Pengaruh Model Pembelajaran ARIAS Terhadap Kemampuan Menganalisis Struktur Teks Prosedur oleh Siswa Kelas XI SMA
DOI:
https://doi.org/10.47662/pedagogi.v7i2.80Kata Kunci:
Model Pembelajaran, Menganalisis, Teks ProsedurAbstrak
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana Pengaruh Model pembelajaran ARIAS terhadap kemampuan menganalisis struktur teks prosedur siswa kelas XI SMA. Penelitian ini bertujuan untuk:1) Untuk mengetahui kemampuan siswa dalam menganalisis struktur teks prosedur dengan menggunakan Model Pembelajaran ARIAS Oleh Siswa Kelas XI SMA Persiapan Stabat. 2) Untuk mengetahui kemampuan menganalisis struktur teks prosedur dengan menggunakan model ceramah oleh siswa Kelas XI SMA Persiapan Stabat. 3) Untuk mengetahui adakah pengaruh Model Pembelajaran ARIAS Terhadap Kemampuan menganalisis struktur teks prosedur oleh siswa Kelas XI SMA Persiapan Stabat. Dalam pelaksanaan penelitian ini penulis menggunakan metode eksperimen yaitu penelitian yang dilakukan untuk melihat apakah ada perbedaan hasil sebagai sebab adanya perbedaan perlakuan yang diberikan pada eksperimen dan kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes essai. Berdasarkan teknik analisis data, dapat diketahui bahwa kemampuan menganalisis struktur teks prosedur dengan menggunakan model pembelajaran ARIAS memperoleh nilai rata-rata 72,54 termasuk dalam kategori baik dan kemampuan menganalisis struktur teks prosedur model ceramah memperoleh nilai rata-rata 54,6 termasuk dalam kategori baik. Berdasarkan uji-t, dengan Hasil pengujian pada taraf α= 0,05 diperoleh thitung > t tabel yaitu 24,05 >1,669. maka Ho ditolak Ha dan diterima. Oleh karena itu, terdapat pengaruh yang signifikan Pengaruh Model pembelajaran ARIAS terhadap kemampuan menganalisis struktur teks prosedur oleh siswa kelas XI SMA Persiapan Stabat. Model pembelajaran pembelajaran ARIAS efektif digunakan dalam pembelajaran menganalisis struktur teks prosedur oleh siswa kelas XI SMA.
Referensi
Abidin, Yunus. (2012). Pembelajaran Membaca Berbasis Pendidikan Berkarakter. Bandung: PT. Refika Aditama.
Amri,Sofan. (2013). Pengembangan dan model pembelajaran dalam kurikulum 2013. Jakarta : PT Prestasi Pustaka karya.
Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : PT. Rineka Cipta.
Kosasih, E. (2013). Cerdas Berbahasa Indonesia. Jakarta : Erlangga.
Kurinasih, Imas dan Sani Berlin. (2014). Implementasi Kurikulum 2013 Konsep Dan Penerapan. Surabaya : Kata Pena.
Lubis, Saripuddin. (2014). Tampil Menulis Dalam Kejurnalistikan.
Rahman, Muhammat dan Sofyan Amri. (2014). Model Pembelajaran ARIAS Terintegratif. Jakarta : PT. Prestasi Pustakarya.
Rasyidin, Al dan Wahyudin Nur Nasution. (2011). Teori Belajar Dan Pembelajaran. Medan : Perdana Publishing.
Rusman. (2012). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru Edisi Kedua. Jakarta : PT Rajagrasindo Persada.
Sanjaya, Wina. (2006). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta : Prenada Media Grup.
Sumiati dan Asra. (2013). Metode Pembelajaran. Bandung : CV Wacana Prima.
Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-progresif Konsep, Landasan, dan Implementasinya Pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta : Kencana Prenanda Media Group.
Yustinah. (2014). Produktif Berbahasa Indonesia. Jakarta : Erlangga.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pendidikan

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.