan Membaca Pemahaman dalam Pembelajaran Multiliterasi Siswa Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan. Vol. 3 (5): 2288-2297. Tersedia dari Analisis Kemampuan Membaca Pemahaman Dalam Pembelajaran Multiliterasi Siswa Sekolah Dasar | Wulandari | Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan
Perpusnas RI. Nilai Tingkat Kegemaran Membaca Tahun 2021. https://satudata.perpusnas.go.id/index.php/2022/03/29/tingkat-kegemaran-membaca
Priyatni, Endah Tri. 2014.. Desain Pembelajaran Bahasa Indonesia dalam Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara;
Resnani. 2021. Meningkatkan Kemampuan Menulis Pantun Siswa Melalui Model Multiliterasi. Jurnal IlmiahPendidikan Guru Sekolah Dasar Vol. 14(1) : 62-69. Tersedia dari https://ejournal.unib.ac.id/index.php/pgsd/article/view/14803
Sigit Vebrianto Susilo, Dudu Suhandi Saputra, Gita Risda Garnisya. 2018. Penerapan Model Multiliterasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas. Vol. 4(2): 68-71. Tersedia dari https://jurnal.unma.ac.id/index.php/CP/article/view/1128/1036
Yunus Abidin. 2015. Pembelajaran Multiliteasi Sebuah Jawaban Atas Tantangan Pendidikan Abad Ke-21 Dalam Konteks Keindonesiaan. Bandung: PT. Refika Aditama.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Arianto Arianto

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.