Analisis Statistik Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Rendahnya Minat Masyarakat dalam Menggunakan Layanan PT Pos Indonesia (PERSERO)
DOI:
https://doi.org/10.47662/farabi.v6i1.433Kata Kunci:
Analisis Faktor, Bauran Pemasaran Jasa, PT Pos IndonesiaAbstrak
Analisis faktor adalah salah satu metode multivariat yang digunakan untuk menemukan faktor-faktor yang menjelaskan hubungan atau korelasi antara berbagai indikator independen dengan menganalisis variabel-variabel yang diduga memiliki keterkaitan satu sama lain. Pada penelitian ini, analisis faktor digunakan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi rendahnya minat masyarakat Kota Gunungsitoli dalam menggunakan layanan PT Pos Indonesia (Persero) berdasarkan konsep Service Marketing Mix (Bauran Pemasaran Jasa) 7P. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh 6 faktor yang mempengaruhi rendahnya minat masyarakat dalam menggunakan layanan PT Pos Indonesia (Persero) yaitu Faktor Promosi (19,935%), Faktor Harga (13,544%), Faktor Produk (11,493%), Faktor Kurlog (8,214%), Faktor Lokasi (7,102%) dan Faktor Proses (6,410%). Keenam faktor tersebut memberikan proporsi keragaman kumulatif sebesar 66,968% artinya keenam faktor tersebut dapat mempengaruhi minat masyarakat Kota Guunungsitoli sebesar 66,968% dan sisanya dapat dipengaruhi faktor-faktor lainnya yang tidak teridentifikasi dalam model ini.
Referensi
Bilson, S. (2015). Analisis Mulviariat Pemasaran. PT Gramedia Pustaka Utama.16(1),52-55.
Devita, S. N. (2020). Analisis Komponen Utama Untuk Menentukan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pemilihan Transportasi Online. In Analisis Komponen Utama Untuk Menentukan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pemilihan Transportasi Online (Vol. 68, Issue 1).
Erna, R., & Insiati, I. (2018). ANALISIS IMPLEMENTASI BAURAN PEMASARAN 7P PADA BANK MUAMALAT KANTOR CABANG BATU – MALANG Erna. 2, 1–8.
Gunawan, A., & Sunardi, H. (2016). Pengaruh Kompensasi Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada Pt Gesit Nusa Tangguh. Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis Ukrida, 16(1), 98066.
Marbun, I., Ma’arif, S., & Atika, D. B. (2020). Transformasi Manajemen Badan Usaha Milik Negara di Era Persaingan Global (Studi Pada PT. Pos Indonesia, Kota Metro Tahun 2019). Administrativa: Jurnal Birokrasi, Kebijakan Dan Pelayanan Publik, 2(3), 341–354.
PT Pos Indonesia (2018). LAPORAN TAHUNAN 2018 PT Pos Indonesia (Persero) Transformasi dan Revolusi Industri. 431.
PT Pos Indonesia. (2020). TRANSFORMASI DIGITAL YANG BERKELANJUTAN (Laporan Tahunan 2020). 1–257.
Rico, S., Jimi, B., & Guna, S. (2018). Penilaian Kinerja Dosen Menggunakan Modifikasi Skala Likert Dengan Metode Simple Additive Weighting.
Slamet Achmad, S. Y. (2017). Statistika Inferensial Yogyakarta. PT Andi.
Sugiyono. (2015). Statistik Nonparametris Untuk Penelitian. Alfabeta.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 FARABI: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.