Analisis Tingkat Kognitif Soal Buku Matematika Peminatan Kelas XI Terbitan Erlangga Berdasarkan Taksonomi Bloom Revisi
DOI:
https://doi.org/10.47662/farabi.v5i1.204Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sebaran tingkat kognitif soal pilihan ganda yang termuat dalam soal latihan dan uji kompetensi pada buku teks matematika peminatan kelas XI Kurikulum 2013 revisi terbitan Erlangga materi Persamaan Lingkaran berdasarkan Taksonomi Bloom Revisi. Taksonomi Bloom Revisi yang digunakan ialah pada dimensi proses kognitif yaitu C1 (Mengingat), C2 (Memahami), C3 (Mengaplikasikan), C4 (Menganalisis), C5 (Mengevaluasi), dan C6 (Mencipta). Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Sumber data pada penelitian ini adalah soal pilihan ganda yang termuat dalam soal latihan dan uji kompetensi materi persamaan lingkaran. Soal pilihan ganda secara keseluruhan ada 95 soal. Namun ditemukan sebanyak 3 soal error, sehingga jumlah soal yang layak dianalisis sebanyak 92 soal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa soal-soal tersebut memuat tingkat kognitif C2 (Memahami) sebanyak 1 soal (1,1%), C3 (Mengaplikasikan) sebanyak 75 soal (81,5%), dan C4 (Menganalisis) sebanyak 16 soal (17,4%). Soal-soal didominasi oleh tingkat kognitif C3 (Mengaplikasikan), namun tidak memuat tingkat kognitif C1 (Mengingat), C5 (Mengevaluasi), dan C6 (Mencipta). Sehingga, didapat bahwa sebaran tingkat kognitif soal pilihan ganda pada materi persamaan lingkaran belum bervariasi atau belum proporsional.
Kata Kunci: Matematika Peminatan, Tingkat Kognitif, Taksonomi Bloom.
Referensi
Anderson, L. W., & Krathwohl, D. R. (2010). Kerangka Landasan Untuk Pembelajaran, Pengajaran, dan Asesmen. PUSTAKA PELAJAR.
Arli, M. H., Rusdi, & Yensy, N. A. (2021). Analisis uji kompetensi materi lingkaran pada buku kemendikbud edisi revisi 2017 berdasarkan taksonomi bloom 1,2,3. 5(1), 81–89.
Dinni, H. N. (2018). HOTS ( High Order Thinking Skills ) dan Kaitannya dengan Kemampuan Literasi Matematika.
Prisma, 1, 170–176. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/19597
Gunawan, I., & Paluti, A. R. (2017). Taksonomi Bloom – Revisi Ranah Kognitif. E-Journal.Unipma, 7(1), 1–8. https://doi.org/http://doi.org/10.25273/pe.v2i02.50
Helmawati. (2019). Pembelajaran dan Penilaian Berbasis HOTS. Remaja Rosdakarya.
Juhanda, A. (2015). Analisis Soal Jenjang Kognitif Taksonomi Bloom Revisi Pada Buku Sekolah Elektronika (BSE) Biologi SMA. Jurnal Pengajaran MIPA, 21(1), 61–66. https://doi.org/https://doi.org/10.18269/jpmipa.v21i1.36258.g15620
Meutia, M. F., Yensy, N. A., & Rusdi. (2021). Analisis Soal Bab Limit Fungsi dalam Buku Matematika SMA Kemendikibud Kelas XI Berdasarkan Taksonomi Bloom. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah, 5(1), 41–49.
Mulyadi, M. (2013). Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif Serta Pemikiran Dasar Menggabungkannya. Jurnal Studi Komunikasi Dan Media, 15(1), 128. https://doi.org/10.31445/jskm.2011.150106
Rahayu, L. S., Susanta, A., & Yensy, N. A. (2020). Analisis soal pada buku sekolah elektronik (bse) pokok bahasan teorema pythagoras berdasarkan taksonomi bloom. 4(1), 1–4.
Subagia, I. W., & Wiratma, I. G. L. (2016). Profil Penilaian Hasil Belajar Siswa Berdasarkan Kurikulum 2013. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 5(1), 39. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v5i1.8293
Sugiyono. (2013). Statistik Nonparametris Untuk Penelitian. ALFABETA.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. ALFABETA.
Sulistiani, E., & Masrukan. (2016). Pentingnya Berpikir Kritis dalam Pembelajaran Matematika untuk Menghadapi Tantangan MEA. Seminar Nasional Matematika X Universitas Semarang 2016, 605–612.
Susanti, N. Y., Trapsilasiwi, D., & Kurniati, D. (2015). Analisis Tingkat Kognitif Uji Kompetensi pada Buku Sekolah Elektronik (BSE) Matematika SMP/MTs Kelas VII Kurikulum 2013 Berdasarkan Taksonomi Bloom. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 6(1), 67. https://doi.org/10.15294/kreano.v6i1.4509
Syarifah, L. L., Yenni, & Dewi, W. K. (2020). Analisis Soal-Soal Pada Buku Ajar Matematika Siswa Kelas Xi Ditinjau Dari Aspek Kognitif. Jurnal Ilmiah Matematika Dan Pendidikan Matematika, 4(02), 1259–1272. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i2.335
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 FARABI: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.