Analisis Tingkat Kognitif Soal Matematika Materi Pertidaksamaan Rasional dan Irasional Berdasarkan Taksonomi Bloom Revisi

Penulis

  • Athiyyah Nur Herlita universitas bengkulu
  • Agus Susanta Prodi Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Bengkulu, Bengkulu-Indonesia
  • Hari Sumardi Prodi Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Bengkulu, Bengkulu-Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.47662/farabi.v5i1.285

Kata Kunci:

Kata kunci: Uji Kompetensi, Pertidaksamaan Rasional dan Irasional Satu Variabel, Tingkat Kognitif, Taksonomi Bloom.

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan sebaran tingkat kognitif yang terdapat pada soal uji kompetensi pertidaksamaan rasional dan irasional satu variabel dalam buku wajib matematika terbitan Erlangga SMA kelas X materi Pertidaksamaan Rasional dan Irasional Satu Variabel berdasarkan Taksonomi Bloom Revisi. Taksonomi Bloom revisi yang digunakan ialah pada dimensi proses kognitif yang terdiri dari: mengingat (C1), memahami (C2), mengaplikasikan (C3), menganalisis (C4), mengevaluasi (C5), dan mencipta (C6). Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Metode Pengumpulan data pada penelitian ini adalah metode dokumentasi. Sumber data penelitian pada penelitian ini adalah soal uji kompetensi materi pertidaksamaan rasional dan irasional satu variabel pada buku wajib matematika Kelas X. Soal-soal uji kompetensi yang dianalisis berjumlah 54 soal dengan  tingkat kognitif mengaplikasikan (C3) sebanyak 53 soal (96,67%), menganalisis (C4) sebanyak 1 soal (3,33%), serta tidak memuat tingkat kognitif mengingat (C1), memahami (C2), mengevaluasi (C5), dan mencipta (C6). Soal uji kompetensi pada materi pertidaksamaan rasional dan irasional satu variabel ini mendominasi kedalam tingkat kognitif mengaplikasikan (C3). Sehingga, didapat bahwa sebaran tingkat kognitif soal uji kompetensi materi pertidaksamaan rasional dan irasional satu variabel belum proposional.

Kata kunci: Uji Kompetensi, Pertidaksamaan Rasional dan Irasional Satu Variabel, Tingkat Kognitif, Taksonomi Bloom.

Referensi

Anderson & Krathwohl. (2010). Pembelajaran, Pengajaran, dan Asesmen. (terj. Agung Prihantoro) (cetakan 1). Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Giani, G., Zulkardi, Z., & Hiltrimartin, C. (2015). Analisis Tingkat Kognitif Soal-Soal Buku Teks Matematika Kelas VII Berdasarkan Taksonomi Bloom. Pendidikan Matematika, 9(2), 37–39.

Irani Tuti, Agphin Ramadhan. (2019). Perencanaan Pembelajaran Untuk Kejuruan. Jakarta: KENCANA.

Maemunah, S., & Ramlah. (2019). Analisis Buku Teks Siswa SMP Kelas VIII Pokok Bahasan Teorema Pythagoras

Ditinjau Dari Taksonomi Bloom. ProsidingSesiomadika,2(4),903–922. http://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika

Raufany dan Solfitri. (2019). Pekanbaru Dalam Menyelesaikan Soal, 2(November), 2–5.

Sugiyono. (2019). Statistik Untuk Penelitian (30th ed.). Bandung: Alfabeta.

Unduhan

Diterbitkan

2022-05-28

Cara Mengutip

Herlita, A. N. ., Susanta, A. ., & Sumardi, H. . (2022). Analisis Tingkat Kognitif Soal Matematika Materi Pertidaksamaan Rasional dan Irasional Berdasarkan Taksonomi Bloom Revisi. FARABI: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika , 5(1), 59–65. https://doi.org/10.47662/farabi.v5i1.285

Terbitan

Bagian

Articles