Pengaruh Model Pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis

Penulis

  • Salihin Salihin Program Studi Pendidikan Matematika FKIP UNIVA Medan

Kata Kunci:

STAD, Kemampuan Pemecahan Masalah

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa yang diajar menggunakan model Student Teams Achievement Division (STAD) pada materi pecahan siswa kelas VII SMP Al Washliyah 8 Medan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah siswa VII SMP Al Washliyah 8 Medan. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah dengan sample random sampling. Siswa kelas VII-1 sebagai kelas eksperimen yang diberi perlakuan Student Teams Achievement Division (STAD) dan siswa kelas VII 2 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan terdiri dari: tes kemampuan pemecahan masalah matematis. Analisis data dilakukan dengan uji t. Hasil utama dari penelitian ini adalah: terdapat Pengaruh Model Pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VII SMP Al Washliyah 8 Medan. Berdasarkan hasil penelitian ini, maka peneliti menyarankan agar pembelajaran dengan model Student Teams Achievement Division (STAD) pada pembelajaran matematika dapat dijadikan alternatif bagi guru matematika untuk meningkatkan kemampuan berfikir kritis matematik sebagai salah satu alternatif untuk menerapkan pembelajaran matematika yang inovatif.

Unduhan

Diterbitkan

2019-12-20

Cara Mengutip

Salihin, S. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. FARABI: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika , 2(2), 64–73. Diambil dari https://siakad.univamedan.ac.id/ojs/index.php/JMPM/article/view/49

Terbitan

Bagian

Articles