Pencarian Rute Terbaik Pendistribusian BBM dari Terminal BBM ke SPBU Wilayah Kota Medan Menggunakan Algoritma Dijkstra dengan Logika Fuzzy sebagai Penentu Bobot pada Graf

Penulis

  • Muhammad Arif Universitas Sumatera Utara
  • James Piter Marbun Universitas Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.47662/farabi.v6i1.428

Kata Kunci:

Masalah Optimasi, Algoritma Dijkstra, Logika Fuzzy

Abstrak

Penelitian ini mengkaji sebuah permasalahan optimasi untuk masalah pencarian rute. Algoritma Dijkstra adalah salah satu varian bentuk algoritma popular dalam pemecahan persoalan terkait masalah optimasi pencarian lintasan terpendek sebuah lintasan yang mempunyai panjang minimum dari verteks a ke z dalam graf berbobot positif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh rute terbaik jalur pendistribusian BBM dari terminal BBM menuju ke beberapa SPBU di Kota Medan. Data diambil berdasarkan data primer berupa data Terminal BBM, SPBU, peta jalan Kota Medan dari Google Maps dan survei kepadatan setiap jalan dapat disusun gambar jaringan jalan dan membentuk sebuah graf. Selanjutnya dari gambar graf dapat diperoleh rute terbaik menggunakan algoritma Dijkstra. Terdapat 2 parameter yaitu panjang jalan dan kepadatan jalan untuk menghasilkan bobot berupa kemacetan yang dihasilkan menggunakan logika Fuzzy. Berdasarkan hasil analisis, diperoleh 7 rute terbaik untuk masing-masing SPBU yang direkomendasikan.

Referensi

Abdillah, H. N., Rakhmatsyah, A., & Putrada, A. G. (2019). Implementasi Fuzzy dan Dijkstra pada Sistem Pengangkutan Sampah. JEPIN (Jurnal Edukasi dan Penelitian Informatika), 5(3), 286-293.

Budiarsyah, D. K. (2010). Algoritma Dijkstra, Bellman-Ford, dan Floyd-Warshall untuk Mencari Rute Terpendek dari Suatu Graf. Makalah Strukdis.

Chandra, Stepanus Andryan., Mulyono, M., & Suyitno, A. (2017). Implementasi Algoritma Dikstra Dalam Pencarian Rute Terpendek Tempat Wisata Di Kabupaten Gunungkidul Dengan Program Visual Basic. Unnes Journal of Mathematics, 6(2), 108-116.

Ichsan, M. H. H., Yudaningtyas, E., & Muslim, M. A. (2012). Solusi Optimal Pencarian Jalur Tercepat dengan Algoritma Hybrid Fuzzy-Dijkstra. Jurnal EECCIS, 6(2), 155-160.

Kusumadewi, Sri., & Hartati, Sri. (2018). Neuro Fuzzy: Integrasi Sistem Fuzzy & Jaringan Syaraf. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Munir, Rinaldi. (2005). Matematika Diskrit. Bandung: Informatika Bandung.

Nggufron, N., Rochmad, R., & Mashuri, M. (2019). Pencarian rute terbaik pemadam kebakaran kota semarang menggunakan algoritma dijkstra dengan logika fuzzy sebagai penentu bobot pada graf. Unnes Journal of mathematics, 8(1), 40-49.

Robin, J. W. (2010). Pengantar Teori Graf (Edisi ke-5). Jakarta: Erlangga.

Santoso, A. T.(2016). Rancang Bangun Aplikasi Pendistribusian Bahan Bakar Minyak Pada Spbu Pertamina Wilayah Jember Menggunakan Algoritma Dijkstra Berbasis Web.

Siang, Jong Jek. (2002). Matematika Diskrit dan Aplikasinya. Yogyakarta: Andi.

Unduhan

Diterbitkan

2023-05-04

Cara Mengutip

Arif, M., & Marbun, J. P. . (2023). Pencarian Rute Terbaik Pendistribusian BBM dari Terminal BBM ke SPBU Wilayah Kota Medan Menggunakan Algoritma Dijkstra dengan Logika Fuzzy sebagai Penentu Bobot pada Graf . FARABI: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika , 6(1), 10–19. https://doi.org/10.47662/farabi.v6i1.428

Terbitan

Bagian

Articles