PENGARUH KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN MATEMATIKA RELISTIK BERBANTU DERIVATIVE CALCULATOR PADA MATERI KALKULUS

Penulis

  • Yenni Novita Harahap Universitas Alwashliyah Medan, Indonesia
  • Siswadi Siswadi Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.47662/pedagogi.v9i1.740

Kata Kunci:

mathematical reasoning, RME, Derivative Calculator App

Abstrak

Mathematics is one of the mandatory subjects that must be studied in formal education in Indonesia. In mathematics lessons, the external learning process can be seen through interactions between students, learning tools and teachers. Reasoning is one of the most common thought processes for making new statements from other known statements, then making conclusions. Realistic Mathematics Education (RME) can improve students' mathematical reasoning abilities significantly better. The Derivative Calculator application is a helpful application in completing derivative calculations of mathematical functions based on step by step with explanations. through a realistic mathematical approach assisted by the Derivative Calculator, you can improve mathematical reasoning abilities. The increase is around

Referensi

Siregar, K., Muliatik, S., & Harahap, Y. N. (2021). Peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematika melalui pendekatan matematika realistik berbantuan YouTube. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 4(3), 443-449

Gustiadi, A., Agustyaningrum, N., & Hanggara, Y. (2024). Analisis Kemampuan Penalaran Matematika Siswa dalam Menyelesaikan Soal Materi Dimensi Tiga. Jurnal Absis: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 4(1), 337-348.

Prihatin, I., Firdaus, M., Oktaviana, D., & Susiaty, U. D. (2022). Peningkatan kemampuan penalaran matematika siswa dengan e-modul logika matematika berbasis Phet simulation. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 7(2), 252-259

Mubharokh, A. S., Zulkardi, Z., Putri, R. I. I., & Susanti, E. (2022). Kemampuan penalaran matematika peserta didik pada materi penyajian data menggunakan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI). JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 5(2), 345-354

Luthfiana Ulya, A., Agustyarini, Y., Kunci, K., & pmri, P.,(2020). Kemampuan penalaran matematika didik pada materi penyajian datan menggunakan pendidikan matematika Realistik Indonesia. Journal. Ikipsiliwangi. Ac. Id, 7(2).

Hasan, F., Pomalato, S. W. D., & Uno, H. B. (2020). Pengaruh pendekatan realistic mathematic education (RME) terhadap hasil belajar matematika ditinjau dari motivasi belajar. Jambura Journal of Mathematics Education, 1(1), 13-20.

Rahmayani, V., & Amalia, R. (2020). Strategi peningkatan motivasi siswa dalam pembelajaran matematika di kelas. Journal on Teacher Education, 2(1), 18-24.

Fitri, S. F. N. (2021). Problematika kualitas pendidikan di indonesia. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1617-1620.

Yadrika, G., Roza, Y., & Murni, A. (2022). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Model Discovery Learning Berorientasi Pada Kemampuan Penalaran Matematika Siswa. JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika), 15(2).

Wau, H. A., Harefa, D., & Sarumaha, R. (2022). Analisis Kemampuan Penalaran Matematika pada Materi Barisan dan Deret Siswa Kelas XI SMK Negeri 1 Toma Tahun Pembelajaran 2020/2021. Afore: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 41-49.

Romadhina, D., Junaedi, I., & Masrukan, M. (2019). Kemampuan Penalaran Matematika Peserta Didik Kelas VIII SMP 5 Semarang. In Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (Vol. 2, No. 1, pp. 547-551).

Yusdiana, B. I., & Hidayat, W. (2018). Analisis kemampuan penalaran matematika siswa SMA pada materi limit fungsi. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(3), 409-414.

Sulistiawati, S., Suryadi, D., & Fatimah, S. (2015). Desain Didaktis Penalaran Matematika untuk Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa SMP

pada Luas dan Volume Limas. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 6(2), 135. https://doi.org/10.15294/kreano.v6i2.4833

Unduhan

Diterbitkan

2023-01-23

Cara Mengutip

Harahap, Y. N., & Siswadi, S. (2023). PENGARUH KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN MATEMATIKA RELISTIK BERBANTU DERIVATIVE CALCULATOR PADA MATERI KALKULUS. Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 9(1), 65–72. https://doi.org/10.47662/pedagogi.v9i1.740

Terbitan

Bagian

Artikel