Analisis Hasil Belajar Siswa Menggunakan Pendekatan Brain Based Teaching pada SMK N.1 Angkola Sangkunur
DOI:
https://doi.org/10.47662/farabi.v5i1.383Kata Kunci:
Hasil Belajar, Brain Based TeachingAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: peningkatan hasil belajar yang diperoleh siswa dengan menggunakan pendekatan Brain Based Teaching. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMK N.1 Angkola Sangkunur. Dan sampel penelitian ini adalah kelas X-1 dan X-2 Pertanian. Analisis data dilakukan dengan penelitian Tindakan kelas (Classroom Action Research). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar siswa khususnya dalam materi pokok bentuk aljabar dan operasi aljabar. Hal ini terlihat dari hasil yang diperoleh dengan tindakan yang ke II dengan hasil belajar siswa sebesar 10,5 % dengan tingkat ketuntasan siswa 83 %.
Referensi
Ahmadi, Adi, dkk, (2004), Psikologi Belajar, Rineka Cipta, Jakarta
Arikunto, Suharsimi, (2003), Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan, Penerbit Bumi Aksara, Jakarta
BSPN, (2007), Model Silabus Dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mata Pelajaran Matematika, Depdiknas, Jakarta
Fathurrohman P., dan Sutikno, S., (2007), Strategi Belajar Mengajar, Penebit Refika Aditama, Bandung
Given, Barbara, (2007), Brain Based Teaching, Penerbit Mizan Pustaka, Bandung
Hamalik, Oemar, (2002), Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem, Penerbit Bumi Aksara, Bandung
Purwanto, Ngalim, (2007), Psikologi Pendidikan, Penerbit Rosdakarya, Bandung
Sudjana, Nana, (2005), Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, Penerbit Rosdakarya, Bandung
Usman, Uzer, Moh., (2000), Menjadi Guru Profesional, Penerbit Rosdakarya, Bandung
Wiraatmadja, R., (2007), Metode Penelitian Tindakan Kelas, Penerbit Rosdakarya, Bandung
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 FARABI: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.