Perbedaan Motivasi Belajar Matematika Siswa pada Pembelajaran Berbasis Masalah dan Pembelajaran Langsung
DOI:
https://doi.org/10.47662/farabi.v5i1.380Kata Kunci:
Pembelajaran Berbasis Masalah, Motivasi Belajar SiswaAbstrak
Tujuan penelitian adalah mengetahui apakah ada perbedaan motivasi belajar siswa yang menggunakan pembelajaran berbasis masalah dengan pembelajaran langsung.
Penelitian ini merupakan penelitian quasi experimental dengan populasi seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Bukit Bener Meriah Tahun Pembelajaran 2021-2022. Sampel diambil melalui teknik simple random sampling, diperoleh kelas VIIIA sebagai kelompok eksperimen dengan model pembelajaran berbasis masalah dan kelas VIIIB sebagai kelompok kontrol yang di ajar dengan model pembelajaran langsung. Instrumen yang digunakan terdiri dari: angket motivasi belajar siswa. Data dianalisis dengan uji T. Dalam penelitian ini, data diperoleh dari sampel yang berdistribusi normal dan homogen. Berdasarkan hasil analisis, dapat disimpulkan bahwa adanya perbedaan motivasi belajar siswa melalui pembelajaran berbasis masalah (PBM) dan pembelajaran langsung yang dapat dilihat dari rata-rata Pembelajaran berbasis masalah yaitu 89,44 lebih besar dari Pembelajaran langsung yaitu 80,61. Hal ini terlihat juga pada hasil uji T dimana Thitung> Ttabel yaitu 3,965 > 2,002.
Referensi
Abdurrahman, M. 2003. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta
Arends, R. (2008). Learning to Teach Belajar untuk Mengajar Edisi Ketujuh/Buku Dua.Terjemahan oleh Helly Prajitno Soetjipto dan Sri Mulyantini Soetjipto. 2008. Yokyakarta: Pustaka Belajar.
Dimyati dan Mudjiono. (2013). Belajar dan pembalajaran. Jakarta : Direktoral Jenderal Perguruan Tinggi Dekdikbud
Hamzah, B. U. 2009. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara
Nasution, S. 2011. Sosiologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Salmin, dkk.2017. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Dan Motivasi Belajar Siswa SMP.Jurnal Pembelajaran Berpikir Matematika, Vol. 2, No. 1, Februari 2017: 35-46.
Santrock, W. (2008). Psikologi Pendidikan Edisi Kedua.Terjemahan oleh Tri Wibowo. Jakarta: Kencana
Sardiman, A. M. (2007). Interaksi dan motivasi belajar mengajar. Jakarta: PT Raja Grasindo Persada.
Trianto. 2009. Mendesain model pembelajaran inovatif-progresif. Jakarta: Kencana Prenada MediaGoup.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 FARABI: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.