Penalaran Analogi Siswa Kelas X dalam Menyelesaikan Soal Trigonometri Ditinjau dari Gaya Kognitif di SMA Negeri 1 Jember

Penulis

  • Fathasya Aulia Abi Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember
  • Suwarno Suwarno Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember

DOI:

https://doi.org/10.47662/farabi.v8i2.1269

Kata Kunci:

Analogical reasoning, Cognitive style, Trigonometry, Field dependent, Field independent

Abstrak

Penalaran analogi merupakan proses berpikir kritis yang memungkinkan siswa mentransfer pengetahuan dari permasalahan yang telah dikenali ke situasi baru. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil penalaran analogi siswa kelas X dalam menyelesaikan soal trigonometri ditinjau dari gaya kognitif—field dependent (FD) dan field independent (FI). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui GEFT (Group Embedded Figures Test), tes penalaran analogi, dan wawancara semi-terstruktur. Dua subjek dipilih secara purposive, masing-masing mewakili satu gaya kognitif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa FI mampu menyelesaikan keempat tahap penalaran analogi encoding, inferring, mapping, dan applying—dengan baik dan mandiri. Sebaliknya, siswa FD mengalami hambatan khususnya pada tahap mapping dan applying, menunjukkan ketergantungan terhadap konteks dan bantuan eksternal. Temuan ini menunjukkan pentingnya penerapan strategi pembelajaran yang berbeda sesuai gaya kognitif siswa agar pembelajaran konsep abstrak seperti trigonometri dapat lebih efektif.

Referensi

Clement, J. J. (1998). Expert novice similarities and instruction using analogies. International Journal of Science Education, 20(10), 1271–1286. https://doi.org/10.1080/0950069980201007

English, L. D. (2004). Mathematical and Analogical Reasoning of Young Learners. Lawrence Erlbaum Associates. https://doi.org/https://doi.org/https://doi.org/10.4324/9781410610706

Ginting, S. D., & Nasution, H. A. (2024). Analisis Kesulitan Siswa Ditinjau dari Gaya Kognitif Field Independent dan Field Dependent. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 305–315. https://doi.org/10.31004/cendekia.v8i1.3063

Hobri. (2019). Metodologi Penelitian Pengembangan. Jember: Pena Salsabila.

Kemendikbud. (2016). Permendikbud No 21 Tahun 2016.

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis a Methods Sourcebook (3rd ed.). United States of America Library.

Mu’achiroh, S. (2018). Profil Penalaran Analogi Siswa Dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau Dari Gaya Belajar Learning Style Inventory David A Kolb.

National Council of Teachers of Mathematics (NCTM). (2000). Principles Standards and for School Mathematics. Sustainability (Switzerland) (Vol. 11). United States of America. Retrieved from http://scioteca.caf.com/bitstream/handle/123456789/1091/RED2017-Eng-8ene.pdf?sequence=12&isAllowed=y%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.regsciurbeco.2008.06.005%0Ahttps://www.researchgate.net/publication/305320484

NU Online. (n.d.). Surah An-Nahl Ayat 44: Arab, Latin, Terjemahan Dan Tafsir Lengkap. Retrieved from https://quran.nu.or.id/an-nahl/44

Pratama, B. E., & Abdussakir. (2024). Profil Penalaran Analogi Siswa Dalam Memecahkan Masalah Trigonometri Ditinjau Dari Adversity Quotient. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(1), 123. https://doi.org/10.20527/edumat.v12i1.18611

Rahmah, S. (2021). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Ditinjau Dari Gaya Kognitif Siswa Pada Materi Relasi Dan Fungsi, 5–24. Retrieved from https://repository.uin-suska.ac.id/57107/1/SKRIPSI LENGKAP KECUALI BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf

Safitri, R., Basir, M. A., & Maharani, H. R. (2020). Analisis Kemampuan Penalaran Analogi Siswa SMP dalam Memecahkan Masalah Fungsi. Konferensi Ilmiah Mahasiswa UNISSULA (KIMU) 4, (2), 595–605.

Shodiqoh, A. (2024). Analisis Proses Penalaran Analogi Siswa SMP Kelas VII Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Materi Aljabar Ditinjau Dari Gaya Kognitif Visualizer Dan Verbalizer Di SMP Darut Tauhid Balung Jember. Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

Sternberg, R. J., & Rifkin, B. (1979). The development of analogical reasoning processes. Journal of Experimental Child Psychology, 27(2), 195–232. https://doi.org/10.1016/0022-0965(79)90044-4

Sugiono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Ruppert, M. (2013). Ways of Analogical Reasoning – Thought Processes in an Example Based Learning Environment. Eight Congress of European Research in Mathematics Education (CERME 8), 6–10.

Wijayanti, M. D., & Nalurita, I. V. (2024). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Materi Trigonometri Ditinjau Dari Gaya Belajar. FARABI: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 7(1), 33–41. https://doi.org/10.47662/farabi.v7i1.709

Witkin, H. A. (1973). the Role of Cognitive Style in Academic Performance and in Teacher‐Student Relations12. ETS Research Bulletin Series, 1973(1). https://doi.org/10.1002/j.2333-8504.1973.tb00450.x

Unduhan

Diterbitkan

2025-12-11

Cara Mengutip

Abi, F. A., & Suwarno, S. (2025). Penalaran Analogi Siswa Kelas X dalam Menyelesaikan Soal Trigonometri Ditinjau dari Gaya Kognitif di SMA Negeri 1 Jember. FARABI: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika , 8(2), 218–226. https://doi.org/10.47662/farabi.v8i2.1269