Analisis Tingkat Kognitif Soal pada Buku Mandiri Matematika Terbitan Erlangga Berdasarkan Taksonomi Bloom Revisi
DOI:
https://doi.org/10.47662/farabi.v5i1.306Kata Kunci:
Soal, Buku Teks Mandiri Matematika, Tingkat Kognitif, Taksonomi BloomAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sebaran tingkat kognitif soal latihan Kesebangunan dan Kekongruenan pada buku mandiri matematika SMP/MTS kelas IX kurikulum 2013 Terbitan Erlangga berdasarkan taksonomi bloom revisi. Taksonomi Bloom revisi yang digunakan ialah pada dimensi proses kognitif yang terdiri dari: mengingat (C1), memahami (C2), mengaplikasikan (C3), menganalisis (C4), mengevaluasi (C5), dan mencipta (C6). Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data penelitian pada penelitian ini adalah soal latihan materi Kesebangunan dan Kekongruenan pada buku mandiri matematika SMP/MTS kelas IX kurikulum 2013 Terbitan Erlangga. Soal-soal latihan yang dianalisis berjumlah 75 pertanyaan. Pada soal latihan Pilihan Ganda dan Essai pada materi Kesebangunan dan Kekongruenan ini telah memuat tingkat kognitif memahami (C2) sebanyak 13 pertanyaan (17,33%), mengaplikasikan (C3) sebanyak 62 pertanyaan (82,67%), dengan tingkat kognitif yang mendominasi ialah tingkat kognitif mengaplikasikan (C3), namun tidak memuat tingkat kognitif mengingat (C1), menganalisis (C4), mengevaluasi (C5) dan mencipta (C6). Sehingga, didapat bahwa sebaran tingkat kognitif soal latihan materi Kesebangunan dan Kekongruenan tersebut belum bervariasi atau belum proporsional.
Referensi
Anderson Lorin W. dan Krathwohl David R. (2010). Pembelajaran, Pengajaran, dan Asesmen (Anderson Lorin W. dan Krathwohl David R. (ed.); cetakan 1). Pustaka Belajar.
Effendi, R. (2017). Konsep Revisi Taksonom Bloom Dan Implementasinya Pada Pelajaran Matematika SMP. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 2, 72–78.
Helmawati. (2019). Pembelajaran dan Penilaian Berbasis HOTS. Bandung:PT Remaja Rosdakarya
Islah, Zamsir, Mukhsar, & Rahman, A. (2019). Klasifikasi Soal Matematika Berdasarkan Taksonomi Anderson Di SMP Kota Kendari. Jurnal Pembelajaran Berpikir Matematika, 4(2), 179–190.
Permendikbud. (2018). Perubahan Atas Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 58 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah. Sereal Untuk, 51.
Permendiknas. (2008). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 2 tahun 2008 pasal 6 ayat 2 dan 3. 2008. https://bsnp-indonesia.org/id/wp-content/uploads/2009/04/Permen-No.-2-tahun-2008-Buku-08.pdf
Prastowo, A. (2015). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif (D. Wijaya (ed.)). DIVA Press.
Rahayu, L. S., Susanta, A., & Yensy, N. A, (2021) Analisis Soal Pada Buku Sekolah Elektronik (BSE) Pokok Bahasan Teorema Phytagoras Berdasarkan Taksonomi Bloom. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS). 5(1). ISSN 2581-253X. DOI:https://doi.org/10.33369/jp2ms.5.1.50-57
Rufiana, I. S. (2015). Level Kognitif Soal Pada Buku Teks Matematika Kurikulum 2013 Kelas VII Untuk Pendidikan Menengah. Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(2), 13–22.
Sartika, P.D., Maizora, S., Siagan, T.A., & Susato, E. (2021) Analisis Tingkat Kognitif Soal Pada Pada Materi Statistika Buku Matematika SMP Kelas VIII Kurikulum 2013. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS). 5(1). ISSN 2581-253X. DOI: https://doi.org/10.33369/jp2ms.5.1.121-130
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Sudjana, N. (2017). Penelelitian Hasil Proses Belajar Mengajar . Bandung : Remaja Rosdakarya.
Syarifah, L. L., Yenni, Y., & Dewi, W. K. (2020). Analisis Soal-Soal Pada Buku Ajar Matematika Siswa Kelas XI Ditinjau Dari Aspek Kognitif. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 1259–1272. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i2.335
.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 FARABI: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.