Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik
DOI:
https://doi.org/10.47662/farabi.v2i2.44Kata Kunci:
Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL), Kemampuan Pemecahan Masalah MatematikAbstrak
Penelitian ini dilakukan atas dasar rendah kemampuan pemecahan masalah matematik siswa di SMP Alwashliyah 24 Medan. Tujuan penelitian ini adalah utuk melihat pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematik siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian eksperimen dengan desain kelompok kontrol pretes-postes. Sampel penelitian adalah SMP Alwashliyah 24 Medan, dimana untuk kelas VIII-1 dibuat sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-2 sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian dengan taraf signifikan α = 0,05. Menurut hasil analisis data menunjukkan bahwa hasil penelitian yang diperoleh untuk rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik kelas eksperimen diperoleh untuk pretest 64,67 dan postest 72,53 dan standar deviasi untuk pretest adalah 11,43 dan postest 19,28, sedangkan untuk kelas kontrol diperoleh rata-rata untuk pretest 61 dan postest 66, standar deviasi untuk pretes adalah 11,03 dan untuk postesnya 13,28. Dengan dk = 25 + 25 - 2 = 48 dan taraf nyata 5% maka diperoleh ttabel = 1,67722. Karena thitung = 3,580 > ttabel = 1,67722 untuk kelas Eksperimen dan thitung = 2,04 > ttabel = 1,67722 . Sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Ini berarti bahwa rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik kelas eksperimen yang memakai pembelajaran CTL lebih baik dari kelas kontrol.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2019 FARABI: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.