THE EFFECT OF FOOD COOKING INSTRUCTION VIDEO ON STUDENTS ACHIEVEMENT IN WRITING PROCEDURE TEXT OF THE TWELFTH GRADE AT MAS AL WASHLIYAH 12 PERBAUNGAN ACADEMIC YEAR 2022 2023
DOI:
https://doi.org/10.47662/pedagogi.v10i2.782Kata Kunci:
Cooking Instruction Video, Writing, Procedure TextAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan efektivitas penggunaan video instruksi memasak terhadap prestasi siswa dalam menulis teks prosedur bagi siswa di Madrasah Aliyah Swasta 12 Perbaungan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik purposive sampling. Jumlah sampel adalah 70 siswa yang diambil dari kelas XII Agama 1 (kelas eksperimen) dan XII IPS 1 (kelas kontrol). Pre-test dan post-test yang sama diberikan kepada kedua kelas. Pada pre-test, nilai rata-rata kelas kontrol adalah 61,94 sedangkan kelas eksperimen adalah 69,80. Setelah melakukan perlakuan dan post-test, hasil rata-rata kelas kontrol adalah 70,20 sedangkan kelas eksperimen adalah 84,68. Ini menunjukkan bahwa kelas eksperimen memperoleh nilai lebih tinggi daripada kelas kontrol dalam post-test. Analisis statistik juga menunjukkan bahwa nilai rata-rata yang diperoleh di kelas kontrol adalah 8,25 dan di kelas eksperimen adalah 14,88. Data yang diperoleh dari kelas eksperimen dan kelas kontrol dianalisis menggunakan rumus t-test. Hasil perhitungan menunjukkan bahwa pada tingkat signifikansi 5%, hasil t-test dibandingkan dengan t-tabel membuktikan bahwa t-hitung lebih tinggi daripada t-tabel (3,26 > 1,701). Berdasarkan kriteria uji, hasil ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara prestasi siswa dengan perlakuan video dan tanpa perlakuan video dalam menulis teks prosedur. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa video instruksi memasak efektif digunakan sebagai media dalam pengajaran menulis teks prosedur kepada siswa kelas XII di Madrasah Al-Washliyah 12 Perbaungan.
Referensi
Durga, M. V. S. S., & Rao, D. C. S. (2018). Developing Students’ Writing Skills in English - A Process Approach. Journal For Research Scholar and Professional of English Laguage Teaching, 2(6), 6.
Isran Rasyid, Karo-Karo, & Rohani, R. (2018). Manfaat Media Dalam Pembelajaran. AXIOM: Jurnal Pendidikan Dan Matematika, 7(1).
Lestiyaningsih. (2017). The effectiveness of using video for teaching procedure text writing. A study of Eight
Semester students of English Study Program at IAIN Surakarta. IAIN Surakarta.
Ndraha, L. D. M. (2020). The Use of Visual Video as MEDIA to Imrpove Students Ability in Writing Procedure Text at the Eleventh Grade of Smk Negeri 1 Toma. Jurnal Education and Development Institut Pendidikan Tapanuli Selatan, 8(3).
Ramdlanah. (2019). The use of tutorial video in improving students’ writing of procedure text: An experimental
research at eleventh grade students of MA Masalikil Huda 01 Tahunan Jepara in Academic year 2018/2019. UNISNU Jepara.
Robiatul, A. (2008). Portfolio assessment in teaching writing. UPI.
Rohani, A. (1997). Media instruksional edukatif. Rineka Cipta.
Sablic, M., Mirosavljević, A., & Škugor, A. (2021). Video-Based Learning (VBL) -Past, Present and Future: an Overview of the Research Published from 2008 to 2019. Technology, Knowledge and Learning, 26(6).
Tanjung, S., Rahmawati, W. T., & Harahap, H. (2021). The effect of Think Talk Write (TTW) strategy on students’ ability in writing descriptive text. Excellence : Journal of English and English Education, 1(1).
Tin, T. B. (2000). Writing, Knowledge Construction and Idea Framing. RELC Journal, 31(1).
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Kiki Chairani Pratiwi, Wiki Tedi Rahmawati, Sofia Idawati Lubis, Yunita Mutiara Harahap

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.