Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Materi Pecahan Kelas VII SMP Al-Washliyah 4 Medan Tahun Pembelajaran 2018-2019

Penulis

  • Jihan Hidayah Putri Prodi Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Al-Washliyah Medan
  • Khoiruddin Matondang Prodi Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Al-Washliyah Medan
  • Aslin Agina Br Ketaren Prodi Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Al-Washliyah Medan

DOI:

https://doi.org/10.47662/farabi.v4i2.218

Kata Kunci:

Kata kunci:  Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT), kemampuanpemecahan masalah matematika siswa

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa materi pecahan kelas VII SMP Al Washliyah 4 medan tahun pembelajaran 2018-2019. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 71 orang siswa kelas VII SMP Al Washliyah 4 Medan. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 36 orang siswa yang diambil dari satu kelas. Pengujian ini dilakukan dengan memberikan tes awal (pretest) dan tes akhir (posttest) pada dua kelas yang diuji. Hasil penelitian ini membuktikkan rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas eksperimen lebih tinggi dari pada rata-rata kelas kontrol, hal ini dibuktikkan dengan perolehan nilai rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas eksperimen 56,58 dan rata-rata skor posttest kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas control adalah 53,67. Berdasarkan hasil penelitian uji hipotesis diperoleh harga thitung = 2,10 pada taraf  = 0,05 dan harga ttabel= 1,66. Hasil ini menunjukkan bahwa thitung (2,10) > ttabel (1,66) dari keterangan diatas maka diperoleh kesimpulan bahwa terdapat Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Materi Pecahan Kelas VII SMP Al Washliyah 4 Medan Tahun Pembelajaran 2018-2019.

Referensi

Arikunto S. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta : PT. Rineka Cipta.

Halin, P. (2018). Pengaruh Penerapan Model pembelajaran Kooperatif Tipe

Numbered Heads Together (NHT) Terhadap Kemampuan Pemecahan

Masalah Matematis Ditinjau dari Kemampuan Awal Matematika Siswa

Sekolah Menengah Pertama (SMP). Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan

Keguruan. Pekanbaru: Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim

Riau

Hamdani.2011 Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Cv Pustaka ,Seria,

hal 90.

La Anse, Muhammad Ilham. 2018. The Implementation of Cooperative Learning (Numbered Head Together) to Boost Students’ Learning Outcome in Social Studies Subject. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science. IOP Publishing.

Mulyanti, N.R., Yani, N., & Amelia, R. (2018). Analisis Kesulitan Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP Pada Materi Teorema Phytagoras. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif 1(3): 415-426.

Purwanto, 2011, Evaluasi Hasil Belajar, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Rika Firma Yenni, 2016 Penggunaan Metode Numbered Head Together (NHT) Dalam Pembelajaran Matematika, Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Tamansiswa Palembang, JPPM Vol. 9 No.2.

Sabil Husni, 2011 Penerapan Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) Pada Materi Ruang Dimensi Tiga Menggunakan Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah (MPBM) Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika FKIP INJA, Jurnal Edumatica, ISSN 2088-2157, Volume 1 Nomor 1,

Sagala, S. 2011. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta

Sumartini, T.S. (2016). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Pendidikan Matematika STKIP Garut 5(2):148-158.

Sunita, Ni Wayan. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau dari Minat Belajar. Emasains Jurnal Edukasi Matematika dan Sains, Vol. 6, No. 2, 169-179

Unduhan

Diterbitkan

2021-12-01

Cara Mengutip

Putri, J. H., Matondang, K. ., & Ketaren, A. A. B. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Materi Pecahan Kelas VII SMP Al-Washliyah 4 Medan Tahun Pembelajaran 2018-2019. FARABI: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika , 4(2), 168–174. https://doi.org/10.47662/farabi.v4i2.218

Terbitan

Bagian

Articles