Identifikasi Tingkat Berpikir Geometri Siswa SMP Berdasarkan Teori Van Hiele
DOI:
https://doi.org/10.47662/farabi.v5i2.460Kata Kunci:
berpikir geometri, teori van hieleAbstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kesulitan yang dialami siswa dalam mempelajari geometri. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis karakteristik tingkat berpikir geometri siswa berdasarkan Teori Van Hiele. Penelitian ini termasuk dalam penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini sebanyak 38 siswa kelas VIII SMP. Dalam penelitian ini, digunakan beberapa instrument penelitian, yaitu soal tes berpikir geometri Van Hiele dan pedoman wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebanyak 21 siswa mencapai level 1 (level visualisasi), 13 siswa mencapai level 2 (level analisis), 4 siswa mencapai level 3 (level deduksi informal), dan tidak ada siswa yang mampu mencapai level 4 (level deduksi) dan level 5 (level rigor). Keterampilan geometri yang dimiliki siswa pada setiap tingkat berpikir Van Hiele memiliki karakteristik berbeda-beda. Kelima tingkat berpikir Van hiele tersebut menggambarkan proses pemikiran yang diterapkan dalam konteks geometri, yang menjelaskan cara mereka berpikir serta ide-ide geometri yang mereka pikirkan.
Referensi
Alex, J. K., & Mammen, K. J. (2016). Geometrical sense making: findings of analysis based on the characteristics of the Van Hiele theory among a sample of South African grade 10 learners. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 12(2), 173-188.
Amidu, B., & Nyarko, J. (2019). Van Hiele geometric thinking levels of Junior High School students of Atebubu Municipality in Ghana. African Journal of Educational Studies in Mathematics and Sciences, 15(1), 39-50.
Andini, S., et al. (2018). Developing flipbook multimedia: The achievement of informal deductive thinking level. Journal Mathematics Education, 9(2), 227–238.
Astuti, et al. (2018). Analysis on geometry skills of Junior High School Students on the concept congruence based on Van Hiele’s geometric thingking level. Journal of Physics: Conf. Series, 1132(1), 012036.
Crowley, M. L. (1987). The Van Hiele model of the development of geometric thought. Dalam Linquist, M. M., & Shulte, A.P. (eds.), Learning and Teaching Geometry, K-12 (1-16). Virginia: The NCTM, Inc.
Erdogan, F. (2020). Prospective Middle School mathematics teachers’ problem posing abilities in context of Van Hiele levels of geometric thinking. International Online Journal of Educational Sciences, 12(2), 132-152.
Fitriani, N., Suryadi, D., & Darhim, D. (2018). Analysis of mathematical abstraction on concept of a three dimensional figure with curved surfaces of junior high school students. Journal of Physics: Conference Series, 1132(1), 12037.
Hiele, P. M. V. (1999). Developing geometric thinking trought activities that begin with play teaching children mathematics. Reston VA: NCTM.
Muhassanah, N. & Mulyatna, F. (2020). Analisis Tingkat Berpikir Geometris Menurut Van Hiele pada Mata Kuliah Geometri Analitik Ditinjau dari Gaya Kognitif. Jurnal Kajian Pendidikan Matematika, 5(2), 233-244.
Muhassanah, N., Sujadi, I., & Riyadi. (2014). Analisis keterampilan geometri siswa dalam memecahkan masalah geometri berdasarkan tingaat berpikir Van Hiele. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 2(1), 54-66.
Mulyadi, I., & Muhtadi, D. (2019). Proses berpikir siswa dalam menyelesaikan masalah geometri berdasarkan Teori Van Hiele ditinjau dari gender. Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pengajaran Matematika, 4(1), 1-8.
Naufal et al. (2020). Van Hiele level of geometric thinking among Secondary School students. International Journal of Recent Technology and Engineering, 8(6). 477-481.
NCTM. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. United States of America: The National Council of Teachers of Mathematics, Inc.
Nopriana, T. (2017). Berpikir geometri melalui model pembelajaran geometri Van Hiele. Jurnal Online Universitas Pekalongan, 2 (1), 41-50.
Pakaya, W. C., et al. (2019). Keterampilan geometri siswa kelas IV Sekolah Dasar berdasarkan teori Van Hiele level analisis. Jurnal Pendidikan, 4(3), 310-316.
Sudihartinih, E., & Wahyudin. (2019). The Van Hiele levels of geometric of students in first semester reviewed from gender. Journal of Physics: Conference Series. 1280(4), 042034.
Ural, A. (2016). Investigating 11th grade students’ Van-Hiele level 2 geometrical thinking. Journal of Humanities and Social Science, 21(12), 13-19.
Usiskin, Z. (1982). Van Hiele levels and achievement in secondary and middle school geometry: final report of the Cognitive Development and Achievement in Secondary School Geometry (CDASSG) project. US: Departemen of Education The Unversity of Chicago.
Wijaya, Y. Y., et al. (2019). Senior high school student’s visual-spatial intelligence according to van hiele geometric thinking theory. IOP Conf. Series: Earth and Environmental Science, 243(1), 012055.
Yanuarto, W. N. (2018). Deskripsi Kemampuan Representasi Matematis dalam Pembelajaran Geometri. Indonesian Journal of Mathematics Education, 1(1), 1-7.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 FARABI: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.