Analisis Hasil Belajar Siswa Menggunakan Pendekatan Brain Based Teaching pada SMK N.1 Angkola Sangkunur

Penulis

  • Minarti Juliana Prodi Pendidikan Matematika, STKIP PADANG LAWAS, Sibuhuan - Indonesia 22742

DOI:

https://doi.org/10.47662/farabi.v5i1.383

Kata Kunci:

Hasil Belajar, Brain Based Teaching

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: peningkatan hasil belajar yang diperoleh siswa dengan menggunakan pendekatan Brain Based Teaching. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMK N.1 Angkola Sangkunur. Dan sampel penelitian ini adalah kelas X-1 dan X-2 Pertanian. Analisis data dilakukan dengan penelitian Tindakan kelas (Classroom Action Research). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar siswa khususnya dalam materi pokok bentuk aljabar dan operasi aljabar. Hal ini terlihat dari hasil yang diperoleh dengan tindakan yang ke II dengan hasil belajar siswa sebesar 10,5 % dengan tingkat ketuntasan siswa 83 %.

Referensi

Ahmadi, Adi, dkk, (2004), Psikologi Belajar, Rineka Cipta, Jakarta

Arikunto, Suharsimi, (2003), Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan, Penerbit Bumi Aksara, Jakarta

BSPN, (2007), Model Silabus Dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mata Pelajaran Matematika, Depdiknas, Jakarta

Fathurrohman P., dan Sutikno, S., (2007), Strategi Belajar Mengajar, Penebit Refika Aditama, Bandung

Given, Barbara, (2007), Brain Based Teaching, Penerbit Mizan Pustaka, Bandung

Hamalik, Oemar, (2002), Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem, Penerbit Bumi Aksara, Bandung

Purwanto, Ngalim, (2007), Psikologi Pendidikan, Penerbit Rosdakarya, Bandung

Sudjana, Nana, (2005), Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, Penerbit Rosdakarya, Bandung

Usman, Uzer, Moh., (2000), Menjadi Guru Profesional, Penerbit Rosdakarya, Bandung

Wiraatmadja, R., (2007), Metode Penelitian Tindakan Kelas, Penerbit Rosdakarya, Bandung

Unduhan

Diterbitkan

2022-06-29

Cara Mengutip

Juliana, M. . (2022). Analisis Hasil Belajar Siswa Menggunakan Pendekatan Brain Based Teaching pada SMK N.1 Angkola Sangkunur. FARABI: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika , 5(1), 88–94. https://doi.org/10.47662/farabi.v5i1.383

Terbitan

Bagian

Articles