PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA

Penulis

  • Yumira Simamora Program Studi Pendidikan Matematika FKIP UNIVA Medan
  • Siswadi Siswadi Prodi Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Alwashliyah Medan
  • Ade Ermayani Program Studi Pendidikan Matematika FKIP UNIVA Medan

DOI:

https://doi.org/10.47662/pedagogi.v7i2.87

Kata Kunci:

TAI, Kemampuan Penalaran Matematis

Abstrak

Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah : (1) Guru belum bervariasi dalam menggunakan model pembelajaran dan lebih dominan masih menggunakan pembelajaran langsung yang hanya terpusat pada guru, (2) Kemampuan penalaran matematis siswa masih rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) terhadap kemampuan penalaran matematis siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif eksperimen. Tekhnik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik simple random sampling. Terpilih kelas VIII-2 sebagai kelas eksperimen dan VIII-1 sebagai kelas Kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata pretest kelas eksperimen adalah 16,1667, simpangan baku adalah 2,1267 dan variansnya adalah 7,532. Sedangkan rata-rata pretest kelas kontrol adalah 11,433, simpangan baku adalah 2,112 dan variansnya adalah 4,461. Dari nilai pretest diketahui bahwa siswa kelas kontrol maupun siswa kelas eksperimen berada pada kemampuan penalaran matematis yang rendah. Selanjutnya diperoleh nilai rata-rata posttest siswa kelas eksperiment adalah 17, 33, simpangan baku sebesar 2,8927 dan varians adalah 8,367 sedangkan yang menggunakan model pembelajaran langsung memiliki rata-rata posttest kemampuan penalaran matematis siswa adalah 13,4, simpangan baku sebesar 1,773 dan varians adalah 3,145. Kemampuan penalaran matematis siswa berkembang dikelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI). Berdasarkan hasil pembahasan dapat diambil kesimpulan bahwa penelitian uji hipotesis diperoleh harga t hitung = 6,6921 pada taraf pada taraf signifikansi α = 0,05 dan n = 30 dengan hargattabel = 1,699. Hasil menunjukkan bahwa diperoleh thitung = 6,69211 > ttabel = 1,699. Maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis H0 ditolak dan hipotesis Ha diterima yang menyatakan terdapat pengaruh model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) terhadap kemampuan penalaran matematis siswa kelas VIII SMP Al Washliyah 27 Medan Tahun Pembelajaran 2019-2020

Referensi

Arikunto Suharsimi. (2013). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Argianti Atin. (2017). Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Pada Model Pembelajaran Team Assisted Individualization berbass Assement For Learning.

Dwi Priyowahyono Hadi. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Team Assisted Individualization Dengan Pendekatan Konstruktivismen Untuk Meningkatan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa MTs

Fahmi, I. J. G., Markamah, E. S., & Kamsiyati, S. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Team Assisted Individualization Dengan. September.

Fathurrohman Muhammad. (2015). Model-Model Pembelajaran Inovatif. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Hendriana Heris, Soemarmo Utari. (2016). Penilaian Pembelajaran Matematika. Bandung: PT. Refika Aditama

Huda Miftahul. (2013). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Malang: Pustaka Pelajar.

Kemendikbud. (2016). Permendikbud No.58 tentang kurikulum sekolah menengah pertama. Jakarta : Kementrian pendidikan dan Kebudayaan.

Nur Ainan. (2015). Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Madrasah Aliyah Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT)

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitaf dan penelitian Kualitatif. Edisi. Bandung: PT.Alfabeta

Suprijono Agus. (2009). Cooperative Learning Teori & Aplikasi Paikem. Surabaya. Pustaka Pelajar.

Slavin E. Robert. (2013). Cooperative Learning. Bandung. Nusa Media.

Unduhan

Diterbitkan

2021-07-19

Cara Mengutip

Simamora , Y., Siswadi, S., & Ermayani, A. . (2021). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA . Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 7(2), 55–66. https://doi.org/10.47662/pedagogi.v7i2.87

Terbitan

Bagian

Artikel