ANALISIS USAHATANI DAN SISTEM PEMASARAN SEMANGKA

Penulis

  • Hendra Adriansyah, Siska Yulianita

Abstrak

Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu : 1). Bagaimana analisis
usahatani dan pemasaran semangka terhadap pendapatan petanidi DesaArapayung
Kecamatan Pantai Cermin Kabupaten Serdang Bedagai. Pendekatan penelitian
yang digunakan adalah metoda penentuan daerah penelitian yang ditetapkan
secara purposive (sengaja), sampel dalam penelitian ini adalah petani di Desa
Arapayung, Kecamatan Pantai Cermin, Kabupaten Serdang Bedagai. Data yang
dikumpulkan adalah data primer dan sekunder. Analisis data pada perumusan
masalah menggunakan fungsi Cobb Dauglas, rumus penerimaan, rumus
keuntungan dan rumus analisis R/C ratio kelayakan usahatani semangka. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa : 1) Variabel independent (X1,X3, X4 dan X5)
secara serempak berpengaruh nyata terhadap pendapatan petani semangka (Y)
pada tingkat kepercayaan 95% yaitu (253,498 > 2,060). Secara parsial variabel
sewa lahan (X1), benih (X3), pupuk (X4) dan pestisida (X5) berpengaruh nyata
terhadap pendapatan petani semangka, , tenaga kerja (X2) tidak berpengaruh nyata
terhadap pendapatan petani semangka (Y). Koefisien Determinasi (????
2
)
menunjukkan nilai sebesar 0,949 artinya variabel independent (X1, X3, X4 dan
X5) secara serempak mampu memberikan penjelasan terhadap pendapatan petani
semangka sebesar 94,9%, sedangkan sisanya 5,1% dijelaskan oleh variabel lain
yang tidak dimasukkan ke dalam estimasi. 2) Variabel independent status sewa
lahan berpengaruh nyata terhadap pendapatan petani semangka. 3) Adapun ratarata pendapatan yang diperoleh oleh petani di daerah penelitian sebesar Rp.
17.562.345,- dari sewa lahan 0,65 ha. 4) Usahatani tanaman semangka layak
diusahakan karena nilai R/C rationya lebih besar dari satu (3,53 > 1).

Unduhan

Diterbitkan

2021-08-31

Cara Mengutip

Adriansyah, Siska Yulianita, H. (2021). ANALISIS USAHATANI DAN SISTEM PEMASARAN SEMANGKA. Vegetasi, 17(1). Diambil dari http://siakad.univamedan.ac.id/ojs/index.php/vegetasi/article/view/132