Penerapan Metode Analytical Hierarchy Process dalam Pemilihan Minyak Goreng Unggul Pada Kelurahan Pasar Sibuhuan
DOI:
https://doi.org/10.47662/farabi.v6i1.430Kata Kunci:
Analytical Hierarchy Process, Eigen Value, Eigen Vector, Uji KonsistensiAbstrak
Banyaknya merek minyak goreng di Kelurahan Pasar Sibuhuan, Kabupaten Padang Lawas, menyebabkan masyarakat kesulitan untuk menentukan minyak goreng unggul yang akan digunakan dalam memasak. Maka untuk mendapatkan minyak goreng unggul, dilakukan pengambian keputusan dalam pemilihan minyak goreng unggul menggunakan metode Analytical Hierarchy Process (AHP). Hasil yang diperoleh dari penelitian dengan menggunakan metode AHP adalah keriteria paling penting secara berurutan dalam pemilihan minyak goreng unggul yaitu kualitas minyak goreng dengan nilai bobot 0,258, harga minyak goreng dengan nilai bobot 0,256, kemudahan memperoleh minyak goreng dengan nilai bobot 0,254, dan promosi penjualan dengan nilai bobot 0,229. Minyak goreng unggul di Kelurahan Pasar Sibuhuan yang menjadi prioritas pertama yaitu minyak goreng Bimoli dengan nilai bobot 0,232, yang kedua minyak goreng Tropical dengan nilai bobot 0,204, yang ketiga minyak goreng Sania dengan nilai bobot 0,203, yang ke empat minyak goreng Sunco dengan nilai bobot 0,189, dan yang kelima minyak goreng Filma dengan nilai bobot 0,170.
Referensi
Azhar, A. H., & Destari, A. R. (2021). Analisis Konsumen Memilih Minyak Makan Kemasan Menggunakan Analytical Hierarchy Process (AHP). InfoSys , 63-71.
Bukhari, M., & Tutik, E. (2017). Fakor-faktor yang Dipertimbangkan Dalam Keputusan Pembelian Minyak Goreng Bimoli Pada Ibu Rumah Tangga Desa Kabonagung Kecamatan Purworejo Kota Pasuruan . STIE Malang, 11-20.
Dewi, M. (2021). Penerapan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP) dalam Pemilihan Bibit Padi Unggul. Medan: Repository USU.
Dubois , B., & Kotler , P. (1986). Marketing Management: Publinion.
Himawan, D. (2019). Analisis Perbandingan Menggunakan Metode AHP, TOPSIS, dan SAW Dalam Studi Kasus Pengambilan Keputusan Peminjaman yang Layak Bagi Perbankan. Medan: Universitas Sumatera Utara.
Kusumadewi, S. (2005). Fuzzy Multi-Attribute Decision Making (Fuzzy MADM). Yogyakarta: Graha Ilmu.
Rosalina, J. (2022). Penentuan prioritas supplier dengan step-wise weight assesment ratio analysis dan additive ratio assesment ( studi kasus di pt adi satria yogyakarta). Yogyakarta: UPN Vetran.
Saaty, T. (2008). Decition Making with Analytic herarch Process. International Journal Service Sciences, Vol 1, No. 1. Hal 83 – 98.
Supriadi, A. (2018). Analytical Hierarchy Process (AHP). Yogyakarta: Deepublish.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 FARABI: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.