Pengaruh Model Pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis
Kata Kunci:
STAD, Kemampuan Pemecahan MasalahAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa yang diajar menggunakan model Student Teams Achievement Division (STAD) pada materi pecahan siswa kelas VII SMP Al Washliyah 8 Medan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah siswa VII SMP Al Washliyah 8 Medan. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah dengan sample random sampling. Siswa kelas VII-1 sebagai kelas eksperimen yang diberi perlakuan Student Teams Achievement Division (STAD) dan siswa kelas VII 2 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan terdiri dari: tes kemampuan pemecahan masalah matematis. Analisis data dilakukan dengan uji t. Hasil utama dari penelitian ini adalah: terdapat Pengaruh Model Pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VII SMP Al Washliyah 8 Medan. Berdasarkan hasil penelitian ini, maka peneliti menyarankan agar pembelajaran dengan model Student Teams Achievement Division (STAD) pada pembelajaran matematika dapat dijadikan alternatif bagi guru matematika untuk meningkatkan kemampuan berfikir kritis matematik sebagai salah satu alternatif untuk menerapkan pembelajaran matematika yang inovatif.